Solo Makin Hits dan Instagramable, 5 Destinasi Menawan Ini Jadi Buktinya!

Zaki Mursidan Baldan | Senin, 09 September 2019 15:26 WIB
Solo Makin Hits dan Instagramable, 5 Destinasi Menawan Ini Jadi Buktinya!

Kapanlagi.com - Bicara tentang destinasi wisata di Jawa Tengah, Yogyakarta hampir selalu menjadi perhatian utama berkat keberagaman destinasi yang dimiliki. Namun KLovers tak boleh melupakan kota-kota di sekitarnya yang jika ditelisik lebih dalam ternyata juga bisa jadi tujuan liburan akhir pekan bersama orang-orang tersayang. Salah satu yang patut dicoba adalah Solo, kota tempat kelahiran penyanyi kenamaan yang lagi viral yaitu Didi Kempot.

Lantas kira-kira destinasi apa aja ya, yang bisa dikunjungi di Solo? Cari tahu di bawah ini yuk!

The Heritage Palace

Telah berdiri sejak tahun 1892 dan memiliki total wilayah hingga 2,2 hektare, The Heritage Palace sebenarnya merupakan bangunan cagar budaya yang sudah ada sejak zaman Belanda. Di sana kamu dapat menemukan sembilan bangunan kuno yang dilengkapi dengan cerobong asap setinggi 20 meter. Sedangkan pada bagian depan, pengunjung yang datang ke sini bakal disuguhi pajangan mobil-mobil kuno, termasuk kendaraan yang pernah dipakai Bung Karno, yaitu mobil Dodge rilisan tahun 1948. Selain itu, ada juga mobil pemadam kebakaran Chevrolet Bel Air USA tahun 1955, (Damkar) Dodge Power tahun 1963, dan Jeep Willys USA tahun 1943.

The Heritage Palace benar-benar jadi destinasi yang cocok untuk memanjakan para pecinta budaya dan sejarah. Nuansa klasiknya juga pas banget buat milenial yang ingin hunting foto keren buat memperindah feed Instagram. Makin keren karena di sini kamu juga bakal menemukan Museum 3D Trick Art yang dipenuhi dengan lukisan menakjubkan dan terlihat nyata.

Kraton Kasunanan Surakarta

(c) shutterstock(c) shutterstock

Kurang afdol rasanya ke Solo tapi tak menyempatkan mampir ke Kraton Kasunanan Surakarta. Istana ini punya nilai historis yang begitu tinggi karena telah berdiri sejak tahun 1744. Di sini kamu bakal menemukan beragam peninggalan luar biasa milik kasunanan, seperti gamelan, alat musik, replika pusaka keraton, hingga beragam hadiah dari raja-raja Eropa.

Pandawa Water World

Wisata ke Solo bersama keluarga besar? Jangan lewatkan buat senang-senang di Pandawa Water World, KLovers! Waterpark ini cukup unik karena mengusung konsep cerita mahabarata. Ada beragam wahana juga yang bisa kamu nikmati di sini, fantastic slides wave pool, action river, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Jl. Cemara Raya, Gedangan, Grogol, Sukoharjo dan untuk masuk ke sini biaya yang diperlukan juga murah banget. Buktiin sendiri, deh!

Museum Batik Danar Hadi

(c) shutterstock(c) shutterstock

Bukan tanpa sebab Solo dijuluki Kota Batik, pasalnya di sini kamu bisa menemukan beragam corak batik yang memesona banget! Kalau ingin membuktikannya, kamu bisa datang ke Museum Batik Danar Hadi yang berada di jalan utama kota Solo. Berdiri sejak tahun 1967, museum ini menyajikan koleksi batik berkualitas yang jumlahnya lebih dari 1000 helai. Tak heran kalau Museum Rekor Indonesia (MURI) menobatkannya sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak di Indonesia.

Makin seru karena di sini kamu juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan batik. Misalnya kamu tertarik juga untuk mendalami ilmu tentang batik, tak perlu sungkan untuk mengikuti workshop-nya di sana.

Pasar Triwindu

Asset wisata berharga lain dari Solo yang sepertinya tak akan pernah mati adalah pasar Triwindu. Ini dia tempat terbaik di Kota Batik untuk mencari barang antik khas Mangkunegaran. Terletak sektiar 350 meter dari Pura Mangkunegaran, di sini kamu bisa berburu beragam item kuno seperti koin dari tahun 1800-an, piring vintage yang dibuat pada tahun 1960, perkakas rumah tangga, radio kuno, jam, lampu hias, patung, hingga keris. Cocok banget kan, buat kamu yang ingin membawa pulang oleh-oleh bernilai dari kota Solo?

Sebenarnya masih ada banyak banget destinasi menarik lain yang dimiliki kota Solo. Buktikan sendiri dengan segera merencanakan cuti agar bisa liburan ke sana. Tak lupa pertimbangkan betul soal akomodasi dan yang terpenting transportasi. Biar kenyamanan perjalanan senantiasa terjamin, yuk pilih shuttle bus Joglosemar yang praktis dan efektif karena bisa dipesan lewat Traveloka.

(c) shutterstock(c) shutterstock

Liburan ke Solo dijamin makin menyenangkan karena Joglosemar Executive Shuttle Bus telah sukses jadi pilihan utama yang menghubungkan kota-kota, seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Purwokerto, Salatiga, dan Pulir. Pilihan kelas yang disediakan pun ada bermacam, seperti Pandawa Fleet, Pearl Fleet, Emerald Fleet, dan Emerald Premium Fleet.

Tak perlu repot datang ke terminal karena pesan tiketnya bisa kapan saja dan di mana saja hanya dengan Traveloka. Praktis dan tanpa repot, bukan? Info tentang Joglosemar Executive Shuttle Bus, seperti info jadwal bus dan travel, trayek, titik berangkat dan turun, dan biaya tiket, hingga foto dan fasilitasnya, juga dapat diperoleh secara lengkap. Bila ada pertanyaan, tinggal kontak aja Customer Service yang siap melayanimu selama 24 jam penuh. Disediakan juga beragam metode pembayaran, seperti dari transfer bank, kartu kredit, hingga pembayaran tunai di mini market terdekat.

Komplet banget, kan? Makanya yuk cek info rute lengkap travel Joglosemar dan segera bikin agenda liburan ke Solo!

(kpl/zki)

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com