ADVERTORIAL

Sukses Sedot Jutaan Pengunjung, Seperti Apa Sih Keseruan Rumah Digital Indonesia?

Iwan Tantomi | Minggu, 26 September 2021 00:00 WIB
Sukses Sedot Jutaan Pengunjung, Seperti Apa Sih Keseruan Rumah Digital Indonesia?

Kapanlagi.com - Ada hal menarik jika mengingat bulan kemerdekaan yang berlangsung sepanjang Agustus 2021 kemarin. Meski acaranya banyak dilangsungkan secara virtual, tetapi mampu menyedot jutaan pengunjung. Ini karena ada Rumah Digital Indonesia. Acara yang didukung penuh oleh Kemenkominfo ini pun sukses menyedot 1,3 pengunjung, serta ditonton 4,8 juta kali mulai 1 sampai 31 Agustus 2021.

Serunya lagi, demi memenuhi antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, beragam keseruan di Rumah Digital Indonesia ini masih bisa dinikmati sampai sekarang di www.rumahdigitalindonesia.id. Lantas, seperti apa sih keseruannya, hingga banyak orang tertarik menontonnya?

Dibuka dan Didukung oleh Presiden Jokowi

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Rumah Digital Indonesia menghadirkan konsep festival dengan arena virtual untuk pertama kalinya. Dengan konsep tersebut, pengunjung dimanjakan dengan pengalaman unik, seolah hadir di festival sungguhan. Kemeriahannya pun ditandai dengan Acara Pembuka yang dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi pada 1 Agustus 2021.

Tak hanya sekadar membuka, Presiden Jokowi pun memberikan dukungan penuh diadakannya Rumah Digital Indonesia ini. Hal tersebut disampaikan lewat sambutannya, Setiap tahun kita merayakan HUT RI dalam Bulan Kemerdekaan selama bulan Agustus. Dalam suasana pandemi sekarang ini, kita akan merayakannya dalam dunia virtual, yang kita sebut Rumah Digital Indonesia .

Hadirkan Acara Puncak untuk Rayakan HUT RI Ke-76

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Puncak keseruan di Rumah Digital Indonesia ini pun hadir lewat Acara Puncak yang dilangsungkan pada 16 Agustus 2021. Di momen tepat sehari sebelum HUT RI ke-76 tersebut, beragam program menarik. Mulai Bincang Bangsa, Konser Selebrasi Kemerdekaan, Panggung Puisi, dan Komedi Lokal yang dapat ditonton di Panggung Nasional Rumah Digital Indonesia.

Selain itu, saat Acara Puncak berlangsung, pengunjung juga dimanjakan dengan fitur eksklusif Salam Personalisasi Kemerdekaan dari Presiden RI di Panggung Nasional Rumah Digital Indonesia. Kemudian ada juga Bincang Bangsa yang juga dilangsungkan di Acara Puncak.

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Acara tersebut dihadiri oleh Faye Simanjuntak, Dr. Dedy Permadi, Mandy CJ, dan Iyas Lawrence membahas Perspektif Nasionalisme Gen-Z . Menurut Faye nasionalisme itu sadar peran kita untuk berkontribusi ke negara. Sementara Dr. Dedy Permadi menambahkan jika Gen Z merupakan salah satu penentu yang memiliki andil untuk berkontribusi terhadap negara.

Makin Menarik dengan Beragam Keseruan Lainnya

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Keseruan di Rumah Digital Indonesia makin terasa pecah berkah adanya hiburan lainnya. Sebut saja, program Komedi Lokal yang diisi oleh Abdur Arsyad, Arif Brata, Aci Resti, Ge Pamungkas, dan Indra Jegel turut dimeriahkan penampilan dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Di mana mereka bermain games yang penuh canda tawa.

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Ada pula Konser Selebrasi Kemerdekaan yang dimeriahkan oleh Yura Yunita, Budi Doremi, Putri Ariani, Angel Pieters, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga ada penampilan spesial dari Papermoon Puppet Theatre bersama Najwa Shihab yang membacakan puisi Atas Kemerdekaan di Panggung Puisi.

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Sementara pada Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2021, beragam rangkaian peringatan HUT RI juga dapat disaksikan melalui website Rumah Digital Indonesia. Mulai dari penayangan Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI, Upacara Detik-detik Proklamasi, Pelantikan Paskibraka, hingga Doa Bersama.

Masih Ada Program Lain yang Bisa Dijelajahi

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Tak cukup memanjakan pengunjung dengan deretan keseruan, Rumah Digital Indonesia lanjut memuaskan pengunjung dengan program lain yang bisa dijelajahi di website Rumah Digital Indonesia. Ada Arena Lomba-17an yang diikuti oleh lebih dari 22.000 peserta dari seluruh Indonesia dan Pasar Lokal yang melibatkan 616 UMKM dari 34 provinsi. Lalu, ada Ruang Seni & Budaya serta Ruang Komunitas yang melibatkan ribuan total video kreasi kiriman masyarakat seluruh Indonesia.

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Di samping itu, ada Ruang Literasi Digital yang dipersembahkan oleh Kominfo, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan internet secara positif dan produktif. Serta Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia yang memiliki beragam konten bermanfaat dari seluruh Nusantara. Rumah Digital Indonesia juga berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam mengadakan lomba #MelodiKemerdekaan, di mana masyarakat luas ditantang untuk tampil menyanyikan lagu nasional/daerah dan mengunggahnya di media sosial.

(c) Rumah Digital Indonesia(c) Rumah Digital Indonesia

Tak heran jika semua keseruan dan kemeriahan tersebut masih membekas jelas di ingatan setiap pengunjung. Meski begitu, tak perlu berkecil hati jika kamu belum sempat menikmati seluruh keseruan program di Rumah Digital Indonesia kemarin. Sebab, seperti diinfokan sebelumnya, website www.rumahdigitalindonesia.id masih bisa diakses untuk menikmati beragam program, kecuali Panggung Nasional yang sudah tidak ada acara live, melainkan hanya siaran ulang.

Kabar baiknya lagi, buat kamu yang juga penasaran cerita di balik penyelenggaraan Rumah Digital Indonesia, bakal ada sesi IG live melalui Instagram @rumahdigitalindonesia.id pada tanggal 26 September 2021 jam 9:30 WIB bersama Putri Tanjung dan Budi Adiputro. So, don t miss it!

(kpl/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com