Tularkan Hidup Sehat Saat Pandemi, Yoga Jadi Alternatif Olahraga yang Tenangkan Tubuh

Editor KapanLagi.com | Selasa, 12 Januari 2021 08:33 WIB
Tularkan Hidup Sehat Saat Pandemi, Yoga Jadi Alternatif Olahraga yang Tenangkan Tubuh

Kapanlagi.com - Terhitung hampir satu tahun sejak pandemi covid-19 memasuki Indonesia, hingga saat ini jumlah orang terpapar virus tak kunjung mengalami penurunan. Mengingat pandemi virus covid-19 masih melonjak tinggi, itu artinya setiap orang pun juga berisiko terpapar virus mematikan tersebut. Mau tidak mau, menjaga kesehatan tubuh salah satu cara yang harus selalu diterapkan. Terlebih di masa adaptasi kebiasaan baru ini, kegiatan fisik menjadi kegiatan yang digaungkan oleh kebanyakan orang. Tak heran jika antusias masyarakat terhadap olahraga meningkat signifikan. Tak hanya bersepeda, jika menilik tren olahraga yoga juga tak kalah populernya.

Rupanya, olahraga yoga tidak hanya disukai para publik figur saja, banyak masyarakat yang memilih yoga untuk menyehatkan badan dan menghilangkan stres. Arum Safitri, salah satu instruktur yoga menuturkan bahwa minat yoga di kala pandemi justru meningkat lantaran yoga menjadi salah satu olahraga yang aman serta memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, ia juga harus kebanjiran murid yang semakin hari makin sadar pentingnya kesehatan yang menjadi aset terpenting itu.

 

1. Yoga Jadi Alternatif Saat Pandemi

Jauh sebelum pandemi covid-19, Arum sudah lebih dulu memulai hidup sehat dengan menekuni olahraga yoga. Hampir dua tahun menekuni yoga, gadis muslimah tersebut berhasil meraih impiannya menjadi instruktur yoga. Meski di tahun 2020 dihadapkan dengan ragam persoalan yang luar biasa lantaran ujian keprihatinan covid-19, hal tersebut tak menghalangi perempuan berusia 22 tahun tersebut untuk terus menerus menularkan hidup sehat dengan melakukan yoga.

Ya, sejak pandemi Arum kebanjiran murid yang tertarik untuk mengikuti yoga. Bahkan, kelas privat yoga menjadi pilihan demi mendapatkan tubuh yang sehat serta olahraga yang aman. Bukan tanpa alasan, sebab yoga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan tubuh dan pikiran dari sejumlah efek samping karena adanya pandemi covid-19.

Selain itu, kesehatan mental juga sangat penting untuk melewati masa-masa sulit seperti ini. Oleh sebabnya, yoga juga bisa membantu untuk menenangkannya sehingga mengurangi gejala kecemasan.

Disebutkan pula oleh Arum, jika ia kebanjiran murid untuk mengikuti les yoga secara privat lantaran menjadi salah satu olahraga yang aman di tengah pandemi.

"Kalau pas pandemi gini bisa dibilang minat seseorang yang ingin berolah raga jadi meningkat karena orang-orang tentu ingin hidup sehat tapi ketika dilakukan juga aman. Aku sih kebanyakan menerimanya les privat ya, jadi aku yang datang ke rumah mereka," ucap Arum.

Meski di tengah pandemi, ia juga menerapkan les privat yang maksimal hanya 5 orang untuk tetap melakukan protokol kesehatan yang tepat.

2. Sehat Luar Dalam dengan Olahraga Yoga

Selama ini mungkin sebagian orang akan menganggap jika aktivitas yoga tidak termasuk olahraga lantaran tidak aktif bergerak. Padahal, yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa membuat tubuh bergerak secara maksimal. Itulah mengapa tren yoga di tengah pandemi semakin booming karena dapat menyehatkan badan dan menghilangkan stres.

Sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak saat pandemi, rupanya yoga menjadi olahraga yang tepat untuk dipilih. Yoga sendiri tidak membutuhkan banyak ruang dan tidak memerlukan banyak alat. Jadi, yoga bisa dikatakan olahraga yang praktis. Disebutkan pula oleh Arum jika dirinya mulai berbangga hati banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan dengan mengikuti rangkaian yoga yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

"Sehat itu merupakan aset terpenting dalam tubuh. Jadi ketika seseorang sudah mau berolahraga, berarti mereka sudah memiliki rasa peduli yang besar pada tubuh. Selain itu, tujuan utama dari yoga juga tidak hanya fisik saja, akan tetapi juga kekuatan spiritual dan mental seseorang," jelasnya.

Terlebih di masa pandemi seseorang banyak yang dilanda stres dan kecemasan lantaran adanya perubahan di masa new normal ini.

Perempuan yang pernah menyandang The Best Muslimah Model ini juga menjelaskan bahwa yoga merupakan olahraga yang menyehatkan luar dan dalam pada tubuh seseorang. Bisa dibilang, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

3. Ragam Manfaat Olahraga Yoga

Sudah bukan jadi rahasia umum jika olahraga yoga menawarkan segudang manfaat yang sayang sekali untuk dilewatkan. Bisa dibilang, ketika kalian ingin bergabung untuk mengikuti privat yoga, Arum pun mengungkapkan hanya dengan 50 ribu rupiah saja sudah bisa mengikuti privat yoga.

Arum juga menjelaskan jika ada beragam manfaat yang ditawarkan ketika mengikuti kelas yoga. Pada kesempatan itu, Arum menceritakan ada banyak manfaat yang diperoleh para muridnya ketika melakukan yoga.

"Kalau membahas tentang manfaat yoga, sebenarnya banyak sekali ragamnya. Kebanyakan murid aku yang ikut yoga itu untuk diet, skoliosis atau memperbaiki postur tubuh, terlebih di masa pandemi ini banyak orang yang mendapatkan ketenangan hati saat yoga melalui meditasi setiap seasonnya," jelas Arum.

Selain itu, Arum juga membuat orang sadar kalau ia ternyata bisa melakukan hal-hal baru di luar nalar.

"Seiring berjalannya waktu mengikuti yoga, ternyata mereka bisa melakukan gerakan yang kalau dilihat begitu sulit," lanjutnya.

Selain itu, ragam manfaat lainnya yang diperoleh dari yoga seperti melatih otot, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, meningkatkan kualitas tidur hingga memperbaiki mood.

4. Yoga tak Sekedar Tren Kala Pandemi

Memasuki adaptasi kebiasaan baru, kini banyak orang yang lebih mengenal yoga sebagai salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan. Ini lantas memantik rasa ingin tahu. Apakah situasi tersebut terbangun karena kesadaran masyarakat untuk lebih giat berolahraga atau sekadar latah mengikuti tren?

Sejauh ini yoga cenderung lebih aman karena dapat dilakukan di dalam rumah. Olahraga ini juga tidak hanya berdampak bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu menghilangkan stres terutama di kondisi pandemi saat ini.

Dalam kesempatan ini pula, Arum berharap jika yoga tak hanya sekedar tren di kala pandemi. Penyabet gelar Duta Keistimewaan DIY ini juga berharap dengan adanya pandemi ini ia terus berusaha untuk menularkan hidup sehat terutama di media sosial supaya banyak orang yang kemudian tergerak untuk menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan yoga.

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Join Kapanlagi.com