Shareefa Daanish

Shareefa Daanish Sumartono lahir di London, 21 Juni 1982 dikenal sebagai seorang model dan bintang akting Indonesia. Bersama Epy Kusnandar, Daanish terkenal dengan aktingnya dalam serial komedi situasi COFFE BEAN SHOW, yang memerankan penjaga cafe.

Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Sumartono dan Siti Nurhayati ini sedang menjalin kasih dengan putra Agum Gumelar, Harris Kaseli yang akrab disapa Zeke. Sebelumnya, Daanish sempat beberapa saat menjalin kasih dengan Fedi Nuril, namun terhenti di tengah jalan.

KARIR
Setelah sukses dengan komedi situasi COFFE BEAN SHOW, Daanish merambah ke layar lebar. Aktris bermata sipit ini telah membintangi berbagai judul film yang semakin memantapkan pijakannya di dunia entertainment. Film-film yang dibintanginya pun tidak hanya satu genre, tapi bervariasi, mulai daro film komedi, horor hingga drama.

Adapun film-film yang pernah dibintanginya antara lain adalah DI SINI ADA SETAN THE MOVIE, LOVELY LUNA dan PESAN DARI SURGA. Selain juga membintangi FTV, MENCARI TARI, BURUAN KAWININ GUE!, BERIKAN AKU CINTA dan GATOT KACA PALING CANTIK SEDUNIA.

Tahun 2008, Daanish tampil dalam dua film yang dirilis berdekatan pada bulan Maret 2008, yaitu DO dan KESURUPAN.

RUMAH DARA bisa dibilang merupakan puncak pencapaiannya dalam karir akting. Di film yang juga di putar di Korea selatan dengan Judul MACABRE ini Daanish berhasil menggaet penghargaan sebagai Best Actress di ajang Puchon International Fantastic Film Festival (PiFan 2009).

Tahun 2012 namanya mulai jarang beredar di dunia entertainment karena sibuk mengurus bisnis restoran di Banjarmasin. Restoran Sunda yang diberi nama Riung Rasa ini merupakan bisnis yang ia jalankan bersama keluarga.

FILMOGRAFI
* DISINI ADA SETAN (2004)
* LOVELY LUNA (2004)
* PESAN DARI SURGA (2006)
* D.O (DROP OUT) (2008)
* KESURUPAN (2008)
* TULALIT (2008)
* TAKUT: FACES OF FEAR (2008) - SEGMEN DARA
* RUMAH DARA (2010)

FTV
* MENCARI TARI
* BURUAN KAWININ GUE!
* BERIKAN AKU CINTA
* GATOT KACA PALING CANTIK SEDUNIA

 

Lebih Lengkap