Sholat Syuruq: Bacaan Niat, Tata Cara, Waktu Pelaksanaan Beserta Keutamaannya

Editor KapanLagi.com | Rabu, 21 April 2021 15:11 WIB
Sholat Syuruq: Bacaan Niat, Tata Cara, Waktu Pelaksanaan Beserta Keutamaannya

Kapanlagi.com - Sholat syuruq adalah salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan umat muslim di waktu matahari terbit. Sholat sunnah ini memiliki banyak keistimewaan atau keutamaan luar biasa yang bisa diraih bagi umat muslim yang mengerjakannya. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang sholat syuruq mulai dari bacaan niat beserta tata caranya.

Selain menunaikan ibadah sholat wajib, setiap umat muslim juga bisa melaksanakan sholat sunnah sebagai ibadah tambahan salah satunya sholat syuruq. Sholat sunnah ini juga dikenal dengan sholat isyraq yang memiliki arti terbit.

Banyak orang menyebut sholat sunnah ini serupa dengan sholat dhuha yang sama-sama dikerjakan ketika matahari terbit. Selain itu, sejumlah ulama memiliki pendapat masing-masing terkait sholat syuruq dan sholat dhuha di mana ada yang menyebutnya sama serta berbeda.

Untuk itulah ada bacaan niat sholat syuruq yang berbeda dari sholat dhuha. Sedangkan terkait tata cara sholat syuruq pada dasarnya ibadah sunnah ini dikerjakan serupa seperti ibadah sholat pada umumnya hanya saja terdiri dari dua rakaat.

Adapun secara rinci dan lengkapnya mengenai sholat syuruq beserta bacaan niat, tata cara dan waktu pelaksanaan dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com