Siap-Siap, 6 Agustus Malam Matikan Lampu & Lihat Taburan Bintang

Arai Amelya | Jum'at, 05 Agustus 2016 12:18 WIB
Siap-Siap, 6 Agustus Malam Matikan Lampu & Lihat Taburan Bintang

Kapanlagi.com - Kalau kamu tidak punya rencana malam minggu besok atau pada Sabtu (6/8) pukul 20.00 - 21.00 waktu setempat, maka ada baiknya kamu mematikan lampu. Yap, hari itu rupanya ditetapkan sebagai Hari Keantariksaan oleh LAPAN. Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, mengajak kamu untuk menikmati taburan bintang.

Lewat kampanye Malam Langit Gelap (Dark Sky Night) yang dia unggah di akun Facebooknya pada Senin (1/8) kemarin, Thomas mengajak seluruh netizens mematikan lampu sepanjang malam. Karena keindahan langit hanya bisa dilihat lewat mata telanjang jika tak ada cahaya lampu yang menyala. Pada malam itu, Galaksi Bima Sakti dengan berbagai bintang di atasnya bisa kamu lihat dengan jelas.

Seperti ini rasi bintang Angsa (Cygnus) © pinimg.comSeperti ini rasi bintang Angsa (Cygnus) © pinimg.com

Dalam postingannya, Thomas menyebut jika kampanye Malam Langit Gelap bertujuan membangun kesadaran publik akan pentingnya menyelamatkan kegelapan malam dari polusi cahay. Ya, perkembangan dunia yang modern membuat manusia tetap beraktifitas saat malam. Entah cahaya lampu gedung, mesin atau kendaraan, rupanya sumber sinar buatan itu menghalangi cahaya jutaan bintang di angkasa tampak di Bumi.

'Pada malam itu semua lampu di luar ruangan (sedapat mungkin termasuk lampu jalan) dimatikan. Cukup satu jam saja pukul 20.00-21.00 waktu setempat. Saat itu saat langit mulai gelap total, kita matikan semua lampu luar. Kita bersama-sama keluar ruangan untuk menyaksikan langit. Nanti kita bisa melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang membentang dari Utara ke Selatan', tulis Thomas.

Penampakan Summer Triangle © en.es-static.usPenampakan Summer Triangle © en.es-static.us

Menurut Thomas, jika kampanye berhasil, kamu bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle) di sekitarnya. Segitiga Musim Panas sendiri merupakan tiga bintang terang yakni Vega, Deneb dan Altair. Sementara itu di langit selatan, kamu bisa melihat rasi Layang-Layang atau Salib Selatan (Crux).

Tak hanya itu, di atas kepala kamu juga bisa melihat rasi bintang Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares. Dan kalau beruntung, di malam tanpa Bulan besok itu akan ada penampakan di dekat bintang raksasa merah Antares. Yaitu kamu bisa melihat planet Mars dan Saturnus. Jadi, ingat untuk matikan lampu ya! (mdk/aia)

Editor :  

Arai Amelya

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com