Shaggydog


Band Ska Reggae dari Indonesia yang dibentuk di Sayidan, Jogjakarta, pada tanggal 1 Juni 1997 ini beranggotakan Heru (vokal), Richard (gitaris), Reymond (lead gitar), Bandizt (bass), Lilik (keyboard), dan Yoyok (drum). Yang unik adalah ke-enam personilnya berprofesi sebagai bartender.

Aliran musik yang mereka usung adalah perpaduan beberapa unsur, seperti ska, reggae, jazz, swing, dan rock and roll. Beberapa band yang mempengaruhi gaya bermusik mereka adalah Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, Long Beach Dub Allstars, dan beberapa band lainnya.

KARIR

Mereka memulai karirnya dengan melakukan beberapa show sebelum akhirnya menelurkan album yang berjudul Shaggydod secara indie. Secara mengejutkan penjualan album ini ini mencapai 20.000 kopi.

Album kedua mereka pun masih dirilis secara indie pada 2001, yang bertitel Bersama. Album kedua ini benar-benar diproses dengan susah payah, namun menghasilkan kesuksesan yang cukup tinggi.

Karena ketenaran mereka di dunia rekaman indie, akhirnya album ketiga mereka yang berjudul Hot Dogz, dirilis di bawah naungan EMI Indonesia pada tahun 2003. Sampai kini, Shaggydog sudah menelurkan 5 album yang semuanya asik didengar sambil bergoyang badan.

Tidak hanya di Indonesia, Shaggydog juga sempat diminta oleh perusahaan rekaman di Jepang untuk mengisi kompilasi album Asian Ska Foundation yang digawangi oleh band-band ska se-Asia. Album ini beredar di Jepang, dan Shaggydog mengisi kompilasi ini dengan lagu Second Girl.

DISKOGRAFI

Shaggydog (1999)
Bersama (2001)
Hot Dogz (2003)
Kembali Berdansa (2006)
Bersinar (2009)
Lebih Lengkap