Pretty Asmara

Dian Pretty Asmara atau cukup terkenal dengan nama Pretty Asmara saja, adalah aktris sinetron sekaligus komedian. Akting terkenalnya ditunjukkan saat turut mendukung serial TV, SARAS 008, di mana ia berperan sebagai tokoh antagonis yang konyol, anak buah dari Mr. Black.

Tubuh subur Pretty menjadi bahan guyonan dalam setiap penampilannya, ditambah pula dengan gaya bicaranya yang 'nyerocos' hingga melahirkan joke-joke yang membuat tawa. Selain itu perempuan kelahiran Jember, 27 September 1977 itu mempunyai kepribadian yang pede sehingga mendukung setiap penampilannya.

Pretty yang juga alumnus AMIKOM Yogyakarta itu, hingga kini kerap tampil mewarnai layar televisi. Di antaranya menjadi sasaran bahan gosip acara-acara infortaiment, termasuk jalinan asmaranya dengan pria asal Banten bernama Agung. Sayangnya hubungan tersebut tak direstui orang tua Agung. Hingga usianya menginjak 30 tahun, Pretty masih sendiri.

KARIR
Pretty mengikuti casting sinetron BIAS BIAS KASIH (1997, Indosiar). Hanya bermain dalam dua scene, tapi dari sini kiprah Pretty yang sesungguhnya dimulai. Agustus 1998, dirinya ikut casting sinetron anak-anak SARAS 008, yang membawa namanya makin dikenal masyarakat.

Setelah itu, berbagai tawaran main sinetron pun mengalir padanya. Selain sinetron, Pretty juga merambah dunia film dan teater. KEJAR AMERIKA adalah film pertamanya dan disusul TINA TOON DAN LENONG BOCAH THE MOVIE.

Pretty juga terlibat dalam beberapa pementasan teater, antara lain BUNGA ROSE DARI CIKEMBANG, ANDE-ANDE LUMUTEN, dan MAHADAYA CINTA. Selain berakting, Pretty sering menjadi MC dan setiap kali menjadi MC, dia juga selalu menyanyi.

Dalam sinetron BONY DAN CINTANYA, yang juga dibintangi oleh Sandy Aulia, Okan Cornelius, dan Adam Hidayat, Pretty berperan sebagai Gendis, yang seolah-olah menjadi Sandy Aulia di mata Okan.

Selain itu, Pretty Asmara juga mendirikan sebuah Komunitas Selebriti yang bernama Coffee Lover, yang aktif dalam berbagai kegiatan entertainment. Komunitas ini terdiri dari penyanyi dangdut dan pop, presenter/mc, pemain sinetron dan juga pelawak.

FILMOGRAFI
Kejar Amerika (2004)
Tina Toon dan Lenong Bocah The Movie (2004)
Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap (2011)


SINETRON
Dulung (1996)
Bias Bias Kasih (1997)
Saras 008 (1998)
Dendam Nyi Pelet
Di Balik Asrama
Bemoku Sayang Bemoku Malang
Gara-gara Kucing Garong
Rubiah
Behind the Song - D'Masiv
Pengantin Kecil
Kabayan Sang Penakluk


IKLAN
Hansaplas (2002)
Global Oli (2007)
Bank Mandiri (2007)

TEATER
Bunga Rose dari Cikembang
Ande-ande Lumuten
Anie
Mahadaya Cinta
Ronggeng Jalanan
Lebih Lengkap