Unik, Kemenpar dan Grab Luncurkan GrabBajay di Museum Bank Indonesia Jakarta

Ayu Miranti | Selasa, 25 Juni 2019 10:51 WIB
Unik, Kemenpar dan Grab Luncurkan GrabBajay di Museum Bank Indonesia Jakarta

Kapanlagi.com - Setuju nggak sih jika setiap destinasi wisata punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi setiap wisatawan? Begitu juga dengan Jakarta yang punya alat transportasi ikonik berupa bajaj. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Grab Indonesia menjalin kerjasama Co-Branding yang tujuannya mempromosikan destinasi wisata DKI Jakarta.

Menteri Pariwisata (Menpar Arief Yahya) resmi meluncurkan layanan GrabBajay di Museum Bank Indonesia, Kota Tua, Jakarta, Senin (24/6). Selain Menpar, acara dihadiri President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dan Plt. Dishub Jakarta Bapak Sigit Wijatmoko.

Menpar mengatakan, GrabBajay merupakan terobosan transportasi umum. Grab cocok ditujukan untuk wisatawan karena wisatawan suka sesuatu yang ikonik. Seperti Tuktuk di Thailand, atau Jeepney di Filipina. Bajaj merupakan Ikon Jakarta, sudah ada sejak lama dari tahun 1970an.

"GrabBajay juga menyesuaikan perkembangan jaman. Sebab para pelanggan sudah sangat melek digital, khususnya generasi milenial. Dengan aplikasi GrabBajay, para pengemudi dapat menerima orderan lebih mudah sehingga meningkatkan pendapatan," ujar Menpar Arief Yahya.

Karena layanan GrabBajay ditujukan untuk wisatawan, Menpar berharap para pengemudi Bajaj mendapatkan training tentang destinasi wisata di Jakarta.

"Kemenpar akan membantu pelatihannya. Pengemudi GrabBajay menjadi Duta Wisata," kata mantan Dirut Telkom ini.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, luasnya jangkauan Grab yang tersebar di 8 negara Asia Tenggara. Meliputi Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Dengan luasan itu, akan membantu menarik kunjungan wisatawan ke Indonesia melalui beragam program promosi interaktif.

Grab juga telah melakukan Co-branding Wonderful Indonesia di berbagai layanan, konten informasi, dan promosi interaktif yang berkaitan dengan destinasi wisata Tanah Air melalui tersedianya platform Grab termasuk Sewa GrabCar, GrabDaily, GrabFood, dan GrabRewards, kata Menpar Arief Yahya.

Menpar menyampaikan melalui Co Branding Partnership antara Grab dan Wonderful Indonesia ini, kedua brand akan saling menguatkan.

Wonderful Indonesia merupakan brand yang kuat, terbukti dengan berbagai penghargaan internasional yang diterima. Jika brand WI disandingkan dengan Grab yang juga brand kuat, akan semakin membuat perkembangan bisnis dengan pesat," pungkas pria yang dinobatkan jadi Menteri Pariwisata Terbaik ASEAN ini.

President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menjelaskan, saat ini ada 60 mitra beroperasi. Mereka dilengkapi dengan seragam dan topi. Driver juga dibekali pelatihan mencakup keamanan, keselamatan dan penggunaan aplikasi.

"Dalam waktu dekat akan bertambah 40 orang menjadi 100 mitra dan akan terus bertambah," kata Ridzki.

Dia memaparkan, pemesanan GrabBajay dapat dilakukan di wilayah sekitar Kota Tua, ITC Mangga Dua, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Sawah Besar, dan Pasar Baroe. Wilayah tersebut dipilih karena dianggap pemukiman yang cukup padat beserta pusat kegiatan ekonomi dan pariwisata yang tinggi.

Dalam acara ini juga diluncurkan layanan Grab serupa yaitu GrabBentor di Medan dan GrabBentor di Gorontalo.

(*/ayu)

Editor :  

Ayu Miranti

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com