ADVERTORIAL

Sukses Jadi Festival Perayaan Kemerdekaan Virtual Pertama dan Terbesar, Rumah Digital Indonesia Bisa Terus Diakses Kapan Saja Lho

Iwan Tantomi | Jum'at, 17 September 2021 00:01 WIB
Sukses Jadi Festival Perayaan Kemerdekaan Virtual Pertama dan Terbesar, Rumah Digital Indonesia Bisa Terus Diakses Kapan Saja Lho

Kapanlagi.com - Setelah sukses dilaksanakan sejak 1 hingga 31 Agustus 2021, Rumah Digital Indonesia (RDI) yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membawa kabar baik bagi masyarakat. Terlebih setelah melihat antusiasme dan berbagai komentar positif dari masyarakat yang ingin merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI secara virtual, beragam arena RDI pun tetap bisa diakses terus melalui www.rumahdigitaindonesia.id.

Beragam arena RDI yang masih bisa diakses, antara lain Panggung Nasional, Arena Lomba 17-an, Ruang Seni dan Budaya, Ruang Komunitas, Pasar Lokal, Ruang Literasi Digital, serta Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia. Lewat beragam konten menarik yang dihadirkan, rasa bangga akan keberagaman Indonesia pun jadi bisa terus digelorakan.

Jadi Festival Perayaan Kemerdekaan Virtual Pertama dan Terbesar

Buat yang belum tahu, RDI merupakan festival perayaan yang kemerdekaan virtual pertama dan terbesar. Festival ini hadir dengan 2 acara utama, yaitu Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan.

Sesuai namanya, acara ini menghadirkan konsep virtual. Hasilnya, masyarakat dapat menjelajahi website Rumah Digital Indonesia yang memiliki berbagai arena dan diisi beragam konten bertema di Indonesia.

Tak heran, jika festival ini pun mampu menyedot jutaan pengunjung dan penonton. Apalagi acara yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini, juga menghadirkan berbagai tokoh nasional seperti Putri Tanjung, Sandiaga Uno, Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Monalisa Sembor.

Hadirkan Banyak Sekali Hiburan Menarik Selama di Rumah Aja

Credit via VidioCredit via Vidio

Tak hanya itu, RDI juga menyelenggarakan Konser Kolaborasi Nasional dalam rangka menghibur para pengunjung meskipun dari rumah. Konser ini dimeriahkan oleh Nadin Amizah, Adrian Khalif , Bilal Indrajaya, Idgitaf, serta SIVIA.

Selain itu, acara Puncak Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh RDI pada tanggal 16 Agustus 2021, juga menghadirkan beragam konten bermanfaat dan menghibur. Mulai acara Bincang Bangsa, Komedi Lokal, Konser Selebrasi Kemerdekaan, hingga Panggung Puisi.

Diminati Banyak Pengunjung Sekaligus Dukung Perkembangan UMKM

Salah satu arena yang paling disukai pengunjung adalah Permainan & Aktivitas Interaktif. Hal ini dibuktikan pada Arena Lomba 17-an yang diikuti oleh puluhan ribu peserta Lomba 17-an secara virtual. Bukan itu saja, antusiasme masyarakat juga terlihat dengan banyaknya karya yang dikirimkan. Total ribuan karya yang lolos kurasi, berhasil ditayangkan di Ruang Seni dan Budaya.

Serunya lagi, RDI juga memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk bertransaksi jual beli. Peminatnya pun tak tanggung-tanggung. Pasar Lokal Virtual ini diikuti oleh 616 UMKM dari 34 provinsi di Indonesia.

Program-Program Menarik yang Bisa Dinikmati di Rumah Digital Indonesia

Adapun program-program menarik yang bisa dinikmati di arena RDI secara virtual sangat beragam. Biar ada gambaran dan mudah memahaminya, berikut detail penjelasan dari setiap program utama yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di rumahdigitalindonesia.id.

Panggung Nasional

Pertama ada Panggung Nasional yang merupakan panggung utama di RDI. Di sinilah puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung. Saat ini, dengan berbagai rangkaian acara menarik Panggung Nasional masih dapat disaksikan dengan menampilkan siaran ulang rangkaian acara bulan kemerdekaan

Arena Lomba 17-an

Credit via Instagram.com/rumahdigitalindonesia.idCredit via Instagram.com/rumahdigitalindonesia.id

Di sini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

Ruang Seni dan Budaya

Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum. Mulai tarian nuansa nasional dan kedaerahan, pembacaan puisi dan syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah dan Nasional.

Ruang Komunitas

Di Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen 'Cerita Kemerdekaan'. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

Pasar Lokal

Ada bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa.

Ruang Literasi Digital

Credit via Instagram.com/rumahdigitalindonesia.idCredit via Instagram.com/rumahdigitalindonesia.id

Ruang Literasi Digital oleh Kominfo menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia

Sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Itulah beberapa program menarik yang masih bisa dinikmati terus dari rumah di rumahdigitalindonesia.id secara gratis. Makanya, terus kunjungi Rumah Digital Indonesia, sembari menantikan keseruan acara perayaan kemerdekaan Indonesia tahun depan.

(kly/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com