Sulit BAB, Ini 5 Bahan Alami Agar Pencernaan Lancar

Dhia Amira| Selasa, 30 Juni 2020 12:22 WIB
Dhia Amira | Selasa, 30 Juni 2020 12:22

Kapanlagi.com - Mengalami sulit BAB memang sangat mengganggu, bukan hanya akan membuat begah tetapi juga dapat memberikan berbagai macam penyakit karena kotoran yang tidak keluar. Bila sudah seperti ini, mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan menjalankan pola hidup sehat adalah cara terbaik yang dapat dilakukan.

Mengonsumsi bahan alam agar pencernaan lancar merupakan cara tepat yang bisa kita lakukan saat pencernaan terganggu. Penasaran bahan apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 bahan alami yang dapat membuat pencernaan membaik dan juga lancar. Yuk langsung saja dicek.

1 Dari 5 Halaman

1. Buah Tinggi Serat

Buah Tinggi Serat credit: Pixabay
Bahan alami agar pencernaan lancar yang pertama yaitu ada buah-buahan tinggi serat. Hal ini karena dengan mengonsumsi buah-buahan dengan tinggi akan serat maka pencernaan di dalam tubuh juga akan lancar. Selain memperlancar pencernaan, buah-buahan juga dapat memberikan kesehatan lain untuk tubuh.

Kalian bisa mengonsumsi buah-buahan tinggi serat seperti alpukat, pisang, kurma, pepaya, hingga buah pir. Selain itu buah pir juga dapat melancarkan pencernaan pada bayi dengan cara dicampurkan makanan ataupun dibuatkan jus.

2 dari 5 halaman

2. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau credit: Pixabay
Selain buah, sayuran juga menjadi salah satu bahan alami agar pencernaan lancar. Dan sayuran yang baik dikonsumsi yaitu ada sayuran hijau seperti bayam, sawi, hingga brokoli. Hal ini karena, serat dapat membuat pencernaan kita kembali lancar dengan baik. Selain melancarkan pencernaan sayuran hijau juga sangat baik untuk tubuh.

Seperti brokoli yang memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi, hal ini sangat baik untuk menambah metabolisme di dalam tubuh. Antioksidan juga dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti virus hingga kanker.

3 dari 5 halaman

3. Yoghurt

Yoghurt credit: Pixabay
Sudah banyak yang mengetahui bahwa yoghurt merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta menyehatkan usus. Hal ini karena di dalam yoghurt terdapat kandungan probiotik atau bakteri baik seperti, lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium. Dan bakteri ini berfungsi mengatasi bakteri lain penyebab infeksi pencernaan atau sembelit.

Selain itu yoghurt juga efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare. Yoghurt juga dapat menambah daya tahan tubuh, hingga mencegah osteoporosis. Itulah mengapa selain melancarkan pencernaan yoghurt juga baik untuk kesehatan tubuh yang lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Kismis

Kismis credit: Pixabay
Bahan alami untuk melancarkan pencernaan selanjutnya yaitu ada kismis. Salah satu makanan manis ini ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi loh KLovers, itulah mengapa ia dapat membantu melancarkan pencernaan. Karena kandungan serat yang tinggi itulah, membuat kismis dapat mengatasi sembelit dan juga diare.

Selain mengatasi sembelit dan juga diare, kismis juga dapat menurunkan asam lambung yang berlebihan serta mengatasi lapar sementara. Itulah mengapa kismis sering dikonsumsi untuk seseorang yang sedang diet, karena dapat melancarkan pencernaan serta memberikan rasa kenyang sementara dengan kalori yang kecil.

5 dari 5 halaman

5. Air Mineral

Air Mineral credit: Pixabay
Dan bahan alami agar pencernaan lancar yang terakhir yaitu ada air putih. Yup! bila kalian kekurangan cairan maka bisa jadi sembelit akan melanda. Hal ini karena, bila cairan di dalam tubuh berkurang atau kalian mengalami dehidrasi akan membuat kotoran di dalam tubuh mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Hingga pada akhirnya terjadi sembelit pada tubuh.

Untuk itulah mengapa mengonsumsi air mineral yang cukup akan memperlancar pencernaan kalian. Selain itu mengonsumsi air mineral juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat, dan tubuh jauh dari berbagai macam penyakit.

Itulah 5 bahan alami agar pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit. Selain mengonsumsi makanan di atas, kalian juga harus menjalankan pola hidup sehat dengan cara berolahraga dan menghindari makanan yang dapat membuat kalian mengalami sembelit seperti makanan instan.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com