Suara Dentuman Terdengar Sampai 20 Km, Gunung Raung Kini Siaga

Arai Amelya | Selasa, 30 Juni 2015 10:18 WIB
Suara Dentuman Terdengar Sampai 20 Km, Gunung Raung Kini Siaga
Kapanlagi.com - Sebagai negara yang terletak di jalur pegunungan vulkanik Pasifik, Indonesia memang harus siap dengan kemungkinan gunung berapi meletus. Sekarang, giliran gunung Raung yang ada di perbatasan kabupaten Jember, Bondowoso dan Banyuwangi yang ingin diperhatikan.

Tak main-main, pada Senin (29/6) pukul 09.00 WIB kemarin, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah meningkatkan status gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut itu menjadi Siaga. Dengan demikian, kini gunung Raung telah berada di level III setelah sebelumnya masih Waspada (level II).

Menurut Kepala Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG, Gede Swastika, peningkatan status Raung ini karena aktivitas kegempaannya makin tinggi. "Usai diamati selama dua minggu, letusan gunung Raung meningkat dan terjadi lontaran lava pijar serta abu vulkanik mencapai 300 meter dari puncang Raung," seperti dilansir Antara.

Seperti inilah penampakan gunung Raung dari ketinggian ©infopendakiSeperti inilah penampakan gunung Raung dari ketinggian ©infopendaki

Tak hanya itu, gempa tremor juga meningkat dengan amplitudo maksimum 21 milimeter dan suara gemuruh sampai bisa terdengar dari Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Songgon, kabupaten Banyuwangi. Tak heran jika akhirnya PVMBG menyarankan agar warga dan pendaki di sekitar Raung tak mendekati radius tiga kilometer dari pusat kawah aktif.

Jika kamu tak tahu, pada Minggu (28/6) sekitar pukul 20.00 malam, terdengar suara gemuruh dan dentuman keras hingga kecamatan Pujer yang berjarak 20 kilometer dari gunung Raung. Tak hanya itu, Raung sempat mengeluarkan semburan api dan hujan abu pada Senin (29/6) dini hari kemarin.

"Peningkatan aktivitas Raung terjadi sejak 24 Juni 2015 yang terdeteksi satelit BMKG dan ditandai adanya tujuh titik api di pusat dan sekitar kawah aktif Raung. Hujan abu dirasakan warga di desa Gunosari, kecamatan Tlogosari dan di sekitar kecamatan Sumber Wringin," ungkap Hendrik Widotono, Kepala BPBD Bondowoso. Semoga saja gunung Raung tidak meletus terlalu mengerikan ya. (kpl/aia)

Editor :  

Arai Amelya

Join Kapanlagi.com