Fakta-Fakta Zaira Wasim, Karir Ditentang Orangtua - Tinggalkan Bollywood Demi Islam

Wulan Noviarina Anggraini | Rabu, 03 Juli 2019 15:02 WIB
Fakta-Fakta Zaira Wasim, Karir Ditentang Orangtua - Tinggalkan Bollywood Demi Islam

Kapanlagi.com - Sosok Zaira Wasim langsung mencuri perhatian begitu ia melangkahkan kaki di Bollywood. Bakatnya yang cemerlang ditemukan oleh sutradara Nitesh Tiwari, yang kemudian menyodorkan kontrak untuk bermain di film DANGAL bersama Aamir Khan.

Film ini menjadi langkah pertama Zaira meraih kesuksesan di Bollywood. Filmnya jadi salah satu yang terlaris di India, bakat aktingnya pun langsung dapat applause dari pecinta dan kritikus film.

Tidak mudah bagi Zaira untuk masuk ke dunia Bollywood yang kental dengan nepotismenya. Ia pun harus berjuang menentang keluarga yang tak setuju dengan pilihannya jadi aktris.

Namun perjalanan itu diakhiri oleh Zaira di usianya yang masih sangat muda, 18 tahun. Ia membuat publik heboh dengan pengumuman pengunduran dirinya dari Bollywood untuk memperdalam agama Islam.

1 dari 5 halaman

1. Karir Tak Disetujui Orangtua

Karir Tak Disetujui Orangtua © pinkvilla
5 tahun lalu Zaira mengawali karirnya di Bollywood. Medio 2014 ia memutuskan jadi aktris sesuai dengan kesukaannya pada dunia seni peran. Dunia yang tak disetujui orangtua aktris kelahiran Kashmir, 23 Oktober 2000 ini.

Kala memasuki dunia Bollywood, usia Zaira baru 13 tahun. Ayahnya yang kerja jadi Executive Manager dan ibunya yang merupakan seorang guru, tak setuju dengan pilihan karir Zaira.

Tetapi keinginan Zaira didukung oleh tantenya. Sang tante pula yang kemudian meyakinkan orangtua Zaira bahwa putri mereka akan baik-baik saja jadi aktris.

2 dari 5 halaman

2. Korbankan Rambut Demi 'DANGAL'

Korbankan Rambut Demi 'DANGAL' © pinkvilla
Debut Zaira di film DANGAL menjadi titik tolak kesuksesannya di Bollywood. Demi perannya sebagai Geeta Phogat muda, Zaira rela memotong rambutnya jadi super pendek seperti anak laki-laki.

Rambut panjang dan tebal Zaira yang dibabat habis ini membuatnya dihujat sebagian kaum Muslim di Kashmir. Ia dianggap tak Islami karena berpenampilan seperti pria di film DANGAL.

Namun pengorbanan Zaira di film ini mendapatkan ganjaran yang manis. Ia menang beberapa penghargaan, salah satunya adalah jadi aktris pendukung terbaik di ajang Festival Film Nasional India tahun 2016.

3 dari 5 halaman

3. Menang Berbagai Penghargaan

Menang Berbagai Penghargaan © news18.com
Dari DANGAL, bakat akting Zaira kembali dilirik oleh Aamir Khan yang kemudian bermain film lagi dengannya di proyek SECRET SUPERSTAR. Film yang berkisah tentang seorang anak perempuan dari keluarga Muslim yang berjuang untuk mewujudkan mimpinya jadi penyanyi ini sukses di pasaran.

Meski tak meraup keuntungan sebanyak DANGAL, tetapi SECRET SUPERSTAR membawa nama Zaira ke level berikutnya. Ia bukan lagi pemeran pembantu, melainkan pemeran utama dan mendapatkan penghargaan.

Karakternya sebagai Insiya Malik di SECRET SUPERSTAR membawa piala Aktris Terbaik di ajang FILMFARE CRITICS AWARDS 2017. Zaira pun masuk nominasi jadi aktris terbaik di Filmfare Awards 2017.

4 dari 5 halaman

4. Kontroversi Zaira

Kontroversi Zaira © news18.com
Perjalanan Zaira menjadi seorang aktris sama sekali tak mudah. Mengawali karir di usia muda, Zaira tersandung beberapa kontroversi dan beberapa di antaranya tersangkut dengan agama.

Zaira pernah dituding tak Islami karena penampilannya. Ia pun pernah dihujat publik karena bertemu dengan Perdana Menteri Kashmir. Zaira disorot karena sang PM menyebutnya sebagai role model bagi masyarakat Kashmir, kawasan yang menjadi tanah kelahirannya dan masih jadi sengketa antara India dan Pakistan.

Aktris muda yang sekarang berusia 18 tahun ini pun pernah menuduh seorang pria berusaha melecehkannya di pesawat. Kasus ini sampai ke Pengadilan India dan Zaira dihujat karena dianggap lebay menilai sikap penumpang pria yang telah beristri itu.

5 dari 5 halaman

5. Pensiun Dini Dari Bollywood

Pensiun Dini Dari Bollywood © instagram.com/zairawasim_
Kini nama Zaira kembali jadi sorotan karena keputusannya untuk pensiun dini dari Bollywood. Tepat lima tahun setelah mengawali karirnya sebagai aktris, Zaira memilih mundur.

Lewat akun media sosialnya, Zaira menyatakan bahwa dunia akting telah membuatnya tak nyaman. Ia lelah terus berperang dengan batinnya dan Bollywood membuatnya jauh dari Tuhan dan agama Islam.

Kini Zaira menemukan ketenangan dari Al Quran dan ia memutuskan mengakhiri perjalanannya di Bollywood. Sebuah keputusan yang mengejutkan dan sempat menuai kontroversi.

Keputusan ini sempat menuai hujatan, karena dianggap seharusnya tak membandingkan karir dengan agamanya. Namun Zaira juga mendapatkan dukungan, karena apapun jalan yang ia tempuh adalah haknya sepenuhnya.

(kpl/phi)


↑