Siap-Siap, 14 November Malam Ini Kamu Bisa Saksikan Supermoon

Sanjaya Ferryanto | Senin, 14 November 2016 15:18 WIB
Siap-Siap, 14 November Malam Ini Kamu Bisa Saksikan Supermoon

Kapanlagi.com - Tahun ini, kita bisa menyaksikan fenomena super langka yang terjadi di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Kita akan menyaksikan Supermoon, dimana bulan purnama akan sangat dekat posisinya dengan bumi.

Dilansir National Geographic, Supermoon didefinisikan sebagai bulan purnama yang bertepatan dengan orbit bulat terdekat bumi, atau disebut Perigee. Setiap bulannya, Perigee tak selalu berada pada jarak yang sama dengan bumi.

Supermoon © National GeographicSupermoon © National Geographic

Bulan November ini, bulan mencapai Perigee pada 06 :21 ET (11 :23 UT), membuat jaraknya dekat dengan bumi, yaitu 221.524 mil. Sebelumnya, bulan pernah sedekat ini dengan bulan pada tanggal 26 Januari 1948.

Indonesia beruntung karena menjadi salah satu negara yang bisa melihat penampakan langit ini. Jika langit cerah, kamu bisa menikmati Supermoon yang tak akan muncul lagi hingga 25 November 2034.

Supermoon © The TelegraphSupermoon © The Telegraph

Karena Supermoon, bulan malam nanti akan terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibandingkan sebelumnya. Lantas, kapan waktu yang pas untuk melihat Supermoon ini?

Waktu paling ideal untuk melihat Supermoon ini adalah pukul 19.27 wib, dilanjutkan dengan puncaknya pada pukul 20.52 wib. Ingat ya, nanti malam, siap-siap keluar rumah untuk mantengin Supermoon ini.

(nat/frs)
Editor :  

Sanjaya Ferryanto

Join Kapanlagi.com