Kritik Nilai Sejarah di 'TANHAJI: UNSUNG WARRIOR' yang Ia Bintangi Sendiri, Saif Ali Khan Dihujat Publik India

Wulan Noviarina Anggraini   | Selasa, 21 Januari 2020 11:38 WIB
Kritik Nilai Sejarah di 'TANHAJI: UNSUNG WARRIOR' yang Ia Bintangi Sendiri, Saif Ali Khan Dihujat Publik India

Kapanlagi.com - Saif Ali Khan menjadi bulan-bulanan publik India setelah mengeluarkan pernyataan yang dianggap menggelikan dalam sebuah acara talkshow di India. Dalam acara tersebut, Saif memberikan komentar mengenai perannya di film TANHAJI: THE UNSUNG WARRIOR yang ia bintangi bareng Ajay Devgan dan Kajol.

TANHAJI: THE UNSUNG WARRIOR adalah sebuah drama sejarah. Ajay Devgan dan timnya membuat film ini berdasar pada salah satu kisah pejuang paling heroik dari Chhatrapati Shivaji Maharaj Swaraj.

Menurut Saif Ali Khan, nilai sejarah dalam film itu tidak bisa dikatakan benar-benar bersejarah. Saif sendiri menyebut dirinya sebagai ahli sejarah dan memberikan pandangannya pada film yang ia bintangi.

1 dari 2 halaman

1. Sejarah India Diberikan Inggris

Sejarah India Diberikan Inggris © AFP
"Untuk beberapa alasan, aku tidak mengambil sikap. Mungkin lain kali aku akan melakukannya. Aku sangat bersemangat untuk memainkan peran itu karena itu adalah karakter yang keren. Tapi ketika orang mengatakan ini adalah bagian dari sejarah, aku nggak berpikir kalau itu adalah sejarah," ujar Saif seperti dilansir dari Bollywoodlife.com.

"Aku cukup sadar apa itu sejarah. Aku nggak berpikir ada konsep India, sampai mungkin Inggris memberikannya. Aku nggak berpikir ada poin-poin konstruktif dalam berdebat dengan keras, membuktikan kamu sendiri tahu kenapa kamu melakukannya," lanjutnya.

Pernyataan inilah yang kemudian membuat publik India marah dan merasa geli. Mereka pun membeberkan fakta bahwa sebelum dijajah oleh Inggris, India sudah ada dan memiliki sejarah mereka sendiri.

 

2 dari 2 halaman

2. Dihujat Publik

Pernyataan dari Saif Ali Khan ini dihujat publik India karena beberapa alasan. Pertama adalah karena sebagai seseorang yang mengklaim dirinya sendiri sebagai ahli sejarah, namun Saif justru meragukan sejarah dari India.

Mereka mengingatkan Saif, bahwa nama salah satu anaknya, Taimur juga berasal dari sosok yang bersinggungan dengan sejarah India di masa lalu. Pun catatan sejarah sejak 1400 tahun lalu yang menyebutkan nama Indika yang jadi awal mula berdirinya India.

Namun Saif Ali Khan tidak memberikan reaksi atas hujatan dari publik India ini. Sementara film TANHAJI: THE UNSUNG WARRIOR mendapatkan hasil positif di India dan diperkirakan bakal jadi salah satu film hits 2020.

(bol/phi)


↑