Mengenal Prosesi Pernikahan ala India, Para Pecinta Bollywood Harus Tahu Nih

Wulan Noviarina Anggraini | Jum'at, 16 Agustus 2019 19:14 WIB
Mengenal Prosesi Pernikahan ala India, Para Pecinta Bollywood Harus Tahu Nih

Kapanlagi.com - Pernikahan anak bungsu raja sinetron Indonesia, Raam Punjabi dan Rakhee Punjabi yang sekarang sedang berlangsung di Bali menjadi sorotan. Bagaimana tidak, acara itu berlangsung selama 4 hari 4 malam di sebuah resort mewah di Pulau Dewata.

Ratusan tamu undangan datang dari Indonesia dan dari luar negeri, termasuk beberapa seleb India. Tampak di antara deretan undangan Boney Kapoor dan putrinya, Khushi Kapoor. Selain itu juga ada Shanaya Pandey dan Ankit Bathla yang turut memeriahkan suasana.

Dalam budaya India, merayakan pernikahan dengan pesta beberapa hari lamanya bukan hal yang aneh. Hampir mirip dengan budaya Indonesia yang memiliki beberapa prosesi rangkaian upacara pernikahan, demikian pula dengan India. Tengok saja pernikahan Priyanka Chopra yang menyewa resort selama 1 pekan penuh, atau Deepika Padukone yang dirayakan di Italia dan India dengan banyak pesta berbeda.

Dan seperti Indonesia, India pun terdiri dari beragam adat budaya dan agama yang memiliki tradisi masing-masing. Pernikahan Islam tentu beda dengan Hindu dan Sikh, pun masyarakat Kolkata merayakan pernikahan dengan cara berbeda dengan orang asli Maharashtra.

Namun secara garis besar, khususnya untuk pernikahan dengan tata cara Hindu, seperti inilah rangkaian prosesi yang dijalani oleh pengantin India.

 

 

 

 

1 dari 5 halaman

1. Puja

Puja Keluarga Ambani membagi makanan usia puja © AFP
Seperti masyarakat Indonesia yang mengawali acara pernikahan dengan pengajian bagi pemeluk agama Islam, atau doa bersama bagi pemeluk agama lain. Demikian pula dengan masyarakat India, mereka melakukan puja sebelum upacara untuk meminta doa.

Bagi masyarakat Hindu, mereka menggelar puja. Sementara agama lain akan menggelar doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Masyarakat Hindu pun masih terbagi lagi, mereka akan melakukan puja sesuai dengan Dewa yang mereka percayai. Namun sebagian besar melakukan puja Ganesh yang ditujukan kepada Dewa Ganesha.

Acara doa bersama ini biasanya digelar 2 hari sebelum acara pernikahan. Untuk acara ini, kedua mempelai menggelarnya di rumah masing-masing dan biasanya hanya dihadiri keluarga dekat saja.

2 dari 5 halaman

2. Mehendi

Mehendi Mehendi Deepika Padukone ©AFP
Sehari menjelang pernikahan, kedua mempelai menggelar upacara mehendi. Tentu sudah familiar dengan acara yang satu ini kan? Beberapa pengantin Indonesia belakangan juga suka memakai mehendi atau dikenal juga dengan nama henna night alias malam pacar.

Acara ini bertujuan untuk menghias kedua tangan dan kaki calon mempelai. Tidak hanya mempelai perempuan, mempelai pria pun juga ikut menghias tangannya dengan pacar.

Pada acara ini, keluarga berkumpul bersama dan bergembira. Beberapa tamu pun mulai diundang untuk ikut merayakan prosesi mehendi jelang pernikahan.

3 dari 5 halaman

3. Sangeet

Sangeet Beyonce di sangeet keluarga Ambani © instagram.com/beyonce
Setelah upacara mehendi selesai, sore atau malam harinya keluarga akan menggelar acara sangeet. Sebenarnya ini adalah tata cara pernikahan dalam adat Hindu, Punjabi dan Gujarat yang mana artinya adalah awal dari sebuah perayaan pesta. Namun belakangan hampir semua pengantin di India menggelar acara sangeet.

Acara ini sendiri adalah sebuah pesta untuk sama-sama berbahagia menjelang hari besar sepasang mempelai. Ada yang menggelarnya sehari menjelang upacara pernikahan, ada pula yang merayakan sangeet 10 hari sebelum menikah.

Dulunya, hanya pihak mempelai perempuan yang berpesta di acara ini. Namun belakangan pihak laki-laki pun ikut datang dan memeriahkan pesta bersama seluruh keluarga dan undangan.

Pestanya pun beragam, mulai dari pesta sederhana di rumah mempelai perempuan. Ada juga yang menggelar sangeet di resort ternama, dan mengundang bintang tamu sekelas Beyonce seperti yang dilakukan Isha Ambani, anak konglomerat India kala menikah beberapa bulan lalu.

 

4 dari 5 halaman

4. Upacara Pernikahan

Upacara Pernikahan Upacara pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal © AFP
Acara inti dari pernikahan di India adalah upacara pemberkatan nikah. Acara ini dilakukan sesuai dengan adat dan agama masing-masing mempelai. Dan meskipun sama-sama Hindu, tata cara pemberkatan nikahnya bisa berbeda.

Untuk acara ini, biasanya hanya keluarga dan sahabat yang paling dekat yang menjadi saksi. Namun jangan bayangkan jumlahnya sedikit ya, keluarga dalam pandangan masyarakat India adalah seluruh anggota yang masih berhubungan darah.

Keluarga mempelai perempuan dan laki-laki saja jumlahnya bisa mencapai ratusan orang. Belum lagi kerabat jauh dan sahabat kedua mempelai yang biasanya menjadi undangan di acara sakral ini.

 

5 dari 5 halaman

5. Resepsi

Resepsi Resepsi Deepika Padukone © instagram.com/filmyshilmy
Seperti adat Indonesia, pernikahan India pun menggelar acara resepsi. Yang membedakan adalah, dalam acara resepsi pengantin India, mereka tidak duduk manis di pelaminan seperti pengantin di sini.

Alih-alih duduk manis, pengantin India akan berbaur dengan seluruh tamu undangan. Mereka menari dan bernyanyi bersama, sambil menikmati hidangan yang tersedia di venue acara.

Bagi orang yang berpunya, resepsi biasanya digelar di hotel atau gedung. Namun ada juga yang menggelarnya di rumah, sesaat setelah upacara pernikahan digelar.

Nah, mirip dengan pernikahan Indonesia bukan? Detailnya akan berbeda sesuai dengan agama dan adat yang dipilih. Kamu tertarik untuk menikah dengan adat India?

(kpl/phi)


↑