Struktur Bata Diduga Peninggalan Kerajaan Singosari Ditemukan di Lokasi Perumahan

Editor KapanLagi.com| Selasa, 13 Oktober 2020 22:56 WIB
Struktur Bata Diduga Peninggalan Kerajaan Singosari Ditemukan di Lokasi Perumahan
Editor KapanLagi.com | Selasa, 13 Oktober 2020 22:56

Kapanlagi.com - Situs purbakala diduga peninggalan zaman kerajaan Singosari ditemukan di area sebuah kompleks pembangunan perumahan di Kabupaten Malang. Struktur bata kuno sepanjang 5 meter ditemukan saat penggembang sedang mengeruk tanah untuk pondasi plengesengan proyek perumahan.

Lokasi penemuan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Selain struktur bata juga ditemukan pecahan tembikar, gerabah dan tembaga oleh warga sekitar.

Arkeolog Universitas Negeri Malang (UM) Dwi Cahyono mengatakan, struktur bata berjumlah empat lapis yang tertimbun tanah. Struktur bata berupa sudut pertemuan dari dua buah tembok memanjang yang masih tertutup tanah.

Dugaan sementara, struktur bata tersebut merupakan bagian dari kompleks bangunan, dengan diperkuat lokasi temuan yang tidak jauh dari Sumber Air (Umbulan) Ngenep.

"Keberadaan sumber air sangat penting sebagai kalkulasi area tinggal. Jadi karena itu mereka memilih untuk bermukim di sini. Apalagi kalau kita melihat jejak temuannya memang berbentuk arsitektural," ungkap Dwi Cahyono di Kota Malang, Senin (5/10).

Halaman Selanjutnya Kawasan Tempat Tinggal

Halaman

(kpl/dar/frs)

Reporter:  

Darmadi Sasongko

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com