Lunch With Ayu Shita: She's The Chef

Editor KapanLagi.com | 24 Juni 2011, 15:02 WIB
Lunch With Ayu Shita: She's The Chef
KapanLagi.com -
Oleh: Daniel Ruben Pagi itu, Kamis (16/06/2011), saya cukup surprise menerima pesan melalui blackberry messenger saya. Pesan itu berisi jawaban dari ajakan lunch saya kepada seorang wanita cantik. "Jam 12.30 di Uncle Rood's ya Mas Ruben,"begitu bunyi bbm-nya. Sambil senyum-senyum, saya pun kembali me-reply bbm tersebut dengan ucapan terima kasih. Waktu menunjukkan pukul 12.30, ketika saya tiba di Kemang Food Festival (KFF), tempat saya akan 'nge date' dengan pemilik wajah manis yang berprofesi sebagai entertainer ini. Saya lalu melanjutkan langkah saya ke dalam kawasan KFF, untuk menuju Uncle Rood's, sambil menundukkan kepala karena asyik ber-bbm ria. Why do some people say they rather have a Blackberry over iPhone? Oh no... "Ayu, apa kabar?" Tanya saya sesaat setelah saya bertemu. Ayu yang saya maksud di sini adalah Ayu Shita, aktris dan juga personel grup vocal Bukan Bintang Biasa (BBB). "Mas, mau pesen apa? Di sini makanannya enak-enak lho, khas Makassar. Ada Mi Titi, ada Coto Makassar, Sop Konro, banyak deh," ujarnya menawarkan. Tatapan mata saya tak terlepas dari daftar menu yang menyajikan begitu banyak ragam makanan, yang memang hampir semuanya berciri khas kan Makassar. Saya akhirnya memilih untuk memesan Mi Goreng Titi (semacam ifumie, namun khas Makassar), plus segelas ice lemon tea. Sementara Ayu memilih untuk menyantap menu yang mirip dengan saya, hanya saja dalam versi rebus. "Aku kebetulan lagi sore throat nih Mas sama demamku juga baru turun, jadi pengen yang anget-anget, udah gitu nggak boleh makan sambel pula, hahaha, lengkap deh," ucapnya. Wah ternyata Ayu sedang kurang sehat sepertinya. Kecapean Yu? "Iya nih, lagi banyak banget kegiatan. Aku lagi nyiapin untuk ujian nyanyi sama bikin mini konser, trus lagi latihan nari juga, udah gitu lagi prepare buat film baru nih, plus jadi host di salah satu tv deh, lengkaplah sudah kegiatanku," tutur Ayu. "Kok bikin mini konser Yu, emang kamu jurusan kuliahnya apa?" Tanya saya. "Aku kan majornya performing arts communication, makanya ujiannya yang gitu-gitu deh" jawab Ayu.

Ayu Shita
Makan siang saya hari itu terasa bertambah spesial. Why is that? Karena pesanan saya dimasak langsung oleh Ayu. Lho kok? Ya, itu memang request saya ke Ayu, karena kebetulan Ayu adalah pemilik dari Uncle Rood's. Wah, Ayu terlihat sangat lihai dalam memasukkan dan mencampur bumbu-bumbu sebagai komposisinya. "Aku jago masak lho Mas," ujanya memuji diri sendiri. Obrolan kami pun kebanyakan terjadi saat Ayu sedang memasak. "Iya, aku sekeluarga emang pada doyan masak. Sebenernya sih berawal dari aku sama adikku sering ngeliatin Mama kalo lagi masak, eh lama-lama ketularan. Malahan adikku yang cowok masaknya jago banget. Biasanya kita di rumah sering ganti-gantian masak. Misalnya hari ini aku, besok adikku, besoknya lagi Mama, gitu." cerita Ayu. "Oh, berarti kamu udah siap married dong ya," canda saya ke Ayu. "Hahahaha, emang apa hubungannya ya? Belom lah Mas, masih panjang perjalanan," jawabnya sambil tetap konsentrasi penuh dengan sendok masaknya. Lagi lagi sosok yang sangat sederhana dan ramah yang saya temui saat ini. Ayu memang humble dan sangat ramah. Ini terlihat juga saat dia dengan terampil menyiapkan makanan saya yang sudah dimasaknya. "Ayo Mas, silahkan dicobain, mudah-mudahan tidak mengecewakan, hahaha."

Ayu Shita
Benar memang. Mie Titi yang dimasak Ayu rasanya jauh dari mengecewakan, alias sangat enak. Semuanya serba pas. "Enak banget lho Yu, ternyata memang bukan rekayasa ya kalo kamu jago masak, hahaha," canda saya kepada Ayu yang disambut dengan tawanya. "Aku suka masakan khas Makassar sebenernya bukan karena aku orang Makassar. Ceritanya waktu itu kebetulan Papa kan tugas di sana, nah Mamaku banyak belajar bikin masakan khas Makassar, dan ternyata memang makanan sana tuh enak-enak banget, makanya aku jadi doyan juga. Terus, pas kita pingin buka resto, kita kepikiran kenapa nggak buka restoran khas Makassar aja. Jadi deh Uncle Rood's kaya sekarang ini. Emang sih kita nggak hanya jual makanan Makassar aja, menu-menu lain juga ada. Cuma memang kebanyakan khas Makassar," lanjut Ayu dalam obrolan kami. Time is ticking so fast. Pukul 14.20, kami memutuskan untuk menyudahi perbincangan kami, karena kami masing-masing harus mengerjakan aktivitas kami selanjutnya. "Ayu, thank you so much for your time ya, kapan-kapan gantian aku yang masak deh, tapi dijamin kacau rasanya, hahaha," seloroh saya sambil bersalaman dengan Ayu. "Ok Mas, thank you juga udah mampir ke Uncle Rood's, sampe ketemu ya," tutup Ayu. [initial]
Lunch KapanLagi.com® with Ayu Shita:

Ayu ShitaAyu Shita Ayu ShitaAyu Shita Ayu ShitaAyu Shita
(kpl/ben/nat)
BERI KOMENTAR▼
Komentar
↑