India Gelar Festival Film Bertema Penyandang Cacat

Rita Sugihardiyah | 06 Desember 2006, 11:12 WIB
Kapanlagi.com - Festival film pertama bertema penyandang cacat resmi dibuka oleh Menteri Keadilan Sosial dan Penguatan Meira Kumar, di New Delhi, Senin (04/12/06).

Festival yang akan berlangsung tiga hari dengan tema "Kami Peduli" itu akan menayangkan film-film yang mengangkat isu penyandang cacat, termasuk DEVRAI yang merupakan karya tim sutradara terkenal Sumitra Bhave dan Sunil Sukthankar.

Sekitar 38 film pendek juga akan ditayangkan dan film terbaik akan dinilai dan dipilih oleh National Trust pada hari terakhir festival.

Berbicara mengenai konsep inovasi "festival film" untuk menyadarkan orang tentang para penyadang cacat, Kumar berkata, "Film memiliki dampak visual yang kuat dan mereka dapat mempengaruhi orang secara banyak. Festival ini harus dibawa ke setiap blok dan desa."

Saat ditanya mengenai pesan apa yang akan dia sampaikan jika dia membuat film tentang penyandang cacat, dia berkata, "Saya akan senang jika dapat menyampaikan bahwa penyadang cacat dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sama dengan mereka yang normal."

Govind Nihalani, pembuat film dan pimpinan dewan juri, berkata bahwa "Sebuah festival film adalah cara yang bagus untuk mendorong para pembuat film, terutama mereka yang muda dan baru, untuk membuat film mengenai penyandang cacat. Proses untuk menyadarkan orang terhadap penyandang cacat pelan namun tidak dapat terelakkan."

Penyelenggara dari festival, National Trust, organisasi nonpemerintah Brotherhood serta Komunitas Kesejahteraan Tamanna, berencana untuk menyelenggarakan festival diseluruh penjuru negara.

Dr Shyama Chona dari Tamanna mengatakan bahwa film-film itu akan ditayangkan di 7 ribu sekolah di penjuru negara. (*/rit)

Editor:  

Rita Sugihardiyah