Siapa Jack O'Lantern? Sosok Lentera Labu di Halloween

Rezka Aulia | Jum'at, 01 November 2019 05:31 WIB
Rezka Aulia | Jum'at, 01 November 2019 05:31

Kapanlagi.com - Halloween dan labu seolah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Buah berwarna oranye ini selalu jadi dekorasi wajib di momen Halloween. Mulai dari ditata sederhana sampai diukir dengan wajah menyeramkan, labu selalu hadir di Halloween.

Lantas apa hubungan Halloween, sosok hantu dan buah labu? Yuk kita cari tahu bareng!

1 Dari 4 Halaman

1. Fenomena Fool's Fire

Fenomena Fool's Fire © Pixabay
Labu dengan ukiran wajah biasa disebut Jack O'Lantern. Katakter ini merupakan urban legend yang dikenal dari Inggris. Dilansir dari Merdeka.com, karakter Jack O'Lantern sudah dikenal sejak abad ke-17.

Arti 'Jack O'Lantern' sendiri secara harfiah berarti 'pria lentera'. Gak herankan kalau buah labu yang sudah diukir diberi lampu sebagai lentera.

2 dari 4 halaman

2. Hantu Iseng?

Lebih lanjut dilansir dari About.com, Jack O'Lantern merujuk pada fenomena fool's fire. Alias cahaya biru misterius yang kadang bisa terlihat di malam hari.

Orang Inggris zaman dahulu percaya bahwa cahaya biru misterius ini adalah hantu jahil atau peri iseng yang menampakkan diri ke manusia. Kisah Jack O'Lantern alias Fool's Fire ini juga diadaptasi menjadi kisah dongeng rakyat alias folk lore.

Menurut Thomas Darlington dalam bukunya yang berjudul The Folk-Speech of South Cheshire, Jack O'Lantern adalah tokoh dalam legenda yang dikenal dengan nama Stingy Jack atau 'si pelit Jack'.

3 dari 4 halaman

3. Jack yang Penuh Dosa

Jack yang Penuh Dosa © Pixabay
Dalam versi kisah dongengnya, Jack ternyata banyak berdosa semasa hidup. Namun ia berhasil menipu iblis agar tak dimasukkan ke neraka saat meninggal. Sayangnya, Jack pun tak diterima masuk surga.

Kemudian dia turun ke alam baka dan menggedor gerbang neraka, meminta kepada Iblis untuk ditempatkan di neraka. Iblis menolak melanggar janjinya yang pertama. Sebagai gantinya, dia mengutuk Jack mengembara di muka bumi untuk selamanya. Dia dibekali api menyala untuk menerangi jalan-jalan yang dilalui. Sejak itulah dia mulai dikenal dengan nama Jack O'Lantern.

Legenda ini begitu populer di antara warga Inggris, sehingga mereka mulai menjadikan Jack O'Lantern sebagai bagian dari Halloween, festival untuk orang-orang mati pada tahun 1800-an.

4 dari 4 halaman

4. Diubah Orang Amerika

Dilansir History, awalnya ukiran Jack dibuat dari lobak, kentang, atau bit. Warga Inggris yang bermigrasi ke Amerika membawa tradisi mengukir Jack O'Lantern ke Amerika.

Amerika merupakan negara penghasil labu yang cukup besar. Dan para kreator Jack O'Lantern menyadari kalau buah ini lebih cocok untuk dibuat lentera daripada kentang. Akhirnya kepala Jack O'Lantern pun dibuat dari labu.

Sumber: Tantri Setyorini/Merdeka.com

 

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

Join Kapanlagi.com