Rayi RAN

Rayi Putra Rahardjo atau dikenal sebagai Rayi RAN merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan vokalis dari grup musik RAN. Ia lahir di Jakarta pada tanggal  26 Juni 1987. Selain bernyanyi, pria yang telah menikahi Ria Zhafarina Hadju di akhir tahun 2011 ini memiliki keahlian dalam mengompose lagu. Dia juga menjadi produser untuk band Hivi bersama personel lainnya.

KARIR

Rayi bersama kawannya, Asta mulai bermain musik sejak duduk di bangku SMA Al-Izhar, Pondok Labu. Bersama teman-temannya, mereka berdua sempat membentuk band bernama F.R.D. (Funk Rap Disco) dan menjuarai berbagai lomba. Selepas SMA, band mereka vakum lantaran beberapa personelnya harus melanjutkan studi ke luar negeri.

Saat berencana mengikuti Indonesian Song Festival 2006 yang digelar oleh JakTV, mereka berdua lantas menggaet Nino, adik kelas mereka untuk bergabung dalam sebuah band. Mereka kemudian membentuk RAN pada 3 Agustus 2006. Dengan musik yang ringan, easy listening, dan bernuansa riang, nama mereka pun langsung mencuri perhatian publik.

Akhir 2007, RAN merilis album debut mereka yang pertama dengan judul RAN FOR YOUR LIFE. Dan album ini sukses diterima di pasar musik Indonesia. Mulai dari lagu Pandangan Pertama, Nothing Last Forever dan Selamat Pagi pun ramai diputar di radio-radio dan televisi.

Setelah sukses dengan album pertama, RAN menggarap album kedua, FRIDAY pada tahun 2009. Dalam album kedua ini, RAN memberikan kejutan dengan menggandeng penyanyi Malaysia, Sheila untuk berkolaborasi dalam lagu Tunjukkan Cintamu.

Prestasi RAN bukan sekedar isapan jempol. 9 Mei 2010, RAN terpilih sebagai Duo/Grup Penyanyi Favorit versi Nickelodeon Kids Choice Award. Dan karir bermusik RAN pun tak terhenti di album kedua. Pada tahun 2011, mereka menelurkan album ketiga, HOP3.

Rayi dan dua orang kawannya itu pun digaet untuk ikut serta dalam album A TRIBUTE TO KLA PROJECT pada tahun 2011. Selain itu, berbagai program musik dan tawaran manggung di berbagai daerah pun mereka terima. Nama mereka pun semakin naik daun.

Juni 2012, Rayi juga menggaet Cinta Laura untuk single terbarunya. Single berjudul Tulalit tersebut dibuat oleh Rayi sendiri, dan dia juga berduet dengan Cinta untuk lagu tersebut.

Selain menjadi produser dan menyanyi, Rayi juga memiliki usaha lain berkaitan dengan kue dan es krim. Usaha yang dijalankan bersama keluarga ini, bekerja sama dengan adiknya yang seorang chef.

DISKOGRAFI

RAN FOR YOUR LIFE (2008)
FRIDAY (2009)
HOP3 (2011)
A TRIBUTE TO KLA PROJECT (2011)

Lebih Lengkap