Hadir dengan Suguhan Tak Biasa, 'UDAAN' Panen Pujian Kritikus Film Bollywood

Wulan Noviarina Anggraini | Sabtu, 27 Juli 2019 09:38 WIB
Hadir dengan Suguhan Tak Biasa, 'UDAAN' Panen Pujian Kritikus Film Bollywood

Kapanlagi.com - Bollywood tak melulu soal drama menye-menye, musik dan tarian yang seolah wajib dalam setiap film produksi India. Beragam genre menarik juga diproduksi, seperti film UDAAN yang dibuat pada tahun 2010 silam.

Ya, sudah sembilan tahun sudah berlalu sejak film ini pertama kali diluncurkan pada 16 Juli 2010. Namun sampai saat ini, UDAAN masih menjadi salah satu film dengan genre tak biasa yang dibanggakan oleh India.

Sebuah kisah yang tampaknya sederhana, namun dengan konflik tak biasa, membuat UDAAN menjadi karya yang tak bisa dilupakan begitu saja. Film ini pun banjir pujian dari para kritikus film India yang dikenal kejam ketika memberikan sebuah penilaian.

1 dari 2 halaman

1. 'UDAAN' Membawa Angin Segar

'UDAAN' Membawa Angin Segar UDAAN © impawards.com
Dilansir dari berbagai media India, berbagai pujian datang dari banyak pihak. Nilai film ini di mata media dan kritikus pun sangat baik, dengan skor rata-rata 4 hingga 4,5 dari 5 bintang.

India Today menyebut UDAAN sebagai sebuah karya yang mencerahkan. Film ini membawa angin segar bagi film Bollywood penuh drama lebay, menuju sebuah karya dengan cerita yang berani.

"Untuk setiap Rupee yang telah kamu sia-siakan demi film Bollywood berisik yang buruk. Kamu harus mendukung film dengan suara indah dan berani ini," tulis Kaveere Bamzai dari India Today.

Sementara kritikus lain menilai bahwa UDAAN memiliki nuansa berbeda dari film Bollywood pada umumnya. Kisah film ini sangat melekat, dengan kisah yang tidak akan mudah terlupakan begitu saja.

"Film Bollywood yang tak biasa. Berbeda dari yang lain dan memiliki nuansa edgy. Karakteristik inti emosional yang pahit dari sinema gelombang baru India," tulis Nikhat Kazmi.
2 dari 2 halaman

2. Salah Satu Film Terbaik 2010

Meski tidak masuk dalam jajaran box office papan atas India, yang tentu saja masih dikuasai oleh film Bollywood konvensional dengan tari dan lagunya. Namun secara naskah dan hasil akhir dari sebuah produksi film, UDAAN adalah salah satu yang terbaik pada tahun 2010.

Kritikus film seperti Rajeev Masand pun tak ragu mengatakan bahwa UDAAN adalah film terbaik pada tahun tersebut. Demikian pula dengan para kritikus lain yang memberikan nilai sama baiknya.

Bukan hanya baik di mata kritikus, UDAAN juga menyabet banyak penghargaan baik di India maupun di luar negeri. Kecemerlangan sutradara pun dipuji habis pada karya debutnya ini.

Belum nonton UDAAN? Nikmati sebuah pengalaman baru nonton film India yang nggak biasa di tayangan ini. Percayalah, tak ada kata terlambat untuk sesuatu yang baik, termasuk buat nonton film apik ini.

(kpl/phi)


TOPIK TERKAIT
 
↑