Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

53 Caption Jawa Hits dan Keren Beserta Artinya, Unik Buat Postingan di Medsos

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 05 Februari 2021 11:33 WIB
53 Caption Jawa Hits dan Keren Beserta Artinya, Unik Buat Postingan di Medsos

Kapanlagi.com - Tak dapat dipungkiri kepopuleran bahasa Jawa di berbagai daerah memang berhasil mencuri perhatian masyarakat. Tak jarang sejumlah orang tertarik ingin belajar bahasa Jawa dengan tujuan tertentu misalnya saja memperkaya bahasa. Namun jika kalian tertarik dengan bahasa Jawa dan ingin membuat postingan unik, sejumlah caption Jawa hits dan keren bisa menjadi pilihan.

Membuat caption menarik di akun sosial media pribadi memang perlu dilakukan untuk menarik perhatian followers. Meski sejumlah akun sosial media memiliki ciri khas berbeda misalnya saja Instagram lebih ke postingan foto dan video, Twitter dominan pada kata-kata atau caption. Namun tetap saja setiap akun sosial media membutuhkan caption sebagai pelengkap dan penyempurna postingan.

Ya, salah satu yang unik untuk membuat caption adalah kata-kata bahasa Jawa. Pasalnya kata-kata Jawa memiliki keunikan tersendiri yang kerap menyita perhatian pengguna sosmed. Ada beragam caption Jawa hits dan keren yang bisa menjadi referensi untuk postingan akun sosial media pribadi.

Kalian tak perlu bingung sebab sejumlah caption Jawa hits di bawah ini bisa menjadi referensi yang mudah. Berikut caption Jawa hits dan keren telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber yang dapat melengkapi postingan akun sosmed kalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Caption Jawa Hits dan Lucu

Gambar

Caption Jawa hits namun lucu ini dapat melengkapi postingan akun sosial media pribadi kalian dan langsung mencuri perhatian followers. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan jumlah like bahkan followers yang mungkin tertarik dengan postingan kalian. Adapun caption Jawa hits dan lucu sebagai berikut.

1. Iso tak titeni, watu nek dicokot mesti atos.

Artinya: Sudah ku duga, batu kalau digigit pasti keras.

2. Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal.

Artinya: Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal.

3. Dadi wong lanang ojo koyo krupuk. Teles sitik lemes.

Artinya: Jadi laki-laki jangan seperti krupuk, basah sedikit lemas.

4. Udanne awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren.

Artinya: Hujannya awet, seperti mulutmu kalau ngomong, nggak berhenti-berhenti.

5. Kui mantan opo pahlawan? Kok dikenang wae.

Artinya: Itu mantan atau pahlawan? Kok dikenang terus?

6. Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan.

Artinya: Namanya hidup pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan.

7. Foto DP kok karo pacare terus, opo mbiyen leh tuku hp urunan?"

Artinya: Foto DP kok sama pacarnya terus, apa dulu beli HP-nya patungan?

8. Aku janji ra nakal meneh, kecuali nakali koe.

Artinya: Aku janji nggak akan nakal lagi, kecuali nakalin kamu.

9. Elek yo ben, sing penting iso marai kangen.

Artinya: Jelek ya biarin, yang penting bisa bikin kangen.

10. Sing bergincu bakal kalah karo sing berilmu.

Artinya: Yang berlipstik bakal kalah sama yang berilmu.

11. Urip dipaido, mati ditangisi, waras dilarani.

Artinya: Hidup dikomentarin, mati ditangisin, sehat disakitin.

12. Asline aku yo kudu nangis tapi wedi engko umbelku metu.

Artinya: Aslinya aku ingin nangis tapi takut nanti ingusku keluar.

2. Caption Jawa Hits Tentang Jomblo

Gambar

Caption Jawa hits tentang jomblo ini juga cukup banyak dicari pengguna sosmed untuk menjadi pelengkap postingan mereka. Tak perlu bingung, kalian bisa menggunakan sejumlah referensi caption Jawa hits tentang jomblo sebagai berikut.

13. Sakjane aku isih entok jatah rabi ora sih?

Artinya: Sebenarnya aku masih dapat giliran menikah nggak sih?

14. Kowe nik sayang ngomong, ojo ngode terus. Aku dudu brangkas sing butuh kode.

Artinya: Kamu kalau sayang bilang, jangan kode terus. Aku bukan brankas yang membutuhkan kode.

15. Sakjane atiku loro nanging aku mencoba rapopo.

Artinya: Sebenarnya hatiku sakit, tapi akun mencoba baik-baik saja.

16. Ijo Upil. Ikatan jomblo lucu dan terampil.

17. Lakon rabi keri.

Artinya: Pahlawan menikah yang paling akhir.

18. Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur.

Artinya: Cintaku ke kamu itu kayak kamera, fokus ke kamu aja yang lain ngeblur.

19. Tuku bawang kleru mrico, tiwas wes sayang jebul mung dianggep konco.

Artinya: Beli bawang keliru merica, padahal sudah sayang ternyata hanya dianggap teman.

20. Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalaran ono wong liyo!

Artinya: Cinta datang karena terbiasa, lunturnya cinta karena ada orang lain!

21. Kui mantan opo pahlawan? Kok dikenang wae.

Artinya: Itu mantan atau pahlawan? Kok dikenang terus?

22. Malem minggu neng kamar dewean, koyo semongko glundang-glundung dewe.

Artinya: Malam minggu hanya di kamar sendirian, seperti semangka guling-guling sendirian.

23. Aku tanpamu bagaikan es dawet ra diwei gulo.

Artinya: Aku tanpamu  bagaikan es dawet tidak diberi gula.

3. Caption Jawa Hits yang Keren

Gambar

Ada sejumlah caption Jawa hits yang keren yang juga dapat kalian jadikan pelengkap akun sosial media pribadi. Caption Jawa tersebut juga memiliki makna dan arti mendalam yang bisa membuat followers kalian tertarik. Adapun caption Jawa hits dan keren sebagai berikut.

24. Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana.

Artinya: Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesame manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.

25. Abot entheng saka panggawene dhewe.

Artinya: Berat dan ringannya kehidupan tergantung dari diri manusia itu sendiri.

26. Narimo ing pandum.

Artinya: Menerima segala sesuatu dengan ikhlas.

27. Ngelmu iku kalakone kanthi laku.

Artnya: Bila ingin menjadi pintar, maka harus belajar mencari ilmu.

28. Manungsa mung ngunduh wohing pakarti.

Artinya: Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.

29. Wit, yen diuncali watu tetep dibales kanggo woh.

Artinya: Hiduplah seperti pohon, ketika dilempari batu tetap dibalas dengan buah.

30. Ora ono wong mulyo tanpo urip rekoso.

Artinya: Tidak ada manusia yang hidup senang tanpa usaha keras.

31. Tenangno pikirmu. Ayemno atimu. Gusti Allah mboten sare.

Artinya: Tenangkan pikirmu. Tenangkan hatimu. Allah tidak tidur.

32. Becik ketitik, ala ketara.

Artinya: perbuatan yang tidak baik yang ditutupi suatu hari akan tercium juga.

33. Rela lan legawa lahir trusing batin.

Artinya: Ikhlas lahir batin.

4. Caption Jawa yang Bijak

Gambar

Sejumlah caption Jawa yang bijak ini juga dapat menjadi referensi buat kalian untuk pelengkap postingan akun sosial media pribadi. Adapun caption Jawa yang bijak sebagai berikut memiliki makna mendalam dan penuh arti tentang kehidupan.

34. Ora usah mikir omongane wong liyo, wong liyo ae nek ngomong yo ora mikir.

Artinya: Nggak usah mikir omongannya orang lain, orang lain aja kalau ngomong nggak pakai mikir.

35. Wong nek diapiki mesti bakal mbales ngapiki, nek wes diapiki tapi malah nglarani mungkin duduk wong.

Artinya: Orang kalau diperlakukan baik harusnya membalas dengan kebaikan juga, kalau sudah diperlakukan baik malah menyakiti, mungkin bukan manusia.

36. Wayah wulangen marang kautaman, predinen susileng tata supata gawe pepadhaning kaluwarga.

Artinya: Didiklah anak cucumu ke arah keutamaan, didiklah tata susila agar dapat menjadi sinar cahaya bagi keluarga.

37. Alam iki sajatining guru.

Artinya: Alam ini adalah guru.

38. Aku nyatu gung iso mempertahankan tapi aku iso soal njogo perasaan.

Artinya: Aku merasa belum bisa mempertahankan tapi aku bisa menjaga perasaan.

39. Uripmu koyo wit gedhang, due jantung tapi ra duwe ati.

Artinya: Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tapi tidak dengan hati.

5. Caption Jawa Hits Dengan Pepatah Populer

Gambar

Ada sejumlah peribahasa Jawa yang juga cukup populer untuk dijadikan caption akun sosial media. Adapun caption Jawa hits sebagai berikut dapat menjadi referensi buat kalian KLovers.

40. Alon-alon asal kelakon.

Artinya: Pelan-pelan asalkan tercapai.

41. Ing Madya Mangun Karso.

Artinya: Perubahan besar bermula dari Langkah kecil.

42. Jer Basuki Mowo Beo.

Artinya: Keberhasilan membutuhkan pengobanan.

43. Mban Cindhe, mban siladan.

Artinya: pilih kasih atau tidak adil.

44. Nabok nylih tangan.

Artinya: menyuruh orang mencelakai orang lain.

45. Adigang, adigung, adiguna.

Artinya: Mengandalkan kekuatan, kekuasaan dan kepintarannya.

46. Gliyak-gliyak tumindak, sareh pakoleh.

Artinya: Upaya yang dilakukan perlahan, tapi akhirnya tujuannya akan tercapai.

47. Sabar sareh mesthi bakal pikoleh.

Artinya: Pekerjaan apapun jangan dilakukan dengan tergesa-gesa agar berhasil.

48. Dhemit ora ndulit, setan ora doyan.

Artinya: Berharap doa dan harapan agar selalu diberi keselamatan, tidak ada suatu halangan dan rintangan.

49. Jagakake endhoge si blorok.

Artinya: Berharap pada sesuatu yang belum pasti.

50. Kakehan gludug kurang udan.

Artinya: Terlalu banyak bicara namun tidak pernah memberi bukti.

51. Obah ngarep kobet mburi.

Artinya: Segala tindakan pemimpin selalu jadi anak buahnya.

52. Dudu sanak dudu kadang, yen mati melu kelangan.

Artinya: Meskipun tidak ada ikatan darah, namun terasa sudah seperti bagian dari keluarga, yang jika ada duka, ikut merasa sedih dan kehilangan.

Nah itulah 52 caption Jawa hits dan keren beserta artinya. Sejumlah caption Jawa hits tersebut dapat kalian jadikan referensi untuk postingan akun sosial media pribadi.

Sumber: Brilio.net, bola.com

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com