Tak Perlu Mahal, Ini 9 Makanan Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh yang Bisa Dikonsumsi

Nurul Wahida| Sabtu, 01 Agustus 2020 12:11 WIB
Nurul Wahida | Sabtu, 01 Agustus 2020 12:11

Kapanlagi.com - Secara tidak sadar tubuh menerima banyak racun dari berbagai aktivitas harian yang sering dilakukan. Mulai dari paparan zat kimia, polusi, ataupun gaya hidup tak sehat lainnya hingga akibatkan penumpukan racun. Namun jangan khawatir sebab ada makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bisa dikonsumsi untuk menetralisir racun tersebut.

Detoksifikasi merupakan proses yang perlu dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sebab, penumpukan racun tersebut bisa mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan tertentu hingga memengaruhi fungsi tubuh.

Diantara cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun atau detoksifikasi tubuh seperti puasa, olahraga, mengubah gaya hidup sehat, istirahat cukup, serta asupan nutrisi sehat yang terpenuhi. Sebab beberapa cara tersebut bisa mendorong dan mendukung pengeluaran racun dalam tubuh secara alami. Dalam hal ini pastinya ada sejumlah makanan yang diklaim dapat digunakan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh.

Lalu apa saja makanan detoksifikasi racun dalam tubuh?

Adapun makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bisa dikonsumsi terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. sehingga dengan mengetahui makanan detoksifikasi racun dalam tubuh tersebut bisa jadi referensi untuk program hidup sehat agar terhindar dari penumpukan racun. Berikut ini makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bersumber dari eatthis.com, foodrevolution.org, dan merdeka.com.

1 Dari 9 Halaman

1. Lemon

Lemon (credit: freepik.com)
Lemon termasuk salah satu jenis makanan detoksifikasi dalam tubuh yang bisa dikonsumsi. sebab kandungan dalam buah ini memberikan manfaat yang baik bagi tubuh termasuk kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Mengutip dari foodrevolution.org berdasarkan Journal of Medicinal Food menemukan bahwa asam sitrat dalam lemon dapat melindungi fungsi hati dan mencegah stres oksidatif. Untuk mendapatkan khasiat dari lemon ini cukup mudah yakni hanya dengan mengonsumsi air lemon sesuai dengan kebutuhan sekaligus olahraga dapat membantu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit.

2 dari 9 halaman

2. Kunyit

Kunyit (credit: freepik.com)
Makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah kunyit. Dimana kunyit sendiri termasuk jenis jamu-jamuan yang cukup populer di Indonesia. Kandungan nutrisi dalam kunyit disinyalir kuat bisa memberikan manfaat pada tubuh termasuk menyehatkannya.

Sebab dalam kunyit memiliki senyawa yang disebut curcumin yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan mencegah sejumlah masalah kesehatan. Sehingga proses detoksifikasi tubuh dapat terbantu dengan mengonsumsi kunyit sebagai minuman ataupun ditambah pada menu makanan tertentu.

3 dari 9 halaman

3. Alpukat

Alpukat (credit: freepik.com)
Makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bisa dikonsumsi selanjutnya adalah buah alpukat. Buah ini sendiri diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Diantara kandungan nutrisi dalam buah alpukat seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B, serat, mineral, kalium dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi tubuh. bahkan dalam sebuah penelitian yang dikutip dari foodrevolution.org dari Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa asam lemak dalam alpukat bisa membantu melindungi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh dglactosamine sejenis racun yang menyerang tubuh.

4 dari 9 halaman

4. Buah Bit

Buah Bit (credit: freepik.com)
Makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bisa dikonsumsi juga dapat berasal dari buah bit. Buah bit mengandung antioksidan cukup tinggi yang bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat. Antioksidan tersebut diketahui bernama betalains yang bisa mencegah kerusakan termasuk membantu proses detoksifikasi yang dilakukan hati dan ginjal.

Sehingga buah bit termasuk makanan yang bisa menjaga tubuh tetap sehat dan mempercepat pengeluaran racun karena kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu buah bit juga memiliki vitamin C serat protein, karbohidrat yang bermanfaat juga bagi tubuh.

5 dari 9 halaman

5. Tomat

Tomat (credit: freepik.com)
Tomat termasuk salah satu jenis bahan makanan sekaligus buah yang kerap digunakan dalam sejumlah resep serta minuman tertentu. Tak hanya enak dikonsumsi, tomat juga mengandung cukup banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.

Berdasarkan kandungannya, tomat memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang mampu menangkal radikal bebas termasuk mencegah kerusakan kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan Brtisih Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa mengonsumsi lima sendok makan tomat setiap hari memiliki perlindungan 33 persen lebih tinggi dari sengatan matahari. Penelitian ini diuji coba pada sejumlah partisipan.

6 dari 9 halaman

6. Teh Hijau

Teh Hijau (credit: freepik.com)
Makanan detoksifikasi racun dalam tubuh lainnya yang juga memberikan manfaat serupa yakni teh hijau. Dimana kandungan antioksidan dalam teh hijau diketahui cukup tinggi dan mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Termasuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas hingga menyebabkan penuaan dini termasuk penyakit degeneratif. Selain itu sebuah penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan enzim detoksifikasi yang berperan besar untuk pencegahan kanker.

7 dari 9 halaman

7. Bawang Putih

Bawang Putih (credit: freepik.com)
Aroma khas bawang putih memang begitu menyengat dan sangat menggugah selera saat digunakan dalam sejumlah resep makanan. Namun di balik kenikmatannya tersebut bawang putih tergolong salah satu jenis makanan yang bisa membantu detoksifikasi racun dalam tubuh. Sebab kandungan dalam bawang putih bisa menghambat aktivasi karsinogen serta meningkatkan detoksifikasi hingga menjaga tubuh tetap sehat dan terlindungi.
8 dari 9 halaman

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran Berdaun Hijau (credit: freepik.com)
Sayur dan buah memang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. termasuk untuk membantu pengeluaran racun atau proses detoksifikasi hingga menjaga tubuh tetap sehat. Dalam hal ini sayuran berdaun hijau tergolong sayur yang mampu membantu proses detoksifikasi tersebut. Diantara sayur yang bisa memberikan manfaat tersebut seperti bayam, kubis dan brokoli yang diklaim menjadi jenis teratas untuk membantu proses detoksifikasi.
9 dari 9 halaman

9. Jahe

Jahe (credit: freepik.com)
Jahe yang kerap dijadikan sebagai minuman hangat ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi dan mampu membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. selain itu dalam jahe mengandung senyawa phytochemical yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Jahe juga dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif, punya efek anti inflamasi serta anti kanker yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan fit.

Nah itulah 9 makanan detoksifikasi racun dalam tubuh yang bisa dikonsumsi. Tentunya cukup mudah dan terjangkau bukan untuk menjaga tubuh tetap sehat serta terbebas dari penumpukan racun. Selain menjaga asupan makanan, diperlukan juga aktivitas olahraga, istirahat cukup serta gaya hidup sehat lainnya agar mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com