Tour de Bintan Punya Daya Tarik Global

Winda Carmelita | Rabu, 27 Februari 2019 14:00 WIB
Tour de Bintan Punya Daya Tarik Global

Kapanlagi.com - Tour de Bintan 2019 adalah event tahunan yang dimiliki Bintan, Kepulauan Riau. Namun, semakin lama daya tariknya semakin luar biasa. Terasa hingga mancanegara. Terlebih, event ini kembali dipercaya sebagai ajang kualifikasi kejuaraan balap sepeda tingkat dunia, UCI Gran Fondo. Imbasnya, Bintan semakin dikenal luas, termasuk oleh warga negara asing.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Wan Rudy, Tour de Bintan akan digelar pada tiga hari di akhir bulan Maret. Meski menjadi ajang kualifikasi UCI Gran Fondo, kegiatan ini tetap terbuka untuk umum. Baik laki-laki maupun perempuan, dengan usia minimal 16.

Tour de Bintan akan digelar pada 29-31 Maret nanti. Event ini menjadi salah satu daya tarik pecinta sepeda di seluruh dunia, sehingga diprediksi makin banyak wisman yang ikut pada kegiatan itu. Antara lain dari Inggris, Jepang dan Australia, ujarnya, Selasa (50/2).

Tour de Bintan diselenggarakan oleh MetaSport, dan menjadikan Bintan Lagoon Resort sebagai official host. Resort yang indah ini akan menyajikan pameran pra balapan, dinner tour pada Sabtu malam, dan kegiatan lainnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengaku bersyukur karena Tour de Bintan terpilih menjadi salah satu event dalam UCI Gran Fondo. Baginya ini sangat menarik, mengingat hanya ada dua event di Asia dan 21 event di dunia yang merupakan bagian dari seri dunia UCI Gran Fondo.

Menjadi bagian dari UCI Gran Fondo jelas memberi keuntungan tersendiri Bintan. Sebab, akan ada banyak pesepeda asal mancanegara yang datang. Diprediksi akan ada 1.800 pengunjung yang menyaksikan keseruan Tour de Bintan. Termasuk target 1.200 peserta dari 23 negara yang mewakili 42 kewarganegaraan, jelasnya.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, peserta akan mendapat keuntungan dobel dari ajang ini. Selain bisa mengukir prestasi, mereka juga dapat menikmati keindahan alam dengan jalan-jalan yang ditata lebih baik, serta sejumlah resort kelas internasional yang mengagumkan.

Acara tiga hari ini adalah tour lengkap dari pulau tropis dengan jalan-jalan pantainya yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun, dan desa-desa yang semarak berbaris di jalan-jalan untuk menyaksikan kecepatan dan warna-warni peserta, ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, kegiatan ini hanyalah satu dari sekian banyak event pariwisata yang ada di Bintan. Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan ke daerah ini mengalami peningkatan. Ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat. Rasanya tak berlebihan jika target kunjungan wisman pun dinaikkan.

Kita optimis, Bintan mampu mendatangkan 700 ribu wisman. Untuk merealisasikan target tersebut, harus diikuti kesiapan 3A. Yaitu akses, atraksi, dan amenitas. Saya lihat, Bintan sudah memiliki semua itu, tegasnya.

(kpl/wnd)

Editor :  

Winda Carmelita

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com