Riri Riza


Mohammad Rivai Riza, seorang sutradara, penulis naskah, dan produser film asal Indonesia yang tenar dengan nama Riri Riza. Ayah dua anak ini lahir di Makassar pada tanggal 2 Oktober 1970. Sewaktu masih duduk di bangku SMA, Riri dikenal sebagai anak band. Dia memang sudah mempunyai hobi bermusik sejak kecil. Awalnya, lulusan SMA Labschool Jakarta ini melanjutkan studinya di Institut Kesenian Jakarta karena ingin mengambil jurusan musik.

Namun, begitu mengetahui bahwa di sana terdapat jurusan film, Riri yang juga punya hobi fotografi itu malah tertarik memasukinya. Sejak kecil, ternyata Riri juga sudah akrab dengan hal-hal yang berbau film. Ayahnya yang adalah seorang pejabat di Departemen Penerangan di era orde baru iru sering mengajaknya ke pelosok-pelosok daerah untuk memutar film pembangunan. Keliling pelosok adalah hiburan yang menyenangkan semasa kanak-kanaknya.

Pilihan Riri untuk masuk jurusan perfilman ternyata tak meleset. Dia menjadi mahasiswa paling menonjol dan berhasil menyandang gelar lulusan terbaik untuk angkatannya berkat ketekunannya. Sejumlah prestasi di bidang film pun diraihnya. Dan film perdananya pasca kelulusannya dari IKJ, SONATA KAMPUNG BATA, memenangkan suatu penghargaan dalam festival film di Jerman. Inilah yang lantas membawa Riri diundang ke Jerman, pengalaman pertamanya pergi ke luar negeri.

Sutradara yang namanya muncul ke permukaan pertama kali lewat judul KULDESAK ini sering berkolaborasi dengan sahabatnya, Mira Lesmana dalam pembuatan film.

KARIR

Riri Riza merupakan salah satu nama populer dalam deretan sutradara film Indonesia. Berkat karya berbobotnya dan sambutan pasar film, dia dianggap sebagai salah satu 'energi' perfilman Indonesia, setelah sebelumnya terpuruk. Karya film yang diproduksinya meliputi film dokumenter, video klip, iklan layanan masyarakat dan film layar lebar.

Film layar lebar pertama yang disutradarainya berjudul KULDESAK, yang mulai diproduksi pada 1996 dan dirilis 1998. Riri bekerjasama dengan Mira Lesmana, Nan T. Achnas dan Rizal Mantovani sebagai penulis naskah skenarionya. Selain itu, Riri pernah terlibat dalam produksi film Internasional, sebagai asisten sutradara Mark Peploe, seorang sutradara Inggris dalam film VICTORY.

Sementara karya film dokumenter hasil penyutradaraannya berjudul ANAK SERIBU PULAU, untuk judul SIULAN BAMBU TORAJA dan KUPU-KUPU DI ATAS BATIKKU. Disusul BUKU CATATANKU, film televisi yang khusus diputar di RCTI untuk memperingati Hari Anak Internasional 1997, yang mengantarkannya bersama Mira Lesmana memperoleh nominasi Festival Sinetron Indonesia 1998 untuk Penulisan Cerita Terbaik.

Pria yang pernah menggarap film PETUALANGAN SHERINA, berikutnya mengarap film-film sukses, termasuk di antaranya ELIANA, ELIANA, GIE, UNTUK RENA, ADA APA DENGAN CINTA, RUMAH KE TUJUH dan 3 HARI UNTUK SELAMANYA (2007).

Kembali berkolaborasi dengan produser Mira Lesmana, Riri menggarap film LASKAR PELANGI yang diambil dari novel berjudul sama pada 2008. Dalam film ini, Riri memilih menggunakan tokoh-tokoh utama dengan mengambil langsung di daerah aslinya. Terbukti, film ini menjadi film laris sepanjang 2008, bahkan laris memenangkan berbagai penghargaan Internasional. dan pada tahun yang sama, Riri juga menyutradarai dua film lain, yakni TAKUT: FACES OF FEAR dalam segmen TITISAN NAYA, serta film DRUPADI.

Setelah sukses dengan berbagai penghargaan lewat film LASKAR PELANGI, pada tahun 2009 Riri pun menyutradarai sekuel film tersebut yang berjudul SANG PEMIMPI. Film ini diangkat dari lanjutan novel Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata.

FILMOGRAFI

Sebagai sutradara:
Film Dokumenter:
BAMBU TORAJA (1995)
KUPU-KUPU DI ATAS BATIKKU (1995)
NAFAS BATU MERAPI (1996)

Film:
MATA KETIGA (1997)
KULDESAK (1998)
PETUALANGAN SHERINA (2000)
ELIANA, ELIANA (2002)
GIE (2005)
UNTUK RENA (2005)
3 HARI UNTUK SELAMANYA (2007)
LASKAR PELANGI (2008)
TAKUT: FACES OF FEAR (2008) - SEGMEN TITISAN NAYA
DRUPADI (2008)
SANG PEMIMPI (2009)

Sinetron:
KUPU-KUPU UNGU, episode EMILIA DAN AIDS (1998)
FTV:
BUKU CATATANKU (1997)

Sebagai penulis naskah:
1998 KULDESAK
2009 SANG PEMIMPI
2008 LASKAR PELANGI
2005 GIE
2002 ELIANA, ELIANA


Sebagai produser:
2008 BLIND PIG WHO WANTS TO FLY
2003 RUMAH KETUJUH
2002 ELIANA, ELIANA
2002 ADA APA DENGAN CINTA?


Sebagai Art-Director:
1998-1999 GREAT PERFORMANCES (TV series)
THOMAS HAMPSON: I HEAR AMERICA SINGING (1999)
ANDREW LLOYD WEBBER: THE ROYAL ALBERT HALL CELEBRATION (1998)


Sebagai manager produksi:
1995 BULAN TERTUSUK ILALANG
1991 AIR DAN ROMI


Self:
2005 THE YEAR OF LIVING VICARIOUSLY (documentary)

Penghargaan:
Best Young Cinema dan penghargaan khusus dari juri Networking for Promoting Asian Cinema dan Federation of International Film Critics, pada Festival Film Internasional di Singapura, untuk film ELIANA, ELIANA (2002)
Lebih Lengkap