Termasuk Cincin Tunangan Lady Diana, Ini Deretan Batu Safir Paling Terkenal di Dunia

Iwan Tantomi | Rabu, 14 September 2022 14:08 WIB
Termasuk Cincin Tunangan Lady Diana, Ini Deretan Batu Safir Paling Terkenal di Dunia

Kapanlagi.com - Nama mendiang Lady Diana mungkin tidaklah asing bagi sebagian orang. Semasa hidup, Princess of Wales yang juga ibu dari Pangeran William ini terkenal dengan penampilannya yang anggun dan elegan. Di samping pakaian yang modis ala bangsawan kerajaan, salah satu fashion item favorit Lady Diana yang juga memikat banyak pasang mata adalah cincin tunangannya.

Bukan sekadar cincin berlian biasa, melainkan cincin tunangan yang juga menggunakan batu safir. Berkat keindahan yang dipancarkannya, high quality jewellery milik Lady Diana itu pun menjadi salah satu perhiasan berlian paling terkenal di dunia. Nah, termasuk cincin tunangan Lady Diana, berikut deretan batu safir paling terkenal dunia. Bisa tebak apa saja?

Cincin Tunangan Lady Diana

Ilustrasi Cincin Tunangan Lady Diana via Shutterstock.comIlustrasi Cincin Tunangan Lady Diana via Shutterstock.com

Secara detail, cincin tunangan Lady Diana menggunakan batu safir berbentuk oval seberat 12 carat. Diamond ring tersebut semakin terlihat istimewa, karena juga dihiasi 14 batu berlian yang mengelilingi batu safir di bagian tengahnya.

Semula, perhiasan berlian tersebut sekadar dikenal sebagai cincin tunangan Lady Diana. Namun, karena Pangeran William ingin menghadirkan sosok Lady Diana di acara pernikahannya, ia pun akhirnya menggunakan cincin tersebut untuk melamar Kate Middleton sebagai istrinya.

Cincin tunangan Lady Diana itu pun kini sering terlihat dikenakan oleh Kate Middleton yang kini baru saja mendapat gelar sebagai Princess of Wales di berbagai kesempatan, khususnya pada acara kenegaraan.

Serendipity Sapphire

Ilustrasi Serendipity Sapphire via Shutterstock.comIlustrasi Serendipity Sapphire via Shutterstock.com

Tak kalah terkenal, ada Serendipity Sapphire yang ada di Sri Lanka. Di negara tersebut, terdapat tambang batu safir terbesar di dunia yang awalnya ditemukan secara tak sengaja di halaman belakang seorang pekerja laki-laki.

Awalnya, dia bermaksud menggali sumur di belakang rumahnya yang berlokasi di Ratnapura, Sri Lanka. Kawasan tersebut memang dikenal sebagai ladang batu permata.

Siapa sangka, ia justru menemukan sebuah batu permata berwarna biru pucat yang tembus pandang. Para ahli kemudian menaksir jika batu permata tersebut memiliki nilai jual hingga mencapai US$100 juta di pasar internasional.

Luar biasanya lagi, kawasan tersebut menyimpan batu safir seberat 510 kg atau sekitar 2,5 juta carat. Dari situ, tambang batu safir ini kemudian dijuluki sebagai Serendipity Sapphire.

Blue Belle of Asia

Ilustrasi Blue Belle of Asia via Shutterstock.comIlustrasi Blue Belle of Asia via Shutterstock.com

Batu safir lainnya yang juga begitu tersohor di dunia adalah Blue Belle of Asia. Liontin berlian ini begitu melegenda hingga dinobatkan sebagai salah satu yang paling mahal dalam sejarah batu permata dunia. Hal ini karena Blue Belle of Asia dibuat terbatas di masanya, dan kini dianggap sebagai artefak berharga.

Nilai sejarah yang tersimpan di balik Blue Belle of Asia pun semakin tinggi, karena perhiasan berlian istimewa ini awalnya dipesan untuk penobatan Ratu Elizabeth II, tetapi menghilang secara misterius selama 35 tahun lamanya. Setelah ditemukan kembali, Blue Belle of Asia berhasil memecahkan rekor penjualan batu safir termahal di dunia.

Dalam acara lelang yang dilangsungkan di Genewa, Swiss pada 2014, Blue Belle of Asia ditawar hingga US$ 17,3 juta. Blue Belle of Asia dipercaya sebagai batu safir terbesar keempat di dunia dengan berat 392 carat. Kalung berlian ini juga dianggap sebagai salah satu batu safir terbaik di dunia asal Ceylon, atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Sri Lanka.

Credit: MONDIAL Anniversary 2022, Pendant by MONDIALCredit: MONDIAL Anniversary 2022, Pendant by MONDIAL

Kabar baiknya, dalam rangka merayakan Anniversary-nya, #Mondial menghadirkan Azure Collection yang menggunakan batu safir. Desain perhiasan ini begitu mewah dan tidak kuno, serta melambangkan kemakmuran dan kekinian.

Mengusung gaya Art Deco, karakter desainnya mencerminkan konsep geometris yang begitu mengagumkan. Setiap sisi batu permata berwarna biru ini dibentuk secara presisi, hingga menghasilkan perhiasan berlian yang berhiaskan batu safir dengan potongan baguette yang indah.

Credit: MONDIAL Anniversary 2022, Ladies Ring by MONDIALCredit: MONDIAL Anniversary 2022, Ladies Ring by MONDIAL

Selain itu, #MondialAnniversary yang jatuh di bulan September ini sesuai pula dengan filosofi batu safir yang disebut sebagai September birthstone. Hasilnya, kamu tak hanya tampil modis dan elegan, tetapi juga bisa dengan bangga berkata #ImDifferent saat menggunakan Azure Collection dari MONDIAL. Sebab, batu safir juga melambangkan kemuliaan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan bagi pemakainya.

Adapun #AzureCollection dari MONDIAL ini juga menghadirkan beberapa macam perhiasan berlian, seperti anting berlian, cincin berlian, gelang berlian, liontin berlian dan kalung berlian.

Dapatkan koleksinya sekarang dengan mengunjungi butik-butik MONDIAL terdekat di kotamu. Jangan lupa mengunjungi website resmi MONDIAL, maupun akun Instagram @mondial agar tidak ketinggalan update terbaru koleksinya.

(kly/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Join Kapanlagi.com