Serupa Tapi Tak Sama, Ini Fakta Tentang Ramen dan Ramyeon yang Jarang Diketahui

Editor KapanLagi.com | Minggu, 05 September 2021 21:51 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Fakta Tentang Ramen dan Ramyeon yang Jarang Diketahui

Kapanlagi.com - siapa nih yang ngakunya fans berat dari Mie Ramen dan Ramyeon? Eksistensi mie Ramen dan Ramyeon di Indonesia memang semakin populer belakangan ini.

Terlebih dengan banyaknya judul anime dan serial KDrama lainnya yang menampilkan semangkuk Ramen nan menggoda. Tapi meski sekilas sama, Ramen yang berasal dari Jepang dan Ramyeon dari Korea ini berbeda loh KLovers. Seperti apa sih bedanya?

1. Asal Usul Mie Ramen

Meski berasal dari Jepang, Ramen ini terinspirasi dari mie gandum Tiongkok loh! Mie Ramen pertama kali diperkenalkan Jepang oleh imigran Tiongkok sekitar abad ke-19 atau awal abad ke-20.

Menurut catatan Museum Ramen Yokohama, Mie Ramen ini berasal dari Tiongkok dan diperkenalkan Jepang pada tahun 1859. Bentuk Mie Ramen pertama kali adalah mie dengan kaldu daging babi panggang ala Tiongkok.

2. Bahan Dasar Mie Ramen

Ada beberapa tipe Ramen yang sering dijumpai di pasaran. Namun Jepang mengkategorikan menjadi dua dari bahan utamanya, yaitu mie dan kaldu.

Kebanyakan Mie Ramen terbuat dari empat bahan dasar, yaitu tepung terigu, garam, air dan kansui (sejenis air garam). Kansul inilah yang jadi pembeda Mie Ramen.

Kansui berasal dari beberapa air danau yang ada di daerah Mongolia dan mengandung mineral tinggi. Mineral ini yang membuat mie berwarna kekuningan dan memiliki tekstur kuat. Ada juga yang membuat telur jadi pengganti kansui.

Sedangkan mie yang dibuat tanpa telur atau kansui hanya boleh sebagai yakisoba karena teksturnya lebih rapuh dan rentan menyerap uap air sehingga sangat lunak. Sup Mie Ramen biasanya pakai kaldu ayam atau babi.

3. Terlihat Mirip, Ramen dan Ramyeon Ternyata Berbeda

Sebagai kuliner yang memiliki kategori yang sama yaitu mie, Ramen dan Ramyeon sering dianggap sama. Namun dilihat secara kasat mata pun kedua makanan ini memiliki beberapa perbedaan

Pada penyajiannya, ramen sebagai kuliner ikonik dari Jepang disajikan dengan kuah kaldu gurih atau miso. Kuah ini diambil dari kaldu yang bervariasi mulai dari babi, ayam, ataupun sapi. Ramen pun disajikan dengan aneka topping menggugah selera seperti daging ayam, rebung, hingga poached egg.

Sementara itu, Ramyeon yang berasal dari Korea memiliki kuah hangat dan rasanya cenderung pedas. Meski memiliki topping dan rasa yang sekilas mirip dengan Ramen, Ramyeon memiliki kekhasan tersendiri karena biasa disajikan dengan kimchi yang sama-sama populer di Negeri Ginseng ini.

4. Hadirkan Hangat dan Gurihnya Ramen untuk Teman WFH

Ketika sudah setahun lebih WFH, rasa bosan pasti sudah muncul. Kembalikan mood kamu buat kerja dari rumah dengan pre order Ramen di ManisdanSedap.com. Manis dan Sedap adalah platform dari KLY (KapanLagi Youniverse) yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Di ManisdanSedap.com, kamu bisa mendapatkan Ramen enak dan berkualitas seperti Ramen Kuro yang ada di Yogyakarta. Varian Ramen lengkap mulai dari Goryuka, Miso, Shoyu, dan lain sebagainya bisa kamu pesan sekarang juga dan akan langsung hadir di depan pintu rumah kamu.

Dilengkapi dengan fitur tombol pembelian langsung ke nomor whatsapp seller, kamu bakal dengan mudah berinteraksi dengan penjual sekaligus melakukan transaksi terpisah sekaarang juga. Yuk pre order di Manis dan Sedap sekarang juga!

(kpl/jef)

Reporter:   Jeffrey Winanda

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com