Tersimpan Kesan di Balik Warna Pakaian Saat Wawancara Kerja

Stella Maris | Sabtu, 03 September 2022 10:39 WIB
Tersimpan Kesan di Balik Warna Pakaian Saat Wawancara Kerja

Kapanlagi.com - Setiap orang yang melamar pekerjaan, pasti menunggu waktu panggilan dari perusahaan tempat dia melamar. Ketika mendapat panggilan kerja, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan.

Mulai dari etika, cara berkomunikasi, mental, bahkan penampilan juga harus dipersiapkan dengan baik. Ya, kamu sebagai orang yang diwawancarai perlu memerhatikan segala sesuatunya dengan matang.

Jika berkaitan dengan cara berpenampilan, tentunya kamu harus memerhatikan apa yang dikenakan, bagaimana cara berdandan, hingga bahasa tubuh yang menggambarkan bahwa kamu adalah pilihan terbaik untuk perusahaan.

Namun sayangnya, salah satu aspek penting yang sering diabaikan dari kesan pertama orang yang diwawancarai adalah warna pakaian. Laman Thebalancecareers menjelaskan bahwa warna pakaian dapat mengirimkan pesan bawah sadar kepada pewawancara tentang kepribadianmu.

Nah, buat kamu yang akan melakukan proses wawancara kerja, ada baiknya memerhatikan warna pakaian yang digunakan. Itu karena warna pakaian diketahui menggambarkan kepribadianmu.

Daftar Warna Pakaian
Penggunaan warna pakaian yang tepat bukan sekadar dapat menyampaikan kesan bahwa kamu adalah orang yang percaya diri, profesionalisme. Tapi juga untuk memberi kesan bahwa kamu punya kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.

Nah, untuk memunculkan kesan tersebut, cek daftar warna pakaian dan maknanya di bawah ini:

  • Merah : menggambarkan kekuatan, keberanian, tekad, gairah
  • Oranye : menggambarkan ekspresi, antusiasme, kasih sayang, kualitas
  • Hijau : menggambarkan ambisi, stabilitas, harmoni, energi
  • Biru : menggambarkan ketulusan, kejujuran, kepercayaan diri, kecerdasan
  • Ungu : menggambarkan kreativitas, kebijaksanaan, jeli, anggun
  • Hitam : menggambarkan kepemimpinan, kekuatan, keanggunan, formalitas
  • Cokelat : menggambarkan keandalan, keramahan, kesederhanaan, ketabahan
  • Abu-abu : menggambarkan analitis, independensi. Abu-abu gelap cenderung memiliki beberapa sifat yang sama dengan hitam, sedangkan abu-abu muda cenderung memiliki beberapa sifat yang sama dengan putih
  • Putih : menggambarkan terorganisir, cemerlang, kemungkinan, ketulusan

Nah, itulah deretan warna yang bisa kamu pilih saat wawancara kerja. Pilihlah warna yang tepat yang menggambarkan kepribadianmu ya! Jika kamu merasa perlu untuk membeli busana baru untuk proses wawancara kerja, nggak ada salahnya kok membeli pakaian baru.

(*)

(kpl/stl)

Editor :   Stella Maris

Join Kapanlagi.com