Shekhar Kapur
Shekhar Kapoor adalah seorang sutradara dan produser film India. Dia adalah pemimpin yang diakui sangat kritis, dan berhasil mencapai popularitas lewat filmya yang berjudul BANDIT QUEEN. Kapoor lahir di Lahore, British India (Pakistan modern) dari pasangan Kulbhushan Kapoor,yang merupakan seorang dokter, dan Sheel Kanta, seorang jurnalis dan aktris. Shekhar Kappor merupakan keponakan aktor Vijay Anand dan Dev Anand. Dia mengambil kursus jurusan Ekonomi di St Stephen's College, dan akhirnya berhasil menjadi seorang akuntan pada usia 22 tahun.

Kapoor memulai karirnya dengan bekerja di sebuah perusahaan minyak multi-nasional. Dia pindah ke Inggris pada 1970, dan menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai akuntan dan konsultan manajemen disana. Dia memulai karirnya sebagai seorang aktor di film JAAN HAZIR HAI (1975) [6] dan selanjutnya juga membintangi TOOTE KHILONE di Bollywood. Dia juga muncul di beberapa serial TV Hindi, seperti UDAAN bersama Kavita Chaudhary, tetapi karirnya tidak pernah lepas dari seorang aktor.

Dia berubah haluan menjadi sutradara sejak membuat film berjudul MASOOM (1983). Kemudian dia berlanjut menyutradarai film fiksi ilmiah pada 1987 dengan judul MR INDIA yang merupakan salah satu film paling sukses di era 1980-an. Pada tahun 1994 ia menyutradatai BANDIT QUEEN. Selain itu masih banyak karya-karyanya yang kemudian diakui oleh dunia. Pada tahun 1998, ia mendapat pengakuan internasional atas filmnya yang berjudul ELIZABETH. Film ini membawanya menuju panggung Academy Award sebagai pemenanga. Film ini merupakan hasil penelitian dan wawancara nyata yang dilakukan oleh Kapoor. Film ini juga sempat mendapat tujuah nominasi dalam penghargaan piala Oscar. FIlm ini pun menjadi pemicu semangat sehingga Kapoor memproduksi film-film berkualitas lainnya.

Selain sebagai produser dan sutradara, Kapoor juga mendirikan perusahaan film India bersama Ram Gopal Verma dan Mani Ratnam. Sejauh ini, perusahaan tersebut baru memproduksi satu film, yaitu DIL SE (1998), yang dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Manisha Koirala. Dia juga produser eksekutif Andrew Lloyd Webber Music Bombay Dreams bertema Bollywood, yang telah berdiri di West End, London sejak tahun 2002, dan di Broadway di New York City sejak 2004. Hingga saat ini Kapoor terus berkarya di bidang film. Saat ini dia sedang merencanakan beberapa film yang masih dalam proses pengerjaan, antara lain LONG WALK TO FREEDOM, PAANI, THE LAST FULL MEASURE.
Lebih Lengkap