Kisah Tak Biasa, Jadi Jalan Film 'UDAAN' Raih Berbagai Penghargaan

Wulan Noviarina Anggraini | Senin, 29 Juli 2019 12:38 WIB
Kisah Tak Biasa, Jadi Jalan Film 'UDAAN' Raih Berbagai Penghargaan

Kapanlagi.com - Mengusung kisah yang tak biasa tak membuat Anurag Kashyap takut mengusung naskah film UDAAN ke layar lebar. Bersama sutradara Vikramaditya Motwane, Anurag menyuguhkan sebuah sajian berbeda dari Bollywood dan hasilnya cukup mengguncang India.

Selain banjir pujian dari para kritikus, film yang dirilis pada tahun 2010 ini juga panen penghargaan. Hampir semua lini meraih penghargaan atas kerja keras mereka dalam mewujudkan film ini.

Dan berikut adalah penghargaan yang diraih oleh UDAAN:

1 dari 4 halaman

1. Filmfare Awards 2011

Satu tahun setelah ditayangkan di India, UDAAN masuk dalam daftar nominasi di ajang penghargaan bergengsi, Filmfare Awards. Pada gelaran ke-56 ajang penghargaan tersebut, UDAAN memborong banyak piala.

Mulai dari Screenplay Terbaik dan Naskah Terbaik yang dianugerahkan kepada Vikramaditya Motwane dan Anurag Kashyap. UDAAN juga mendapat piala Sinematografi Terbaik yang diberikan kepada Mahendra Shetty.

Film ini juga mendapatkan penghargaan Musik Backgorund Terbaik yang diberikan kepada Amit Trivedi. Juga meraih Sound Design Terbaik yang diberikan kepada Kunal Sharma.

Sementara itu Ronit Roy mendapatkan piala Aktor Pembantu Terbaik. Dan film UDAAN mendapatkan piala Film Terbaik versi kritikus pada ajang ini.

2 dari 4 halaman

2. Giffoni Film Festival

Giffoni Film Festival UDAAN © impawards.com
UDAAN juga masuk dalam ajang penghargaan Giffoni Film Festival yang berlangsung pada tahun 2011. Pada ajang ini, UDAAN mendapatkan piala Music Score Terbaik yang diterima oleh Amit Trivedi.

3 dari 4 halaman

3. Indian Film Festival

Pada ajang Indian Film Festival yang berlangsung di Los Angeles, UDAAN mendapatkan penghargaan Grand Juri Award. Pialanya diberikan kepada seluruh kru yang telah bekerja keras untuk mewujudkan film ini.

4 dari 4 halaman

4. Zee Cine Award

Zee Cine Award UDAAN © impawards.com
Pada ajang ini, film UDAAN mendapatkan dua penghargaan. Yaitu Penghargaan Kritik Film Terbaik yang diterima oleh Anurag Kashyap, dan Penghargaan Film Kritik Sutradara Terbaik yang diterima oleh Vikramditya Motwane.

(kpl/phi)


TOPIK TERKAIT
 
↑