Sosok Fachrul Alamsyah, Gandeng Preman Kampung Berbagi Ilmu

Editor KapanLagi.com| Selasa, 25 Februari 2020 20:00 WIB
Sosok Fachrul Alamsyah, Gandeng Preman Kampung Berbagi Ilmu
Editor KapanLagi.com | Selasa, 25 Februari 2020 20:00

Kapanlagi.com - Puluhan anak berlarian menenteng buku yang baru dipilih dari rak kaca mobil baca. Secara berkelompok, mereka mencari tempat paling nyaman untuk membuka buku di tangannya itu.

Satu anak hanya boleh mengambil dua buah buku kesukaan, tetapi setelah dikembalikan dibolehkan memilih buku lain. Beberapa kali anak-anak diminta tertib dan memperlakukan buku secara baik, maklum namanya anak-anak.

Di atas alas karpet hijau, anak-anak membuka bukunya sambil berdiskusi dengan teman sebayanya. Beberapa orang dewasa menunggui di sampingnya, sambil sesekali ikut nimbrung dalam pembicaraan. Gubuk berukuran sekitar 4 Meter X 5 Meter itu dipenuhi anak-anak bergerombol yang asyik dengan bukunya masing-masing.

Sebenarnya disediakan tiga buah meja, fasilitas dari mobil Kamis Membaca (KaCa) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang saat itu berkunjung ke gubuk baca. Tetapi anak-anak nampaknya lebih asyik duduk lesehan beralas karpet. Sementara meja tersebut lebih banyak digunakan para orang tua pengantar yang sebagian juga turut nimbrung membaca buku.

Gubuk tempat anak-anak membaca itu pun sejatinya sebuah gudang milik bengkel di sampingnya. Tetapi setiap kali dibutuhkan untuk kegiatan, barang-barangnya cukup dipinggirkan saja.

Pemuda kampung setempat yang sering nongkrong di bengkel secara cekatan akan menyiapkan lokasi menjelang kegiatan. Mereka adalah para pemuda penggagas gubuk baca yang kemudian diberi nama Gubuk Baca Trail.

Nama Gubuk Baca Trail diambil dari mimpi mencetak anak-anak dampingan di situ menjadi atlet trail sepeda BMX. Selain para pemuda-pemuda itu sebagian memiliki hobi trail.

Kami mulai bergerak dari bakat minat. Ada lahan untuk sirkuit BMX, jadi harapan ke depan semoga suatu saat ada adik adik yang bisa menjadi atlit sepeda BMX," kata Dony Windiarto, pendamping Gubuk Baca Trail.

Sebanyak 22 Gubuk Baca tersebar di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang dan berjejaring dalam rangka menghidupkan dan mengembangkan pendidikan literasi.

Halaman

(kpl/dar/frs)

Reporter:  

Darmadi Sasongko

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com