Viral Hujan Batu di Purwokerto, 7 Rumah dan 1 Madrasah Ambruk

Tyssa Madelina  | Kamis, 10 Oktober 2019 10:57 WIB
Tyssa Madelina | Kamis, 10 Oktober 2019 10:57

Kapanlagi.com - Hujan batu menimpa sejumlah rumah dan bangunan sekolah di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat. Menurut kesaksian warga, kejadian tersebut berlangsung pada hari Selasa siang (8/9/2019). Batu-batu tersebut berjatuhan dari ketinggian 500 meter dan langsung menghantam pemukiman penduduk.

Hingga kini pihak Kepolisian Resor Purwakarta masih melakukan olah kejadian perkara. Namun diduga kuat kejadian itu terjadi akibat aktivitas pertambangan di dekat permukiman.

"Kemarin ketika dapat laporan ada kejadian itu dan akibat ledakan tersebut menimbulkan getaran batu turun dari gunung dan mengakibatkan 7 rumah rusak berat dan satu madrasah, kami melakukan penyelidikan ke sana saat ini untuk lokasi TKP sudah dilakukan police line," ujar Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian kepada Liputan6.com, Rabu (9/10/2019).

1 Dari 2 Halaman

1. Ada Kesalahan SOP

Saat melakukan pemeriksaan awal, polisi menemukan dugaan adanya kesalahan operasional yang tidak sesuai. Akibatnya, batu raksasa pun meledak dan menghujani pemukiman warga.

"Sejak kemarin kejadian kami langsung melakukan penyelidikan, sampai saat ini dugaan kami adalah pihak perusahaan tidak menggunakan SOP peledakkan blasting", kata Handreas.

2 dari 2 halaman

2. Tidak Ada Korban Jiwa

Tidak Ada Korban Jiwa (credit: Liputan6.com)
Beruntung, dari insiden tersebut tidak ada korban jiwa lantaran pemilik rumah sedang berada di luar. Namun salah satu warga menyebutkan kalau kejadian tersebut sempat membuat sebagian orang panik.

"Kan ditambang pake dinamit udah biasa, tetapi tiba-tiba warga banyak berteriak ada batu besar dari atas," kata salah seorang warga, Asep.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com