Siap-Siap Sore Ini Lihat Gerhana Bulan Penumbra, Apa Sih Itu?

Arai Amelya | Rabu, 23 Maret 2016 12:18 WIB
Siap-Siap Sore Ini Lihat Gerhana Bulan Penumbra, Apa Sih Itu?
Kapanlagi.com - Belum selesai kebahagiaan penduduk Indonesia dengan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 lalu, nanti sore kamu juga akan melihat gerhana lain. Yap, pada Rabu (23/3) sore nanti akan terjadi Gerhana Bulan Penumbra (GBP). Lalu, apa bedanya GMT dan GBP? Apakah GBP bakal terlihat sekeren GMT?

Sekedar mengingat ke pelajaran IPA saat SD dulu, gerhana bulan sendiri adalah fenomena alam di mana Matahari-Bumi-bulan berada dalam satu garis lurus di bidang Tata Surya. Karena hal itu, bayangan Bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Adanya Bumi di tengah-tengah hubungan Matahari dan bulan inilah menimbulkan gerhana bulan lantaran sinar Matahari tak sampai ke bulan

Inilah proses gerhana bulan Penumbra © via Info AstronomyInilah proses gerhana bulan Penumbra © via Info Astronomy

Jika GMT dianggap berbahaya karena sangat silau jika dilihat dengan mata, maka gerhana bulan justru bisa diamati dengan mata telanjang. Hanya saja GBP tak bisa tampak jelas karena seluruh atau sebagian permukaan bulan masuk pada bagian bayangan Penumbra Bumi. Ehm, apa lagi itu Penumbra? Gampangnya begini, sore nanti bulan melintasi wilayah bayangan Bumi yang masih terdapat cahaya atau daerah bayangan kabur Bumi. Sehingga bulan masih kamu bisa lihat langsung dengan kamera atau teleskop tapi cahaya bulan sedikit lebih redup.

Berbeda dengan GMT 9 Maret yang cuma melintasi 12 provinsi di Indonesia, maka GBP 23 Maret ini bisa kamu lihat di seluruh Indonesia. Namun untuk Indonesia barat dan tengah, bulan sudah dalam posisi gerhana saat terbit di ufuk Timur petang nanti. Sehingga cuma kamu yang di kawasan Indonesia timur saja yang bisa melihat proses gerhana dari awal sampai akhir, seperti dilansir Info Astronomy.

Kalau ini daerah yang bisa melihat GBP nanti sore © via Info AstronomyKalau ini daerah yang bisa melihat GBP nanti sore © via Info Astronomy

Dari informasi yang ada, GBP akan berlangsung selama 4 jam, 15 menit, 22 detik. Di mana bermula pada pukul 16.39 WIB, mencapai puncak pukul 18.47 WIB dan berakhir pada pukul 20.54 WIB. Untuk kamu yang hobi fotografi dan suka diposting di Instagram, momen GBP nanti petang tentu sayang dilewatkan. Apalagi sore nanti GBP yang terjadi akan menutupi 77% wajah bulan Purnama.

Jadi, sudah siap jadi saksi Bumi yang menjadi penghalang dalam pertemuan Matahari dan bulan nanti? (kpl/aia)

Editor :  

Arai Amelya

Join Kapanlagi.com