ADVERTORIAL

Siapa Bilang Kamu Harus Jago Edit untuk Posting Foto Low Light?

Iwan Tantomi| Sabtu, 04 April 2020 07:30 WIB
Iwan Tantomi | Sabtu, 04 April 2020 07:30

Kapanlagi.com - Jago edit foto dibilang sebuah skill yang keren banget. Apalagi untuk foto low light di era media sosial seperti ini. Rasanya kemampuan mengedit foto low light yang mumpuni, bakal bisa mendulang banyak likes, comment hingga follower di Instagram. Bahkan, nggak sedikit juga yang akhirnya bermuara sebagai portofolio untuk menjadi fotografer profesional.

Meski begitu, untuk menghasilkan foto low light yang bagus, kamu nggak harus ahli banget mengedit foto lho. Sebaliknya, dengan beberapa cara berikut ini, hasil foto low light kamu bisa jadi super ciamik.

1 Dari 4 Halaman

1. Gunakan Format RAW

Jika kamu terbiasa memotret dengan format JPG/JPEG, cobalah saat memotret low light menggunakan format RAW. Hal ini karena hasil foto berformat RAW memiliki kualitas yang lebih tinggi, dibandingkan JPG/JPEG. Selain itu, foto low light dengan format RAW juga bisa meminimalkan 'noise' karena minimnya cahaya saat memotret.
2 dari 4 halaman

2. Tingkatkan ISO

Dalam fotografi profesional, ISO atau sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya, memiliki peran penting untuk mengontrol tinggi rendahnya cahaya dalam foto. Daripada menggunakan flash, dapatkan foto low light berkualitas dengan mengatur ISO lebih tinggi. Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu bisa memainkannya dengan shutter speed. Misalnya, jika shutter speed 1/200 kamu bisa meningkatkan ISO ke 6400, agar objek terlihat jelas di tengah kondisi yang minim cahaya.
3 dari 4 halaman

3. Atur Aperture Priority

Selain ISO dan Shutter Speed, hal lain yang nggak boleh dilupakan dalam fotografi low light adalah Aperture Priority. Saat memotret low light, pilihlah Aperture Priority yang disimbolkan dengan huruf 'f' paling kecil, seperti f/1.8. Namun, untuk mendapatkan angka tersebut, kamu perlu lensa khusus. Sementara, kelebihannya dengan cara ini adalah foto selain objek utama akan tampak blur, hingga memberikan efek bokeh.
4 dari 4 halaman

4. Pilih Gadget yang Tepat

Apabila ingin yang lebih praktis, tanpa banyak mengatur fitur-fitur kamera secara manual, kamu bisa memilih gadget canggih seperti OPPO Reno3. Pasalnya, smartphone tersebut menggunakan Ultra Clear 108MP Image, 44MP Ultra Night Selfie pada kamera depan, dan 48MP Ultra Dark mode pada kamera belakang. Deretan fitur ini pastinya bisa hasilkan foto sangat jernih dengan detail foto mengagumkan, baik itu wajah, pemandangan, hingga tulisan terkecil pun, di segala situasi termasuk low light.

©OPPO©OPPO

Benar-benar mencengangkan memang fitur yang dimiliki sama OPPO Reno3. Selfie bakal tampak sempurna dengan 44MP Ultra Night Selfie yang menghasilkan foto berdefinisi tinggi meski dilakukan di malam hari. Kemudian kamera utama 48MP dengan Ultra Dark Mode dapat mengenali cahaya dengan kecerdasan buatan. Ketika mode ini diaktifkan, kamera akan menjepret beberapa foto dengan eksposur cahaya berbeda, kemudian akan disesuaikan dengan tingkat kecerahan frame dan mengaplikasikan HDR.

Fitur yang dimiliki OPPO Reno3 memang menggiurkan untuk dicoba. Segera beli sekarang dengan harga Rp5.499.000,-, sedangkan untuk pembelian bundling OPPO Reno3 dan Enco Free ada promo menarik juga. Kamu bisa memperoleh tambahan diskon sebesar Rp300.000,-. Tertarik? Temukan info selengkapnya di sini.

Oh ya, kamu juga bisa lho mendapatkan OPPO Reno3 secara praktis tanpa perlu keluar rumah. Gimana caranya? Manfaatkan aja program #BetterAtHome di mana kamu bisa mendapatkan berbagai smartphone keren OPPO dengan chat ke WhatsApp Official OPPO Indonesia di 0815-955-0000. Nggak percaya? Cobain sendiri yuk! Info lebih lanjut, klik di sini.

(kly/tmi)

Reporter:  

Iwan Tantomi

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com