8 Cara Cara Menghaluskan Tangan agar Tidak Kering, Mudah Dipraktikkan

Galuh Esti Nugraini| Sabtu, 04 April 2020 09:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 04 April 2020 09:22

Kapanlagi.com - Adanya virus corona covid-19, mencuci tangan menjadi sebuah kebiasaan baru. Dalam sehari, kalian pasti bisa mencuci tangan lebih dari lima kali. Tapi, tentu saja mencuci tangan terlalu sering bisa membuat tangan kering dan kasar. Jangan khawatir, ada cara menghaluskan tangan meski berkali-kali dicuci.

Mencuci tangan di saat ini menjadi penting, sebab ini merupakan cara paling sederhana untuk mencegah penularan virus corona covid-19. Alhasil, setiap orang disarankan untuk mencuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan, setelah dari toilet, dan setelah memegang benda yang biasa dipegang oleh banyak orang.

Sebenarnya selain mencuci tangan, kalian juga bisa menggunakan hand sanitizer. Namun, sama saja penggunaan hand sanitizer yang beralkohol juga bisa membuat kulit tangan jadi kering. Sehingga, tidak heran jika mulai banyak orang yang mencari cara menghaluskan tangan mereka.

Berikut ini beberapa cara menghaluskan tangan yang bisa kalian lakukan saat terlalu sering mencuci tangan seperti saat ini:

1 Dari 8 Halaman

1. Pakai Air Dingin Mengalir

Pakai Air Dingin Mengalir (credit: pixabay)
Selama ini, untuk mencuci tangan disarankan menggunakan air yang mengalir. Bukan tanpa alasan, sebab air yang mengalir akan membawa kotoran dan senyawa sabun yang menempel pada permukaan tangan.

Selain dengan air mengalir, sebaiknya kalian juga mencuci tangan kalian dengan menggunakan air dingin. Sebab, kulit tangan terutama bagian telapak merupakan salah satu bagian kulit yang sensitif. Penggunaan air bersuhu hangat atau panas bisa membuat minyak alami yang terdapat di tangan akan mengering.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang, cucilah tangan kalian dengan air dingin yang mengalir. Sebab ini merupakan cara menghaluskan tangan yang paling ampuh dan sederhana.

2 dari 8 halaman

2. Pilih Sabun yang Lembut

Setiap jenis sabun pasti mempunyai formula yang berbeda-beda. Sehingga efek yang diberikan setiap jenis atau merek sabun juga akan berbeda-beda. Sebagai contoh, dalam deterjen saja ada yang bisa memberi efek memutihkan, melembutkan, atau bahkan mengharumkan.

Begitu pula dengan sabun untuk cuci tangan. Terdapat beberapa jenis sabun yang mempunyai efek melembutkan. Nah, sebaiknya kalian memilih sabun dengan efek melembutkan ini. Sabun dengan efek melembutkan biasanya ditandai dengan kandungan pH-balanced. Terkadang, kandungan ini juga terdapat pada sabun dengan bahan ekstrak avocado dan aloe vera.

3. Minyak Zaitun

3 dari 8 halaman

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun (credit: pixabay)
Minyak zaitun selama ini sudah sering dimanfaatkan sebagai produk kecantikan alami. Berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan bisa didapatkan dari minyak herbal ini. Salah satunya untuk menghaluskan kulit. Apalagi, saat ini banyak dijual minyak zaitun dalam bentuk kemasan kecil yang lebih praktis dan ekonomis.

Jadi kalian bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu alternatif cara menghaluskan tangan. Caranya cukup mudah, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan kalian, setelah itu usapkan secara merata ke telapak dan punggung tangan.

4 dari 8 halaman

4. Pakai Pelembab

Pakai Pelembab (credit: pixabay)
Sesuai dengan namanya, pelembab memang sudah terbukti secara ampuh bisa menjaga kelembaban kulit. Menggunakan pelembab untuk tangan bisa dilakukan dalam dua cara.

Pertama, gunakan pelembab secara bersamaan dengan sabun saat mencuci tangan. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika kalian menggunakan jenis sabun cair saja.

Kedua, kalian bisa menggunakan pelembab setelah mencuci tangan. Caranya seperti saat menggunakan pelembab pada umumnya, yaitu tinggal dituang dan diratakan dengan cara diusapkan.

5 dari 8 halaman

5. Ganti Sabun dengan Hand Sanitizer Gel

Salah satu penyebab kulit kering setelah dicuci adalah penggunaan sabun yang tidak cocok. Jadi, jika mengalami kulit kering setelah cuci tangan, kalian bisa mencoba mengganti metode cuci tangan pakai sabun dengan menggunakan hand sanitizer berbentuk gel. Sebab, hand sanitizer gel cenderung lebih nyaman dan ramah di kulit daripada sabun atau hand sanitizer cair.
6 dari 8 halaman

6. Beralih Menggunakan Scrub Sederhana

Jika beralih menggunakan hand sanitizer tidak juga bisa membuat tangan kalian jadi lebih lembut dan terjaga kelembabannya. Kalian, bisa mencoba cara menghaluskan tangan yang satu ini.

Kalian bisa membersihkan tangan dengan menggunakan scrub sederhana. Scub ini bisa dibuat dengan mudah dengan menggunakan minyak zaitun dan gula. Caranya cukup dengan mencampurkan keduanya, lalu menggosok-gosokkan ke tangan secara merata selama 5-10 menit.

7 dari 8 halaman

7. Keringkan dengan Cara yang Benar

Keringkan dengan Cara yang Benar (credit: pixabay)
Ternyata, cara mengeringkan juga akan mempengaruhi tingkat kelembaban kulit tangan setelah dicuci. Cara yang paling tepat untuk mencuci tangan agar tetap lembab adalah dengan menggunakan tisu. Sebab, tisu mempunyai daya resap yang lebih baik daripada kain atau handuk.

Selain itu, tisu yang digunakan untuk mengeringkan juga lebih terjaga kebersihannya. Karena hanya bisa digunakan sekali pakai.

8 dari 8 halaman

8. Pakai Sarung Tangan

Pakai Sarung Tangan (credit: pixabay)
Apabila kondisi tangan kalian yang kering sudah cukup parah, ada baiknya kalian mulai menggunakan sarung tangan, terutama di malam hari ketika tidur.

Sebelum memakai sarung tangan, pakailah pelembab terlebih dahulu. Dengan begitu, efek pelembab akan bisa lebih lama, bahkan sampai di keesokan harinya. Jika dilakukan secara rutin, tidak menutup kemungkinan kulit tangan kalian bisa jadi lebih halus secara permanen.

Itulah 8 cara menghaluskan tangan. Kalian bisa mengikuti cara-cara di atas agar tangan kalian bisa lebih halus dan lembut meski sering dicuci.

 

(kpl/psp/gen)

Editor:  

Puput Saputro

Join Kapanlagi.com