Shin Se Kyung

Lahir di Korea Selatan pada 29 Juli 1990, Shin Se Kyung memulai debutnya sejak masih berusia 8 tahun. Ia ikut sumbang suara dalam album solo milik Seo Taiji berjudul TAKE FIVEyang dirilis tahun 1998.

Bukan hanya di bidang musik, Shin kecil yang sudah terpancar kecantikannya sejak masih balita ini juga memiliki bakat akting yang mumpuni. Tercatat, namanya pernah muncul dalam show anak-anak Ppo Ppo Ppo dan drama historikal berjudul Toji (Land).

Sampai saat ini Shin masih belum menemukan tambatan hati. Ia sempat digosipkan berpacaran dengan personel SHINee bernama Jonghyun, setelah keduanya kepergok jalan berdua oleh media lokal Korea pada 20 Oktober 2010. Baik keduanya tidak mengiyakan atau menyangkal. Hingga pada 26 Oktober tahun yang sama, kedua agensi memberikan kepastian bahwa Shin dan Jonghyunmemang pacaran.

Sembilan bulan pacaran, hubungan mereka banyak disoroti media. Namun kisah cinta itu akhirnya kandas pada Juni 2011 karena padatnya jadwal pekerjaan yang membuat mereka sulit bertemu.

KARIR
Dengan bakat akting yang sudah terlihat sejak kecil, Shin mendapat peran kecil di MY LITTLE BRIDE. Dari situ berbagai tawaran datang padanya dan membuatnya menjadi bintang utama di CINDERELLA, ACOUSTIC, segmen Believe in the Moment di FIVE SENSES OF EROS, serta QUEEN SEONDEOKsebagai Princess Cheonmyeong.

Sayangnya, karir Shin tersendat. Namanya tidak begitu booming lagi setelah ia mendapat peran sebagai pembantu rumah tangga dalam sitkom HIGH KICK!musim kedua tahun 2009.

Namun, hal itu tak begitu dipermasalahkan oleh Shin. Ia tetap giat mengasah akting, bahkan saat liburan ke Hawaii. Ia berhasil memfilmkan semua kegiatannya selama 7 hari berada di sana dalam serial reality show berjudul I'M REAL.

Seiring kesuksesannya di sitcom, Shin mulai ditawari sejumlah perusahaan periklanan baik di televisi maupun media cetak. Beberapa peran penting mulai dipercayakan kepadanya seperti di film HINDSIGHT dengan lawan main Song Kang Ho, drama historikal DEEP ROOTED TREE bersama Jang Hyuk dan Han Suk Kyu, sampai film action R2B: RETURN TO BASE bersama Rain.

Setelah menamatkan serial TV FASHION KING, Shin mulai serius menggarap musiknya. Tahun 2012 ia merilis single digital pertama yang diberi judul You Were Sweet. Single itu direkamnya sebagai promosi franchise kopi yang dibintanginya. Dari bekal belajar menyanyi saat duduk di bangku sekolah menengah, Shin juga sempat mendapat tempat untuk mengisi soundtrack HINDSIGHT, mengisi lagu di album charity LOVE TREE PROJECT, dan lagu pengisi show ACOUSTIC.

FILMOGRAFI
FILM
2012: R2B: RETURN TO BASE
2011: HINDSIGHT
2010: ACOUSTIC
2009: FIVE SENSES OF EROS
2006: CINDERELLA
2004: MY LITTLE BRIDE

TELEVISI
2012: KBS MY HUSBAND GOT A FAMILY (cameo, ep 49)
2012: SBS FASHION KING
2012: MBC HIGH KICK! 3: THE REVENGE OF THE SHORT LEGGED (cameo, ep 75)
2011: SBS DEEP ROOTED TREE
2010: QTV I'M REAL: SHIN SE-KYUNG
2009: MBC HIGH KICK THROUGH THE ROOF
2009: MBC QUEEN SEONDEOK
2005: SBS LAND

VIDEO MUSIK
2010: Don't Say Anything(BlueBrand)

 

DISKOGRAFI
2012: You Were Sweet (Shin Se Kyung feat. Sweden Laundry, digital single)
2011: Blue in a Summer Day (Shin Se Kyung dan MY Q, Hindsight OST)
2010: The Snow Melts(Shin Se Kyung, Love Tree Project Vol. 1)

 

PENGHARGAAN
2011 SBS Drama Awards: Excellence Award for Drama Special, Actress (Deep Rooted Tree)
2011 Korea Visual Arts Festival: Photogenic Award, TV category (Deep Rooted Tree)
2011 Style Icon Awards: New Icon Award
2011 Puchon International Fantastic Film Festival: Fantasia Award (High Kick Through the Roof)
2010 Mnet 20's Choice Awards: 20's Most Influential Star
2009 MBC Entertainment Awards: Best New Actress (High Kick Through The Roof)
2009 MBC Entertainment Awards: Best Comedy/Sitcom Couple Award with Yoon Shi-yoon (High Kick Through the Roof)

 

Lebih Lengkap