Usai Demo 22 Mei, Ini Update Jalan Ditutup Sampai Layanan KRL - Transjakarta

Tantri Dwi Rahmawati| Kamis, 23 Mei 2019 13:22 WIB
Tantri Dwi Rahmawati | Kamis, 23 Mei 2019 13:22

Kapanlagi.com - Demo 22 Mei di depan Kantor Bawaslu kemarin (22/5) membuat urusan transportasi di Jakarta jadi mengalami perubahan. Kebijakan itu diambil demi kondisi tetap aman bagi warga Jakarta.

Kini, demo sudah usai namun pengamanan masih terus dilakukan. Setidaknya di sekitar kantor Bawaslu masih terpasang rangkaian pagar kawat berduri. Selain itu sejumlah jalan juga terpantau masih ditutup. Demi lancarkan mobilitas KLovers, yuk pantau updatenya, intip juga update soal layanan transportasi umum di bawah!

1 Dari 3 Halaman

1. Stasiun Tanah Abang dan Palmerah

Stasiun Tanah Abang dan Palmerah KRL (Credit: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Masih bisa diingat Stasiun Tanah Abang kemarin (22/5) begitu mencekam. Bagaimana tidak, suara senapan gas air mata serta teriakan demonstran terdengar saling bersahutan. Terlebih lagi para penumpang yang hendak keluar stasiun juga harus tertahan.

Gara-gara itu semua, Stasiun Tanah Abang dan Palmerah harus ditutup. Kini demo sudah usai dan menurut Liputan6.com Stasiun Tanah Abang sudah beroperasi kembali. KLovers sudah bisa naik dan turun di stasiun itu.

2 dari 3 halaman

2. Ruas Jalan Ditutup

Demi transportasi ibukota tetap aman dan kondusif selama demo tergelar kemarin, rekayasa lalu lintas dilakukan. Namun kini pasca demo 22 Mei kemarin, pengamanan masih terus dilakukan serta jalanan masih ada yang ditutup.

Menurut akun resmi Dishub DKI Jakarta @atcs_jakarta, ruas jalan yang ditutup antara lain:
- Simpang Harmoni Ditutup
Arus lalu lintas dari arah utara dialihkan ke arah barat Jalan Juanda karena ada penutupan jalan di depan Gedung Setneg Jalan Majapahit.

- Simpang Sarinah ke Bundaran HI Ditutup

Di simpang Sarinah menuju bundaran HI masih ditutup dari Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Sabang, lalu lintas dialihkan ke arah Tugu Tani.

-Bundaran HI ke Jalan Merdeka Barat Ditutup
Dikutip dari akun resmi Polda Metro Jaya, @TMCpoldaMetro, Bundaran HI mengarah ke Jalan Merdeka Barat dan sebaliknya juga ditutup.

-Jalan Menuju ke DPR Ditutup
Jalan di sekitar Gedung DPR masih ditutup. Pantauan di lokasi, Jalan Lapangan Tembak Senayan, ruas jalan depan TVRI, dan ruas jalan depan gedung DPR menuju Slipi terpantau ditutup.

-Jalan ke Gedung KPU ditutup
Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, mulai dari Gedung Bappenas hingga menuju ke jalan depan Gedung KPU juga masih ditutup.

Sementara kondisi lalu lintas di Simpang Milenium dari Jati Baru mengarah ke Jalan Wahid Hasyim dan dari Kebon Kacang menuju Budi Kemuliaan menurut Liputan6.com ramai lancar. Lalu lintas lancar usai aksi 22 Mei 2019 juga terjadi di simpang Budi Kemuliaan dari arah Jalan Medan Merdeka Barat mengarah ke Abdul Muis.

3 dari 3 halaman

3. Layanan KRL, MRT, dan Transjakarta

Dilansir dari Merdeka.com, KRL sudah sudah beroperasi seperti biasa termasuk rute KRL loop line relasi Bogor/Depok/Nambo - Duri/Jatinegara PP juga kembali normal.

Sementara itu untuk TransJakarta, masih melakukan rekayasa di beberapa rute. Berikut informasinya seperti dikutip dari laman Twitter PT_TransJakarta:
1. Koridor 1: Blok M - Kota sementara mengalami pengalihan rute adanya kegiatan disekitar Bawaslu. Untuk sementara tidak melewati halte Bundaran HI sampai dengan halte Monas untuk kedua arah

2. Koridor 2: Harmoni - Pulogadung sementara mengalami pengalihan rute adanya kegiatan disekitar Balaikota. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir2.

3. Rute 6A: Ragunan - Monas via Kuningan sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Ragunan - Tosari via Semanggi dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

4. Rute 6B: Ragunan - Monas via Semanggi sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Ragunan - Tosari via Semanggi dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

5. Koridor 7: Kp.Rambutan - Kp.Melayu sementara mengalami pengalihan rute adanya penutupan jalan disekitar Jl Otto Iskandardinata. Untuk sementara tidak melewati Halte BNN sampai dengan Halte Bidara Cina untuk kedua arah.

6. Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit sementara mengalami pengalihan rute via tol untuk saat ini tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya Kegiatan di sekitar MPR/DPR.

7. Rute GR2: Tanah Abang Explorer sementara mengalami stop operasi dikarenakan adanya kegiatan di sekitar Bawaslu.

8. Rute GR1: Bundaran Senayan - Harmoni sementara mengalami stop operasi dikarenakan adanya kegiatan di sekitar Bawaslu.

9. Rute 5A: Kp Melayu - Grogol sementara mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Masjid Jami Matraman sampai dengan halte Monas.

10. Rute 4C: Tu Gas - Bundaran Senayan sementara mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu. Sementara tidak melewati pemberhentian KPU sampai dan pemberhentian Graha Mandiri.

11. Rute 4A: Tu Gas - Grogol 2 sementara mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu. Sementara tidak melewati pemberhentian KPU sampai dengan Halte Slipi Petamburan.

12. Rute 8K: Batu Sari - Tanah Abang sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Batu Sari - Pasar Tomas dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

13. Rute 1H: St.Gondangdia - Tanah Abang sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute St.Gondangdia - Sabang dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

14. Rute 5F: Kp.Melayu - Tanah Abang sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Kp.Melayu - Karet Bivak dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

15. Rute 1R: St.Senen - Tanah Abang sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute St.Senen - Danareksa dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

16. Rute 8C: Kebayoran Lama - Tanah Abang sementara mengalami stop operasi dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar St.Palmerah.

17. Rute 9E: Kebayoran Lama - Grogol 2 sementara mengalami stop operasi dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar St.Palmerah.

18. Rute 1B: St.Palmerah - Tosari sementara mengalami stop operasi dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar St.Palmerah dan kegiatan di kawasan MPR/DPR.

19. Rute 1F: St.Palmerah - Bundaran Senayan sementara mengalami stop operasi dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar St.Palmerah dan kegiatan di kawasan MPR/DPR.

20. Rute 1N: Blok M - Tanah Abang sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Blok M - Tosari dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

21. Rute DA2: Dukuh Atas - Tanah Abang sementara stop operasi dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

22. Rute Bus Wisata Jakarta Explorer sementara stop operasi dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

23. Rute 9D: Pasar Minggu - Tanah Abang sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Pasar Minggu - Tosari dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

24. Rute T11: Poris Plawad - Bundaran Senayan sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute Poris Plawad - Grogol2 dikarenakan adanya Kegiatan di sekitar MPR/DPR.

25. Rute 2A Kalideres - Pulogadung sementara mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya kegiatan disekitar Balaikota. Untuk saat ini tidak melewati Halte Monas s/d Halte Kwitang.

26. Rute 3F: Kalideres - Gelora Bung Karno sementara tidak beroperasi dikarenakan adanya Kegiatan di sekitar MPR/DPR.

27. Rute 1A: PIK - Balai Kota sementara mengalami perpendekan rute menjadi Rute PIK - Harmoni dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

28. Rute DA4: Dukuh Atas - Kota sementara stop operasi dikarenakan adanya kegiatan disekitar Bawaslu.

29. Koridor 1P: Senen - Bundaran Senayan sementara mengalami pengalihan rute adanya kegiatan disekitar Balaikota. Untuk sementara tidak melewati Halte Atrium sampai dengan Halte Tosari

30. Koridor 1P: Bundaran Senayan - Senen sementara mengalami pengalihan rute adanya kegiatan disekitar Balaikota. Untuk sementara tidak melewati Plang Bus Stop Plaza indonesia sampai dengan Plang Bus Stop Panti perwira.

Selain itu untuk MRT juga terdapat perubahan. Dilansir dari Merdeka.com, mulai pukul 8:30 MRT hanya akan melayani dari Stasiun Lebak Bulus Grab hingga Stasiun Dukuh Atas BNI atau melewati 12 stasiun MRT.

Layanan Stasiun MRT bawah tanah dimulai dari Stasiun Senayan sampai dengan Stasiun Dukuh Atas BNI kembali dibuka dari 08:30 pagi ini hingga update PT MRT Jakarta selanjutnya. Stasiun Bundaran HI saat ini masih ditutup.

(kpl/tdr)

 
Join Kapanlagi.com