Sam Smith
Samuel Frederick Smith lahir pada tanggal 19 Mei 1992, dan tumbuh menjadi penyanyi Inggris dengan kemampuan luar biasa. Namanya mulai melejit pada tahun 2012 ketika ia terlibat lagu Latch dari Disclosure dan lagu tersebut masuk posisi 11 di chart musik Inggris. 

 

Smith lahir di London, dan ia merupakan putra dari Frederick Smith dan Kate Cassidy yang bekerja sebagai broker. Ia alumni dari Youth Music Thatre di Inggris dan juga terlibat dalam project Oh! Carol pada tahun 2007.

 

Sebelum masuk ke dunia theatre musik, Smith merupakan bagian dari band jazz. Selama beberapa tahun ia belajar bernyanyi dan juga menulis lagu dari penyanyi dan pianist jazz Joanna Eden. Ia bersekolah di St Mary's Catholic School di Stortford Bishop, dan merupakan bagian dari Stortford Bishop Junior Operatics (sekarang berubah nama menjadi Bishops Stortford Musical Theatre Society), dan juga paduan suara Cantate Youth Choir.

 

Karir Sam Smith semakin menanjak di tahun 2013, lagu yang dibawakannya featuring Naughty Boy berjudul La La La meraih posisi puncak di chart musik Inggris pada bulan Mei 2013. Pada bulan Desember 2013, ia mendapatkan nominasi untuk BRIT Critic's Choice Award dan juga BBC's Sound of 2014. Dalam dua ajang penghargaan itu ia berhasil menang.

 

Ia merilis debut album studio berjudul IN THE LONELY HOUR pada bulan Mei 2014 dengan label Capitol Records. Single Lay Me Down menjadi andalan dan diikuti single kedua yaitu Money on My Mind.

 

Sementara itu single ketiga yang berjudul Stay with Me berhasil meraih kesuksesan secara internasional, dengan meraih posisi pertama di Inggris dan kedua di Billboard Hot 100 Amerika. Sementara itu single keempat berjudul I'm Not the Only One meraih posisi lima besar di kedua negara tersebut. Sementara itu single kelima berjudul Like I Can meraih posisi nomor 9 di Inggris.

 

Kesuksesan album tersebut mengantarkan Smith kepada prestasi yang lebih besar. Pada bulan Desember 2014, ia meraih 6 nominasi di Grammy Awards. Akhirnya Smith sendiri berhasil menang 4 penghargaan yaitu Best New Artist, Lagu Stay with Me untuk Record of the Year, Song of the Year, dan In the Lonely Hour sebagai Best Pop Vocal Album.

 

Kehidupan Pribadi

 

Pada bulan Mei 2014, Sam Smith mengungkap ke publik bahwa ia seorang gay. Ia mengungkap hubungan dengan aktor dan model Jonathan Zeizel, namun hubungan itu telah berakhir.

 

Ketika menang 4 penghargaan di Grammy Awards pada tanggal 8 Februari 2015, Smith berkata, "Aku berterima kasih kepada pria yang ada dalam album ini. Dengan membuatku patah hati, kamu membuatku menang 4 Grammy," ucapnya. 

 

Selain itu dengan interview dengan 4Music, Smith mengungkap bahwa ia berusaha keras mengatasi obsessive compulsive disorder. "Aku sebenarnya memiliki OCD yang sangat buruk, dan saat ini semakin parah. Aku harus selalu mengecek keran sebelum aku meninggalkan rumah, untuk memastikan aku telah mengecek semua hal andai saja terjadi banjir," ungkapnya.

Lebih Lengkap