Berbudget Fantastis, Film 'ZERO' Shahrukh Khan Tertatih di Box Office India

Wulan Noviarina Anggraini | Rabu, 26 Desember 2018 21:38 WIB
Berbudget Fantastis, Film 'ZERO' Shahrukh Khan Tertatih di Box Office India

Kapanlagi.com - Kenyataan pahit harus ditelan film baru Shahrukh Khan dan Anushka Sharma, ZERO. Film yang dibuat dengan budget Rp 400 miliar itu, tertatih masuk ke jajaran club Rs 100 crore yang menjadi standar baru box office di India.

Diputar di 4380 layar di seluruh India, ZERO hanya mampu mendapatkan pemasukan sebesar Rs 81 crore atau sekitar Rp 162 miliar hingga hari keempat pemutarannya. Itu pun ZERO tertolong oleh masa libur Natal yang membuat banyak orang berbondong-bondong ke bioskop.

Sebelumnya, ZERO sempat mendapatkan pemasukan cukup baik di hari pertama pemutarannya pada Jumat, (21/12) lalu. Pada penayangan perdana ini, film yang disutradarai oleh Anand L Rai ini mampu meraih pemasukan sebesar Rs 20 crore atau sekitar Rp 40 miliar.

1 dari 6 halaman

1. Merangkak Naik

Namun sayang, hasil baik yang didapatkan ZERO pada hari pertama tak berlanjut pada hari berikutnya. Dengan review yang buruk dari penonton dan kritikus film, pendapatan ZERO pun naik turun.

Tidak ada peningkatan berarti selama Sabtu dan Minggu. Dan pada Senin, (24/12) pendapatan film ini terjun bebas hingga ke angka Rs 9 crore saja dalam satu hari, atau sekitar Rp 18 miliar.

Tetapi akhirnya ZERO tertolong liburan Natal dengan pemasukan sebesar Rs 12 crore atau sekitar Rp 21 miliar. Jika ditotal, hingga berita ini diturunkan, ZERO sudah mendapatkan Rs 162 miliar.

2 dari 6 halaman

2. Bisa Masuk Clib Rs 100 Crore, Tapi...

Bukan hal yang sulit bagi ZERO untuk masuk ke Club Rs 100 crore. Namun Shahrukh Khan harus bekerja dengan ekstra keras untuk bisa memasukkan film ini di klub Rs 200 crore yang menjadi budget produksi ZERO.

Dengan bintang besar yang dipasang di film ini, seperti Shahrukh Khan, Anushka Sharma dan Katrina Kaif, diharapkan budget film ini akan tertutup dengan mudah. Namun kini penonton India sudah tidak bisa hanya melihat bintangnya saja. Kekuatan naskah tetap jadi sorotan utama dari sebuah film.

 

3 dari 6 halaman

3. Sudah Masuk Rs 100 Crore di Seluruh Dunia

Sudah Masuk Rs 100 Crore di Seluruh Dunia ©AFP
Meski jeblok di pasaran India, namun ZERO mendapatkan sambutan baik di negara lain. Total hingga hari keempat penayangan, film ini sudah berhasil mendapatkan pemasukan Rs 100 crore atau sekitar Rp 200 miliar.

Tetapi perlu digaris bawahi, bahwa pencatatan box office India tidak berdasarkan pemasukan dari luar negeri. Yang masuk hitungan adalah pendapatan dari dalam negeri dan dengan budget sebesar Rp 400 miliar, film Shahrukh Khan kali ini termasuk kategori gagal.

4 dari 6 halaman

4. Kalah Dari Film Buatan Kannada

Kenyataan pahit lain yang harus dihadapi oleh Shahrukh Khan adalah ia kalah dari film KGF buatan Kannada. Ini adalah sebutan untuk film buatan kawasan Selatan India, tepatnya di kawasan Katarnaka.

Film bergenre mafia yang dibintangi oleh aktor bernama Yash tersebut mendapatkan hasil yang lebih besar daripada ZERO pada empat hari pertama penayangannya di bioskop. KGF hanya diputar di 2460 layar, namun sudah mendapatkan pemasukan sebesar Rs 85 crore atau sekitar Rp 190 miliar.

Pemasukan ini hanya untuk film yang disebarkan dengan bahasa Hindi saja. Dan jumlahnya jauh lebih besar jika ditambahkan dengan pemasukan film KGF dalam bahasa India Selatan.

5 dari 6 halaman

5. Tiga Khan Gagal di 2018

Bukan hanya Shahrukh Khan yang mengalami kegagalan di tahun 2018 ini. Sebelumnya, Salman Khan juga gagal lewat film RACE 3, yang meski mendapatkan pemasukan cukup lumayan, tetapi secara kualitas film, dapat kritikan dan hujatan luar biasa besar.

Selain itu, Aamir Khan yang sudah lama dikenal sebagai aktor yang pemilih dalam urusan naskah dan film-filmnya selalu bagus. Juga mengalami kegagalan di tahun 2018 ini. Film THUG OF HINDOSTAN yang ia bintangi gagal mendapatkan pemasukan sepadan, dan akting Aamir Khan pun panen kritikan lantaran dianggap terlalu ingin mirip dengan Jack Sparrow di film PIRATES OF THE CARIBBEAN.

Kini yang mendapatkan hasil buruk adalah Shahrukh Khan dengan film ZERO. Absen satu tahun demi film yang lebih baik dari RAEES, FAN dan DILWALE, ternyata SRK kembali harus berhadapan dengan kegagalan.

6 dari 6 halaman

6. Lima Tahun Gagal

Terakhir kali Shahrukh Khan mencicip kesuksesan filmnya adalah pada tahun 2013. Lalu selama lima tahun belakangan, film produksinya banyak yang gagal dan sebagian besar masalahnya adalah pada naskah.

Satu-satunya film SRK yang gagal pada pemasukan namun naskah dan aktingnya dipuji adalah pada film DEAR ZINDAGI. Selebihnya, naskah yang buruk dan hasil akhir yang tak maksimal jadi masalah besar bagi Shahrukh Khan.

Ia pun sadar jika ada masalah dalam keputusannya mengambil proyek film. Lalu setelah ZERO ini selesai, apakah Shahrukh akan mengambil langkah drastis untuk menentukan proyek yang berikutnya? Tunggu saja nanti.

(hin/phi)


↑