Uangnya Tak Punya Nomor Seri, 4 Orang Kaya Indonesia Ini Miliki Bank, Mall & Properti

Sanjaya Ferryanto | Selasa, 09 Juli 2019 09:47 WIB
Sanjaya Ferryanto | Selasa, 09 Juli 2019 09:47

Kapanlagi.com - Indonesia sebenarnya memiliki banyak orang yang tajir melintir. Mereka ini memiliki gurita bisnis yang sangat besar. Semua bisnisnya tersebut semakin menambah pundi-pundi kekayaan orang-orang ini.

Siapa saja sih mereka? Dilansir dari Merdeka.com, kami rangkum 4 di antaranya. Simak deh.

1 Dari 4 Halaman

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono © Liputan 6
Kamu mungkin nggak kenal dengan Robert Budi Hartono, namun bisa jadi uangmu disimpan di bank miliknya, bahkan rokok yang ada di saku celanamu bisa jadi dari perusahaan miliknya. Ya, dirinya adalah pemilik Djarum dan juga pemegang saham terbesar di BCA.

Pada tahun 2012, Forbes mencatat kekayaan Robert sebesar 6,5 miliar dolar atau sekitar 91 triliun rupiah. Jumlah harta itu menempatkannya sebagai orang terkaya ke-146 sedunia.

Oh, satu lagi. Jika mungkin saat kamu membaca berita ini kamu sedang jalan-jalan di Grand Indonesia, itu punya Robert juga.

2 dari 4 halaman

2. Mochtar Riady

Mochtar Riady © Liputan 6
Kamu yang doyan ngemall harusnya kenal dengan sosok Mochtar Riady. Kalau di kotamu ada mall yang ada kata 'Lippo' di depan atau belakangnya, sudah bisa dipastikan itu milik Mochtar Riady.

Dirinya adalah bos Lippo Group, yang bisnis utamanya tentu saja adalah mall. Selain mall, dirinya juga mendirikan hotel bintang lima bernama Hotel Aryaduta.

Selain itu, dirinya adalah pemilik dari bank Nobu. Mochtar Riady masuk ke dalam deretan orang terkaya Indonesia, dengan total kekayaan pada 2019 mencapai 2,2 miliar dolar atau sekitar 31 triliun rupiah.

3 dari 4 halaman

3. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja © Liputan 6
Walau telah tutup usia pada Januari 2019 lalu, namun nama Eka Tjipta Widjaja masih dikenal sebagai salah satu orang terkaya tanah air. Lagi jalan-jalan di Plaza Indonesia? Itu mall punya dia dong.

Dirinya juga adalah pemilik hotel Grand Hyatt di Indonesia. Selain itu, Eka juga memiliki bank Sinarmas yang didirikan pad atahun 1989 lalu.

Semua bisnis tersebut kini dikelola oleh anak-anaknya. Total kekayaan Eka mencapai 9,3 miliar dolar atau sekitar 133 triliun rupiah.

4 dari 4 halaman

4. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung © Liputan 6
Berangkat dari bos media televisi, Chairul Tanjung melebarkan sayapnya dengan berbisnis mall, perbankan bahkan taman bermain. Trans Studio selalu menjadi jujukan orang-orang yang ingin refreshing ke taman bermain, sementara Transmart hadir sebagai mall dengan segala kebutuhan di dalamnya.

CT sendiri masuk ke dalam deretan orang-orang terkaya tanah air. Pada 2019 kekayaannya mencapai 4 miliar dolar atau sekitar 56 triliun rupiah.

(kpl/frs)


Editor:  

Sanjaya Ferryanto

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com