Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

TB Warriors, Permainan Edukatif Untuk Mencegah Penularan Penyakit Tuberkulosis

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 03 September 2022 14:50 WIB
TB Warriors, Permainan Edukatif Untuk Mencegah Penularan Penyakit Tuberkulosis

Kapanlagi.com - Pada tahun 2022 ini, Johnson & Johnson (J&J) Global Public Health di Asia Tenggara meluncurkan kampanye 'United Against TB' yang merupakan sebuah kampanye regional untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit Tuberkulosis (TBC atau TB) di negara-negara prioritas, salah satunya Indonesia.

"Indonesia saat ini menduduki peringkat tiga besar negara dengan jumlah penderita tuberkulosis tertinggi di dunia," ujar Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia saat Media Briefing and Casual Talk: TB Warriors, Jumat (2/9).

1. Berperan Aktif dalam Program Pemberantasan TBC

Gambar

Sejak tahun 2015, PT Johnson & Johnson Indonesia telah terlibat dan turut berperan aktif dalam program pemberantasan TBC yang berfokus pada tiga hal, yaitu edukasi dan peningkatan kesadaran publik, peningkatan kapasitas dan terkait dengan akses terhadap diagnosa dan perawatan.

"Sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan global, Tuberkulosis merupakan salah satu fokus utama kami dalam hal perbaikan kesehatan masyarakat. Kami senantiasa mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran dan mengajak peran serta masyarakat untuk mencegah penyakit TBC, sehingga dapat mewujudkan Eliminasi TBC 2030 di Indonesia," papar Devy Yheanne.

2. Ajak Generasi Muda

Gambar

Pada 24 Maret 2022, PT Johnson & Johnson Indonesia pun secara resmi meluncurkan program TB Warriors yang melibatkan generasi muda untuk ikut mendukung upaya penanggulangan penyakit TBC di Indonesia.

"Kampanye utama ini meluncurkan suatu gerakan yang memberdayakan generasi muda untuk mengakhiri Tuberkulosis. Mengingat generasi muda itu yang mengenai dampak TB secara tidak proporsional. Mereka membawa beban penyakit teberat karena mereka di usia yang produktif," jelas Devy Yheanne.

"Generasi muda merupakan kelompok yang rentan terkena dampak TBC secara tidak proporsional. Namun generasi muda juga dikenal memiliki jejaring sosial yang luas sehingga memiliki pengaruh yang luar biasa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," lanjutnya.

3. Permainan Edukatif TB Warriors

Gambar

TB Warriors merupakan permainan virtual yang diharapkan dapat menginspirasi dan secara tidak langsung mengubah perilaku generasi muda dalam menyikapi TBC di lingkungan mereka.

Dalam permainan ini para pemain ditantang untuk menemukan karakter pada gambar ilustrasi yang menunjukkan lokasi keramaian, dengan cara mencari dan menemukan 'karakter gambar' yang menunjukkan gejala TBC sebanyak-banyaknya dalam waktu secepat mungkin. Setelah berhasil menemukan semua karakter tersebut, pemain akan mendapatkan akses menuju informasi terkait edukasi lebih lanjut mengenai TBC dan gejalanya.

"Permainan TB Warriors yang bersifat edukatif ini lahir dari sejumlah ide tentang bagaimana gamifikasi telah terbukti menjadi salah satu alat persuasi yang kuat dalam mempengaruhi perilaku kesehatan terutama di kalangan generasi muda," pungkas Devy Yheanne.

Penasaran cara mainnya? Klik http://tbwarriors.com/id

(kpl/rhm/ssm)

Reporter:   Nuzulur Rakhmah

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com