ADVERTORIAL

UMKM Kalsel Go Digital, Langkah Survive di Tengah Pandemi Lewat Layanan IDexpress yang Optimal

Wuri Anggarini | Selasa, 02 Maret 2021 20:00 WIB
UMKM Kalsel Go Digital, Langkah Survive di Tengah Pandemi Lewat Layanan IDexpress yang Optimal

Kapanlagi.com - Dampak pandemi di sektor ekonomi memang masih sangat terasa, apalagi buat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Masih banyak UMKM di berbagai daerah tanah air yang mengandalkan penjualan secara offline atau tatap muka seperti yang terjadi di daerah Kalimantan Selatan. Pembatasan sosial yang terjadi pastinya mempengaruhi kondisi usaha mereka.

Kondisi saat ini memang serba nggak pasti. That's why penting banget kolaborasi dengan berbagai pihak agar bisa tetap bertahan dan memperbaiki kondisi perekonomian. Digitalisasi dan layanan ekspedisi yang optimal jadi dua faktor penting, lho!

Peluang UMKM Kalsel Survive: Go Digital

Credit: IDexpress IndonesiaCredit: IDexpress Indonesia

Mengintip kondisi UMKM di Kalimantan Selatan, ada sekitar 32.200 UMKM di Banjarmasin yang terkena dampak Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Sojuangan Hutauruk, Plt Sekretaris Dinas UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin di bulan November 2020 lalu.

Dampak yang ada memang bisa dibilang cukup besar karena UMKM di Kalsel masih bergantung pada penjualan offline atau konvensional. Tapi, masih ada peluang UMKM keluar dari kondisi ini terlebih dulu, kuncinya adalah perkembangan digital.

Dukungan Layanan Ekspedisi Itu Penting

Penggunaan internet sudah jauh lebih berkembang di berbagai daerah, nggak terkecuali di Kalimantan Selatan. Hal ini bisa dimanfaatkan buat mengubah kebiasaan belanja yang tadinya konvensional jadi serba digital. Perubahan ini juga perlu didukung dengan layanan ekspedisi yang optimal demi melancarkan arus distribusi barang untuk masyarakat.

Dukungan inilah yang diberikan oleh IDexpress Indonesia untuk UMKM yang ada di Kalimantan Selatan. Selain membuka gerai Flagship yang diresmikan pada Jumat (26/02/2021) lalu, IDexpress Indonesia juga menyebarkan jaringan gerai ke seluruh pelosok Kalimantan.

Credit: IDexpress IndonesiaCredit: IDexpress Indonesia

"Beruntung, UMKM memiliki peluang lebih besar untuk keluar lebih dahulu dari tantangan pandemi. Jika seluruh pelaku usaha menyadari justru peluang terbesar datang dari sektor UMKM dengan catatan jika pelaku usaha mampu memanfaatkan perkembangan digital saat ini, saya optimis UMKM Kalimantan Selatan akan sangat berkembang," tutur Robert, General Manager untuk Kalimantan Selatan.

"Pemasaran produk melalui digital menjadi opsi yang harus dilakukan agar bisa bertahan dalam tantangan pandemi dan persaingan terhadap produk asing yang semakin gencar," tambahnya.

Robert juga mengungkapkan bahwa IDexpress sebagai jasa ekspedisi akan fokus membantu pemulihan UMKM Kalsel melalui pelayanan optimal berupa tarif pengiriman yang ekonomis, proses pengiriman yang berlangsung selama 24 jam 365 hari, layanan gratis pick up bagi pelanggan tanpa minimal jumlah paket dan memfasilitasi gerai IDexpress sebagai drop off point yang nyaman dan mudah diakses karena jaringan yang sudah tersebar di berbagai titik di Kalimantan.

Jadi Kepercayaan Ratusan Seller di Banjarmasin

Credit: IDexpress IndonesiaCredit: IDexpress Indonesia

Kelancaran proses pengiriman paket untuk mendukung pemulihan UMKM Kalsel dapat tercapai adalah hal yang saat ini menjadi fokus untuk direalisasikan.

"Data kami saat ini sudah ada ratusan seller di Banjarmasin yang mempercayakan IDexpress sebagai partner pengiriman resmi toko mereka. Kami akan terus menjaga komitmen yang sudah diberikan untuk selalu berinovasi dan mengoptimalkan pelayanan melalui tarif menu layanan yang terjangkau bagi pelanggan," ungkap Robert.

IDexpress Kalimantan sendiri sudah berhasil mencatat pertumbuhan volume pengiriman paket yang signifikan setiap bulannya. Meskipun masih di usia yang relatif muda, nyatanya IDexpress mampu membangun jaringan signifikan setiap bulan dengan memastikan pengiriman tidak hanya menjangkau kota besar, tapi hingga ke pelosok Indonesia.

Infrastruktur yang nyaman dengan gerai standar khusus adalah hal yang berusaha disajikan IDexpress untuk para konsumen. Misalnya gerai ber-AC seperti yang ada di Gerai Flagship Banjarmasin, Jalan Hasan Basri No 26A Banjarmasin Utara.

"Masyarakat sudah tahu kalau tarif pengiriman kita sangat ekonomis, selain itu, untuk mereka yang ingin melakukan drop off paket, kita juga sediakan tempat yang nyaman dengan ruang tunggu yang luas. Gerai Flagship memang sengaja kami ciptakan untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Pengalaman baru bagi para pelanggan," ungkapnya kembali.

Tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang layanan IDexpress Indonesia? Langsung saja follow Instagram @idexpress_indonesia dan kunjungi website resmi IDexpress Indonesia.

(kly/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com