Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Tak Perlu Dipotong, Ini 6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang secara Alami

Editor KapanLagi.com | Rabu, 07 Oktober 2020 15:33 WIB
Tak Perlu Dipotong, Ini 6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang secara Alami

Kapanlagi.com - Rambut jadi salah satu bagian tubuh yang memerlukan perawatan khusus. Jika tidak dirawat dengan benar rambut cukup rentang mengalami berbagai kerusakan. Salah satu kerusakan rambut yang umum terjadi ialah rambut bercabang. Rambut bercabang bisa terjadi pada siapa saja. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kalian lakukan.

Rambut bercabang harus segera diatasi, sebab bisa mengganggu penampilan. Banyak orang memilih cara memotong untuk mengatasi rambut yang bercabang. Walaupun praktis, memotong bagian ujung rambut bukanlah satu-satunya jalan untuk mengatasi rambut bercabang. Selain itu, memotong rambut juga cukup berisiko merusak model rambut. Padahal, mengatasi rambut bercabang bisa lebih aman dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi rambut bercabang secara alami.

1. Lidah Buaya

Gambar

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya membuat rambut menjadi lebih lebat dan hitam berkilau, lidah buaya juga bisa mengatasi rambut bercabang. Kandungan lidah buaya mampu menjaga kelembapan rambut secara efektif. Secara tidak langsung, hal ini juga akan membantu mencegah berbagai kerusakan, seperti rambut kering, rontok, hingga bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang dengan lidah buaya juga sangatlah mudah. Kalian cukup mengaplikasikan gel lidah buaya ke rambut sama seperti saat menggunakan sampo. Lakukan dengan memberikan pijatan-pijatan kecil agar kandungan gel lidah buaya terserap dengan maksimal. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Minyak Almond

Kacang Almond selama ini dikenal sebagai salah satu bahan makanan sehat. Tidak saja baik dikonsumsi dengan dimakan, ternyata almond juga bisa dipakai untuk perawatan. Minyak ekstrak almond bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi masalah rambut bercabang. Hal ini dikarenakan minyak almond mengandung vitamin E yang baik untuk rambut.

Dilansir dari healthline.com, ekstrak minyak almond diyakini berkhasiat melembabkan rambut. Saat kelembapan rambut terjaga, rambut akan lebih mudah ditata. Selain itu, untuk mengatasi rambut bercabang kalian bisa memakai minyak almond sebagai kondisioner. Uniknya, kondisioner minyak almond ini bisa dipakai tanpa harus membasahi rambut dan tanpa dibilas.

3. Telur

Tidak hanya jadi sumber protein, telur juga kerap jadi media perawatan kecantikan. Di samping baik untuk perawatan kulit, ternyata telur juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut bercabang. Cara mengatasi rambut bercabang dengan telur cukup mudah.

Pertama-tama kalian hanya perlu mencampurkan 1 butir kuning telur, 1 sendok makan madu, dan 3 sendok makan minyak almond. Campurkan sampai merata, kemudian gunakan sebagai masker rambut. Oleskan sampai merata di permukaan rambut, kemudian diamkan 20 menit. Jika sudah, akhiri dengan bilas pakai air dingin.

4. Pepaya

Selama ini pepaya mungkin lebih dikenal berkat khasiatnya untuk kesehatan pencernaan. Siapa sangka ternyata pepaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Pepaya mempunyai kandungan protein yang baik untuk rambut. Dengan kandungan protein tersebut, pepaya dapat membuat rambut lebih tebal, mengatasi ketombe, dan mencegah rambut bercabang.

Mengatasi rambut bercabang dengan pepaya juga tidaklah sulit. Kalian hanya perlu mencampurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Jika sudah tercampur rata, usapkan pada rambut sampai merata. Setelah itu diamkan kurang lebih 20 menit, kemudian bilas sampai bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

5. Madu

Gambar

Madu jadi salah satu bahan makanan alami yang terkenal punya banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan, madu juga basa dipakai untuk perawatan kecantikan. Madu memang kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut, juga sangat bermanfaat untuk rambut.

Dengan memanfaatkan madu, rambut bisa menjadi lebih sehat dan indah. Madu bisa menjauhkan kita dari ancaman rambut rontok dan bercabang. Cara mengatasi rambut bercabang dengan madu sangatlah praktis. Kalian cukup mencampurkan 1 sendok makan madu dengan 1 gelas air hangat. Kalian bisa menggunakan larutan tersebut untuk membilas rambut setelah menggunakan sampo.

6. Alpukat

Gambar

Dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak baik, ternyata alpukat juga bisa dipakai untuk perawatan rambut. Selain lemak baik, alpukat juga banyak menyimpan mineral dan vitamin. Nutrisi dalam alpukat inilah yang dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang.

Mengatasi rambut bercabang dengan alpukat bisa jadi cara yang paling praktis. Pasalnya, kalian cukup menghaluskan alpukat sampai benar-benar lembut. Kemudian menggunakannya sebagai masker rambut. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi rambut bercabang. Bagaimana, apakah kalian tertarik mencoba?

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com