Wow, 7 Kota Unggulan MICE Indonesia Memikat di Ajang ITB Asia 2019

Wuri Anggarini | Sabtu, 19 Oktober 2019 12:48 WIB
Wow, 7 Kota Unggulan MICE Indonesia Memikat di Ajang ITB Asia 2019

Kapanlagi.com - Setuju dong kalau setiap kota di Indonesia menyimpan sisi eksotismenya masing-masing yang memikat para traveler buat berkunjung. Misalnya saja seperti Yogyakarta yang kental nuansa budaya dan berhasil membangkitkan nostalgia tersendiri saat jalan ke sana. Demi mendongkrak kunjungan traveler asing, Indonesia baru-baru ini mempromosikan 7 kota unggulan MICE alias Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition, lho!

Ketujuh kota ini antara lain Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Lombok yang dipromosikan dalam ajang ITB Asia 2019 di Marina Bay Sands, Singapura pada 16-18 Oktober 2019 lalu. Pemilihan daerah tersebut salah satunya berhubungan dengan adanya destinasi wisata yang masuk dalam 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Jakarta misalnya. Industri MICE-nya juga bisa menjangkau Kepulauan Seribu dan Tanjung Lesung. Medan juga sama.

Destinasinya bisa menjangkau Danau Toba. Sementara Lombok punya Mandalika; Yogyakarta dekat dengan Borobudur; serta Surabaya bisa menjangkau Bromo, Tengger Semeru.

"Dari ketujuh destinasi tersebut hanya dua yang daerah yang siap untuk penyelenggaraan event internasional, yaitu Jakarta dan Bali," terang Hosea Andreas Runkat, Ketua Tim Percepatan MICE Kemenpar, Jumat (18/10).

Paket yang disiapkan dijamin mumpuni. Semuanya oke punya. Dari A sampai Z, semua bisa disajikan. "Kami bisa buatkan paket yang cantik dan efektif. Dan Kami bersyukur juga sudah banyak buyers yang memesan beberapa kegiatan MICE-nya di tujuh kota tadi," tambahnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani sama optimtisnya. Baginya, MICE merupakan salah satu sektor industri pariwisata yang paling menjanjikan. "Dalam pertemuan yang menghadirkan anggota asosiasi, perusahan dan pembicara tingkat dunia, secara tidak langsung mereka juga akan mempromosikan leisure dan menikmati langsung keindahan Wonderful Indonesia," terang Kiki, sapaan akrab Rizki Handayani.

Pemasukan yang didapat pun terbilang besar. Dari Data International Congress & Convention Association (ICCA), rata-rata tinggal wisman MICE di Indonesia 5 malam dengan pengeluaran lebih dari US$ 200 dolar per orang per hari. Angka pengeluarannya tujuh kali lipat dari wisatawan biasa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut MICE Indonesia semakin dikenal dan terpromosikan pada publik yang lebih luas.

"Indonesia pernah menjadintuan rumah IMF-World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018. Jadi sudah pasti bagus MICE-nya. Silakan datang dan menggelar even besar di Indonesia. Setelah Meeting, Incentive, Congerence dan Exhibition, tamu bisa sekalian berwisata di destinasi kelas dunia," ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

(*/wri)

Editor :  

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com