Viral Mahasiswi Wisuda Pakai Jaket Ojek Online, Kisahnya Inspiratif!

Guntur Merdekawan | Kamis, 08 Agustus 2019 11:55 WIB
Guntur Merdekawan | Kamis, 08 Agustus 2019 11:55

Kapanlagi.com - Meraih gelar Sarjana Hukum di sebuah universitas bukanlah hal remeh dan mudah, terlebih di Universitas Diponegoro Semarang. Mitosnya, jurusan Hukum dan Masyarakat di sana begitu dihindari oleh para calon mahasiswa karena saking sulitnya. Belum lagi fakta-fakta jika mereka yang mengambil jurusan itu selalu telat lulus dalam waktu yang lama.

Mitos itu tak lantas meruntuhkan keteguhan hati seorang gadis bernama Leony Sondang Suryani. Berbekal niatan dan keinginan serius, Leony menentukan pilihannya untuk masuk Fakultas Hukum ketika mendaftar di Universitas Diponegoro.

Singkat cerita, Leony sukses mematahkan 'kutukan' jurusan Humas yang tersemat di Undip. Ia lulus tepat waktu, bahkan dengan nilai Cum Laude. Kisah fantastis dari Leony tak cuma sampai situ saja loh. Berbagai fakta mengenai perjuangan kuliahnya begitu menginspirasi hingga sosoknya jadi viral di media sosial saat ini.

1 Dari 3 Halaman

1. Driver Ojek Online

Driver Ojek Online © Twitter/gizayeolsung
Kisah Leony awalnya viral di Twitter setelah diposting oleh seorang seniornya di fakultas hukum dengan nama akun Twitter @gizayeolsung. Sang senior mengunggah foto dari Lele, panggilan akrab Leony ketika wisuda mengenakan jaket ojek online.

Dari penuturan akun tersebut, Leony sudah bekerja sampingan sebagai driver ojek online sejak semester 5. Hal itu dilakukannya demi membiayai keluarga, karena sang ayah sempat sakit, lalu adiknya juga akan masuk bangku sekolah.

Membuang rasa gengsinya, Lele menjalani pekerjaan ojek online dengan sepenuh hati. Walhasil, sosoknya begitu disayangi oleh kolega-kolega driver lain yang bahkan menyempatkan diri untuk datang ke momen wisudanya.

2 dari 3 halaman

2. Berprestasi di Bidang Debat

Berprestasi di Bidang Debat © Twitter/gizayeolsung
Sang senior lantas membuat sebuah thread panjang seputar kisah inspiratif dari Lele lainnya. Tak sekedar kuliah sambil nggojek, Lele rupanya juga aktif mengikuti kegiatan debat di kampus.

Lagi-lagi, LeLe tak melakukan hobinya itu setengah hati. Saking seringnya latihan, LeLe akhirnya jadi sangat handal dalam hal berdebat. Ia bahkan sering dikirim untuk mengikuti lomba mewakili kampusnya, lalu pulang dengan membawa piala kemenangan. Sungguh dedikasi yang luar biasa.

Sang senior begitu terkesan dengan dedikasi Lele dalam membagi waktu. Menurutnya, juniornya itu melakukan 3 hal sekaligus secara 100%, sebuah hal yang mungkin cuma bisa dilakukan oleh 1% orang saja dari jutaan mahasiswa di seluruh Indonesia.

3 dari 3 halaman

3. Postingan Leony

Postingan Leony © Instagram/leony_panjaitan
Dikutip dari akun Instagram-nya, Leony juga sempat mencceritakan kisah perjuangannya secara panjang lebar sambil mengunggah foto wisuda saat dirinya mengenakan jaket ojek online. Berikut captionnya yang bikin hati terenyuh dan sungguh menginspirasi.

"Saya berpikir mana foto wisuda yang mau saya upload duluan, kemudian memutuskan memilih upload ini duluan. Ini saya, Leony Sondang Suryani, driver ojek online sejak masih kuliah semester 5 sampai sekarang lulus. Tiada henti-hentinya lidah ini mengucap syukur bisa ada di titik ini, yang saya sebagai manusia seringkali bertanya-tanya mungkinkah Leony Sondang Suryani bisa ada di titik ini? Puji Tuhan, Tuhan mengabulkan doa saya setiap malam ketika saya bilang, 'Tuhan saya nggak mau jalan yang mudah, saya mau kaki yang kuat untuk berjalan di jalan seperti apapun yang Tuhan kasih'.

Terlalu banyak suka duka saya selama perkuliahan. Dari ngengkol motor setiap pagi, lomba terooos, ngegojek siang bolong panas-panas, sampai akhirnya tangan saya yang belang karena panasnya ngegojek di Semarang ini tadi bisa salaman sama rektor. Jujur saya senang dan bersyukur sekali punya kehidupan ini. Bangga bisa ketemu sedulu-sedulur gojek dan bangga bisa mewujudkan cita-cita sederhana saya: Mau wisudaan pakai jaket gojek. Hahaha.

Terima kasih kepada Nadim Makariem karena menciptakan aplikasi yang membuat saya ketemu 'sedulur' yang membuat kehidupan mahasiswa saya sangat bermakna sekaligus melatih mental saya untuk menjadi perempuan tangguh. Hujan badai panas terik kuterjang demi lihat senyum customer.

Demikianlah, selanjutnya saya posting lagi foto tema wisuda tapi saat ini mau posting ini saja. Wkwkwk maaf jaketnya gede banget. INI BUKAN SAYA GENDUTAN. INI JAKET BATMAN UKURAN XXXL MAKANYA GEDE.

Salam sayang saya, Leony Sondang Suryani, S.H., driver ojek online Semarang yang sudah membuktikan bahwa jadi driver ojol pun tetap bisa sarjana tepat waktu. Makasih gojek, hari ini saya nggak jadi tanggungan negara. Saya punya kerjaan. OJEK ONLINE," tulis Leony.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com