Ratu Letizia

Ratu Letizia, namanya mulai di kenal ketika ia dipersunting oleh Pangeran Felipe tahun 2014. Ratu Letizia dilahirkan pada 15 September 1972 di Oviedo, Asturias. Ayahnya adalah seorang jurnalis, dan ibunya merupakan perawat. Ratu Letizia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Dua adik perempuannya bernama, Telma dan Erika yang sudah meninggal pada tahun 2007 lalu karena narkoba. Pada tahun 1999 orang tua Ratu Letizia juga telah bercerai. Ratu Letizia sebelumnya juga pernah menikah dan berujung pada perceraian.

Memiliki background keluarga yang broken home, Namun Ratu Letizia berhasil membuktikan bahwa ia bisa bangkit dari keterpurukan. Wanita cantik ini mulai menimba ilmu tentang jurnalistik di Complutense University of Madrid dan kembali mengambil master jurnalisme audiovisual di Institute for Studies in Audiovisual Jurnalism. Selama mengenyam pendidikan, Ratu Letizia juga sempat bekerja di salah satu surat kabar Asturia. Dan disinilah kehidupan Ratu letizia di mulai.

Bakat jurnalistik yang ia miliki mengantarkannya ke berbagai perusahaan surat kabar yang tersebar di Meksiko dan Spanyol. Karirnya di CNN+ membuat namanya semakin melambung dan menjadi incaran surat kabar besar lainnya.

Kemunculannya di layar TV sebagai seorang presenter dalam sebuah program berita ternama di Spanyol menarik hati seorang Pangeran Felipe de Borbon dan langsung jatuh hati padanya.

Pada bulan November 2002, Ratu Letizia dan Pangeran Felipe dipertemukan ketika ia sedang bertugas untuk meliput berita tumpahan minyak di Spanyol Utara. Semenjak pertemuan itu keduanya mulai menjalin komunikasi. Tak berselang lama akhirnya Pangeran Felipe meresmikan dalam tali pertunangan. Dan setelah pertunangan tersebut Ratu Letizia mengakhiri karirnya di bidang jurnalistik dan mulai di sibukkan dengan persiapan pernikannya. Keduanya akhirnya mengucap janji suci pernikahan di tahun 2004.

Keduanya dianugerahi dua orang putri yang bernama Leonor dan Infanta Sofia. Sebagai anggota keluarga kerajaan Spanyol mereka tinggal tak jauh dari Palace of Zarzuela, istana di mana ayahnya, Raja Juan Carlos tinggal.

Pertengahan bulan Juni 2014, Pangeran Felipe akhirnya naik tahta menggantikan ayahnya. Pangeran Felipe resmi menjadi seorang Raja Spanyol, begitu juga dengan Ratu Letizia yang juga dilantik menjadi Ratu Spanyol.

 

Lebih Lengkap