Tak Hanya Baik untuk Kesuburan, Ini Sederet 8 Manfaat Kecambah bagi Kesehatan

Puput Saputro| Rabu, 29 Juli 2020 21:11 WIB
Puput Saputro | Rabu, 29 Juli 2020 21:11

Kapanlagi.com - Kecambah atau yang juga biasa disebut toge jadi salah satu sayuran yang digemari banyak orang. Kecambah berasal dari biji-bijian kacang hijau yang mulai tumbuh batang dan akar. Kecambah juga bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Selain itu, kita juga bisa membuat kecambah dengan cara merendam biji kacang hijau semalaman. Selama ini, manfaat kecambah untuk kesehatan kerap dikaitkan dengan kesuburan.

Tak hanya memperbaiki kesuburan, ternyata kecambah masih mempunyai banyak manfaat lainnya. Kecambah mempunyai tekstur renyah dan berair dengan rasa yang menyegarkan. Kecambah sering hadir di berbagai sajian masakan khas Indonesia seperti gado-gado, pecel, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kecambah jadi salah satu jenis sayuran yang paling akrab dengan lidah orang Indonesia.

Lantas, apa sajakah manfaat kecambah untuk kesehatan? Berikut beberapa ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1 Dari 8 Halaman

1. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan Kesuburan (credit: pixabay)
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kecambah dikenal sebagai salah satu jenis sayur yang berkhasiat untuk kesuburan, khususnya pada pria. Ternyata, hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Sebab, kecambah memang berkhasiat meningkatkan kualitas sperma.

Tidak hanya itu saja, kandungan dalam kecambah juga bermanfaat dalam menjaga keseimbangan hormon testosteron. Hormon ini berfungsi dalam berbagai hal, seperti meningkatkan massa otot, menurunkan berat badan, serta meningkatkan gairah seks. Secara tidak langsung, hormon testosteron yang terjaga akan menjaga kualitas seksualitas pada pria.

2 dari 8 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan (credit: pixabay)
Saat sedang melakukan program diet, ada baiknya kalian memasukkan kecambah ke dalam daftar menu makanan sehat. Sebab, kecambah juga berkhasiat menurunkan berat badan tubuh. Sayuran ini tergolong bahan makanan yang rendah kalori.

Selain itu, mengonsumsi kecambah juga bisa memberi efek kenyang yang lebih lama. Itulah sebabnya mengapa kecambah cocok dikonsumsi saat diet. Bahkan, dalam jika dikonsumsi secara rutin, kecambah bisa jadi salah satu cara mencegah terjadinya obesitas.

3 dari 8 halaman

3. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Masih ada satu alasan lagi mengapa kecambah cocok dikonsumsi saat diet. Kecambah merupakan makanan yang diyakini bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh. Dalam kecambah terdapat kandungan protein yang akan sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Oleh karena itu, mengonsumsi kecambah tidak hanya akan membuat kalian merasa awet kenyang. Melainkan, juga akan membuat kalian merasa lebih bertenaga.
4 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kecambah yang mempunyai rasa segar, ternyata mengandung cukup banyak vitamin C dan A. Kedua vitamin ini bisa menjadi antioksidan bagi tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang kita tahu, radikal bebas bisa jadi salah satu pemicu berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker.

Tidak hanya menangkal radikal bebas, kecambah juga dipercaya mempunyai sifat antiinflamasi yang berfungsi mencegah terjadinya infeksi. Berdasarkan fakta tersebut, maka manfaat kecambah untuk meningkatkan daya tahan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

5 dari 8 halaman

5. Mengatasi Anemia

Anemia menjadi salah satu masalah kesehatan yang tak bisa dianggap remeh. Penyakit ini terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia bisa menyebabkan berbagai gejala, seperti pusing, lemas, penurunan kesadaran, bahkan jika terlalu parah bisa berujung pada kematian.

Namun, kalian tak perlu khawatir. Salah satu manfaat kecambah ialah bisa mengatasi anemia. Dalam kecambah terdapat banyak vitamin C yang akan membantu tubuh menyerap zat besi. Sementara, zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Dengan begitu, mengonsumsi kecambah secara rutin akan bisa menjaga keberadaan sel darah merah dalam tubuh.

6 dari 8 halaman

6. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata (credit: pixabay)
Seperti yang selama ini kita tahu, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Begitu pula dengan kandungan vitamin A pada kecambah. Konsumsi kecambah dalam jumlah yang tepat dipercaya bakal menjaga kesehatan mata. Terlebih tidak hanya vitamin A, dalam kecambah juga terdapat senyawa Lutein dan zeaxanthin yang diyakini bisa mencegah penurunan fungsi mata karena faktor usia.
7 dari 8 halaman

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat kecambah yang selanjutnya adalah bisa menjaga kelancaran sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan kecambah mempunyai kandungan zat besi dan tembaga. Tidak hanya melancarkan aliran darah, kandungan vitamin K pada kecambah juga bermanfaat dalam mempercepat proses pembekuan darah. Sehingga, mengonsumsi kecambah akan membuat mengalami luka akan segera sembuh dan cepat mengering.
8 dari 8 halaman

8. Mengontrol Gula Darah

Mengontrol Gula Darah (credit: pixabay)
Gula darah yang tinggi tentu tidak baik bagi kesehatan, sebab bisa menimbulkan diabetes. Untungnya, selain melancarkan aliran darah, kecambah juga berkhasiat menjaga agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Hal ini dikarenakan kecambah mempunyai kandungan antioksidan bernama sulforaphane yang dipercaya mampu mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh akan lebih bisa terkontrol.

Itulah di antaranya beberapa manfaat kecambah untuk kesehatan. Bagaimana, apa kalian tertarik mencoba manfaat dari sayuran ini?

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com