Sering Melewatkan Sarapan? Ini 5 Dampak Buruk yang Akan Mengancam Kesehatan Tubuh

Dita Tamara| Rabu, 01 Juli 2020 09:22 WIB
Dita Tamara | Rabu, 01 Juli 2020 09:22

Kapanlagi.com - Siapa nih yang mempunyai kebiasaan melewatkan sarapan? Bahkan banyak dari mereka yang menganggap sarapan bukanlah suatu hal yang penting. Selain itu, beberapa orang melewatkan sarapan karena tidak sempat dan tidak terbiasa jika harus makan saat pagi hari. Mungkin bagi kalian yang belum merasakan dampak buruk dari meninggalkan sarapan akan merasa biasa saja. Namun, tahukah kalian jika sarapan dapat berakibat buruk pagi kesehatan tubuh.

Membiasakan diri untuk sarapan tentunya akan mendapatkan banyak manfaat termasuk mendapatkan energi sebelum memulai aktivitas. Dengan demikian, makan pagi merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Lalu apa dampak buruk yang terjadi pada tubuh seseorang akibat melewatkan sarapan? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1 Dari 5 Halaman

1. Penyakit Jantung Mengintai

Penyakit Jantung Mengintai (credit: freepik)
Bagi kalian yang suka merapel makan pagi sekaligus makan siang, maka hal tersebut juga harus dihindari. Pasalnya, jika kalian terus menerus melewatkan sarapan, penyakit kronis yakni jantung akan mengintaimu.

Hal tersebut didukung oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan berpotensi besar mengalami gangguan jantung. Selain itu, pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ.

2 dari 5 halaman

2. Otak Bekerja Lambat

Otak Bekerja Lambat (credit: freepik)
Sarapan sangat penting dilakukan, karena apabila tidak melakukannya, maka akan berpengaruh terhadap fungsi otak sehingga otak bekerja lambat. Kebanyakan orang akan memulai produktivitas bekerja di pagi hari. Namun, jika kalian tidak membiasakan diri mengisi perut, otak kalian akan susah untuk fokus.

Sarapan dapat memenuhi kebutuhan gizi di pagi hari dan akan mendukung fungsi otak bekerja secara maksimal. Jadi, jika kalian melewatkan sarapan, berarti asupan bagi otak kalian akan terlambat dan bahkan mengganggu sistem kinerja seluruh tubuh.

3 dari 5 halaman

3. Berisiko Terkena Diabetes

Berisiko Terkena Diabetes (credit: freepik)
Diabetes salah satu jenis penyakit yang menjadi momok menakutkan. Hal ini bisa terjadi jika kalian melalaikan untuk sarapan. Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi? Karena jika kalian tidak sarapan atau tidak pernah sarapan, maka kadar glukosa kalian menjadi terganggu dan berisiko dengan penyakit ini.

Selain itu, ada baiknya jika kalian sarapan memilih makanan yang mengandung rendah gula dan tinggi nutrisi seperti serat dan protein. Dengan demikian, sarapan memang begitu penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh lho.

4 dari 5 halaman

4. Mood Berantakan

Mood Berantakan (credit: freepik)
Meski terdengar sepele, namun mood berantakan dapat mengganggu aktivitas kalian. Hal ini gara-gara kalian tidak sarapan pagi, sehingga mood kalian sulit untuk diatur.

Fakta lainnya yaitu bahwa perut kosong akan sangat berpengaruh terhadap emosi seseorang, sehingga mengakibatkan kalian ingin selalu marah-marah. Dengan demikian, untuk membentuk suasana hati yang bagus, mulai biasakan diri untuk sarapan supaya mood kalian tidak berantakan dan tidak mengganggu produktivitas kalian.

5 dari 5 halaman

5. Migrain atau Sakit Kepala

Migrain atau Sakit Kepala (credit: freepik)
Migrain atau sakit kepala sebelah dapat menyerang siapa pun. Migrain sering datang tiba-tiba dan mengganggu aktivitas kalian. Penyebab migrain pun bisa terjadi apabila kalian melewatkan makanan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Sebab jika tidak sarapan, maka kadar gula darah bisa menjadi sangat rendah dan menjadi salah satu pemicu timbulnya migrain.

Itulah beberapa dampak buruk yang akan mengancam kesehatan tubuh apabila kalian melewatkan sarapan. Untuk itu mulai sekarang biasakan diri untuk sarapan agar tubuh menjadi sehat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com