Quentin Tarantino
Quentin Tarantino memiliki nama lengkap Quentin Jerome Tarantino, lahir di Knoxville, Tennessee, Amerika Serikat, 27 Maret 1963. Ia diketahui berprofesi sebagai aktor, sutradara, presenter dan penulis naskah film.

Film MY BEST FRIEND'S BIRTHDAY (1987) menjadi debutnya filmnya baik sebagai aktor, sutradara, penulis naskah sekaligus produser. Menyusul kemudian perannya dalam film-film suksesnya, seperti peran Mr. Brown dalam film RESERVOIR DOGS (1992), sebagai Jimmie Dimmick dalam film PULP FICTION (1994), sebagai Richie Gecko dalam film FROM DUSK TILL DAWN (1996), sebagai Pick-Up Guy dalam DESPERADO (1995) perannya sebagai Warren dalam GRINDHOUSE.

Sementara sebagai sutradara, dari tangan dinginnya melahirkan karya semacam PULP FICTION (1994), ER (1995), JIMMY KIMMEL LIVE (2004), CSI: CRIME SCENE INVESTIGATION (2005), KILL BILL (2004), SIN CITY (2005) dan DEATH PROOF (2007). Dalam beberapa film tersebut Tarantino juga berperan sebagai penulis naskah. Bahkan lewat PULP FICTION (1994), dirinya bersama Roger Avary, berhasil meraih Best Original Screenplay di ajang Oscar tahun 1994.

Dalam kehidupan pribadinya, Tarantino dikabarkan pernah menjalin hubungan aktris Mira Sorvino, sutradara Allison Anders dan Sofia Coppola. Nama aktris Julie Dreyfus, Shar Jackson, Kathy Griffin, Margaret Cho, serta Uma Thurman disebut-sebut pernah memiliki hubungan spesial dengan Tarantino. Namun hingga saat ini, ia masih belum terikat pernikahan.

Pada 2009, Tarantino membesut film INGLOURIOUS BASTERDS yang juga dibintangi Brad Pitt. Film ini berhasil mendapat nominasi di ajang Golden Globes untuk kategori Best Director dan di ajang Grammy dinominasikan sebagai Best Compilation Soundtrack Album for a Motion Picture, Television or Other Visual Media. Di ajang Academy Awards, film ini mendapat dua nominasi, Best Director dan Best Original Screenplay.
Lebih Lengkap